12 Manfaat Tempe Bagi Kesehatan, Makanan Murah dengan Khasiat Mahal


12 Manfaat Tempe Bagi Kesehatan, Makanan Murah dengan Khasiat MahalBaturaja Radio.com - Tempe sebagai makanan yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Namun sayangnya masih banyak orang yang menganggapnya sebagai makanan untuk warga ekonomi rendah.
Tempe yang dibuat dari fermentasi biji kedelai yang bertemu dengan jenis Rhizopus, atau yang secara umum dikenal sebagai ragi tempe. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa tempe kaya akan serat pangan, vitamin B, dan zat besi.
Tempe juga memiliki peran sebagai antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan yang mencegah penyakit degeneratif. Begitu banyak penelitian mengenai khasiat tempe, hingga beberapa negara ikut mengolah membuat tempe sendiri, seperti Jepang, Jerman, dan Amerika Serikat.
Berikut merdeka.com telah rangkum mengenai manfaat tempe bagi kesehatan dari berbagai sumber,

1. Kalsium yang Setara Susu Sapi

Mengutip dari hellosehat.com, bahwa penelitian dari Kuala Lumpur, Malaysia mengungkapkan hasil penelitiannya terhadap tempe. Hasilnya menyatakan bahwa kalsium yang ada dalam empat potong tempe sebanding dengan susu sapi.
005 destriyana
2015 Merdeka.com/shutterstock/Monika Wisniewska
2. Mencegah Osteoporosis
Tempe mengandung banyak kalsium dan vitamin K yang baik bagi pembentukan tulang. Kedelai sendiri sudah memiliki kedua nutrisi tersebut, namun dengan adanya proses fermentasi pada tempe, meningkatkan jumlah vitamin K dan mineral lainnya.
Konsumsi tempe tiap hari sebagai tambahan lauk dan sayur sangat baik untuk penderita osteoporosis, serta sebagai pencegahan.

3. Menurunkan Kolesterol

kolesterol rev1
Manfaat tempe bagi kesehatan selanjutnya baik untuk menurunkan kolesterol. Kolesterol tinggi dalam darah berisiko menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Tempe yang terbuat dari kedelai alami memiliki senyawa isoflavon yang berfungsi sebagai penurun kolesterol jahat atau LDL. Kemudian ada pula senyawa niasin yang membantu mengontrolnya.

Dikutip dari Brillio.net, mengenai hasil studi oleh University of Kansas Medical Center menemukan bahwa suplementasi niasin sangat efektif menurunkan kolesterol secara alami, terutama bagi yang berisiko serangan jantung atau stroke, yang disebabkan oleh kolesterol LDL.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tempe yang dikenal secara umum sebagai kedelai fermentasi ini membentuk asam fitat serta berbagai macam bakteri baik, seperti probiotik.

Probiotik dalam tubuh akan membantu meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang dan usus, serta membantu melancarkan pencernaan dengan tanpa sakit.

5. Protein Lebih Tinggi dari Daging

Manfaat tempe bagi kesehatan berikutnya dapat Anda peroleh dari proteinnya, terdapat 19 gram protein dalam setiap 100 gram tempe. Dikutip dari Jurnal Kesehatan Masyarakat UI, menunjukkan bahwa protein tempe lebih mudah di cerna tubuh, sedangkan asam amino arginin yang meningkat hampir dua kali lipat pada tempe.

6. Baik untuk Diet

untuk diet rev1
Bagi Anda yang sedang melakukan program diet atau penurunan berat badan demi menjaga kesehatan, bisa menambahkan tempe dalan menu pola hidup sehat. Adanya probiotik yang baik untuk sistem pencernaan, serta berbagai nutrisi yang mencukupi supaya badan tidak lemas selama diet.

Selain itu, kandungan nutrisi dari tempe sangat baik dikonsumsi oleh para vegan dan makanan pendamping ASI.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat tempe bagi kesehatan selanjutnya ialah menjaga kesehatan jantung. Melalui proses penurunkan kolesterol tadi, ternyata tempe juga mengandung antioksidan dan antiinflamasi. Kedua senyawa tersebut mampu melindungi pembuluh darah dari kerusakan inflamasi dan oksidatif. Pembuluh darah yang sehat akan membuat jantung sehat.

8. Mencegah Kanker

Kanker yang disebabkan oleh adanya sel-sel abnormal yang bermutasi dan menghasilkan sel baru dengan gen tidak sempurna. Proses tersebut bisa merusak jaringan sel sehat dan organ tubuh tertentu.
008 siti rutmawati


Manfaat tempe bagi kesehatan yakni membantu mencegah kanker serta menurunkan risiko kematian akibat kanker. Berbagai studi membuktikan bahwa senyawa polifenol dan isoflavone pada tempe mampu menghambat produksi sel kanker.

9. Mengurangi Gula Darah

gula darah
Karena kandungan protein dari tempe yang sangat tinggi, manfaatnya bagi kesehatan terutama dalam memperbaiki profil lipid dan diabetes mellitus, Jurnal Kesehatan Masyarakat UI.

Manfaat tempe bagi kesehatan berikutnya ialah cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes, terutama diabetes tipe 2. Kandungan protein dan seratnya mampu menjaga keseimbangan kadar gula darah dan mencegahnya naik tinggi.

10. Mencegah Asma

asma
Kesehatan paru-paru juga dipengaruhi oleh serat dan asam lemak di aliran darah. Tempe yang mengandung serat alami, ternyata memiliki peran penting dalam mengurangi tingkat peradangan terkait respon pernapasan.

Sebuah studi membuktikan bahwa serat fermentasi dari tempe memperkuat sel-sel kekebalan di paru-paru untuk memiliki reaksi alergi yang lebih lemah.

11. Mengurangi Risiko Parkinson

Manfaat tempe bagi kesehatan dapat Anda peroleh dari kandungan niasin di dalamnya. Niasin ialah senyawa sejenis vitamin yang berperan dalam gangguan neurologis dan kesehatan otak.

Gangguan neurologis atau sistem saraf pusat yang tidak normal merupakan tanda penyakit Parkinson. Rusaknya saraf membuat tingkat dopamine menurun, niacin dari tempe yang akan membantu memperbaiki sel-sel tersebut.
010 tantri setyorini



12. Baik untuk Kinerja Otak

Manfaat tempe bagi kesehatan selanjutnya akan diperoleh dari kandungan mineral mangan dan tembaga yang mencukupi kebutuhan tubuh harian Anda. Kedua mineral tersebut akan meningkatkan kekuatan jaringan dan membantu penyembuhan luka.(
Merdeka.Com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.