Budidaya Ketan Hitam, Si Hitam Lengket Bernilai Ekspor





Baturaja Radio.Com  - Baru-baru ini kita mendengar beberapa kabar baik mengenai angka ekspor beras ketan hitam Bandung yang nilainya cukup membanggakan. Ternyata beras ketan hitam dari Bumi Parahyangan tersebut sudah terkenal sebagai produk terbaik di dunia. Kenapa?

Pasalnya, ketan hitam hari Kabulaten Bandung ini terkenal lebih wangi dan enak. Kualitas ini disebut masih belum bisa terkalahkan oleh beras ketan dari negara lain.

Melangsir beberapa sumber berita, pada bulan September ini tercatat ekspor ketan hitam ke Singapura sebesar 22,5 ton. Selain Singapura, sejak 2010 kita juga sudah biasa ekspor ke Hongkong.

Ya, ketan hitam nyatanya tidak hanya digemari di dalam negeri, tetapi juga bernilai di luar negeri. Ha ini harus memacu kita untuk dapat menghasilkan lebih banyak beras ketan dan tetap menjaga kualitasnya agar tetap baik. Apalagi kalau kita bisa mengubahnya menjadi produk olahan dengan nilai yang lebih tinggi lagi.

Sebenarnya secara garis besar cara budidaya beras ketan hampir mirip dengan budidaya padi. Kamu tertarik untuk menggeluti budidaya beras hitam? Berikut beberapa hal yang kamu butuhkan:

Lahan Tanam

Padi ketan hitam tumbuh baik di lahan dataran tinggi. Selain itu, tumbuhan ini juga membutuhkan lingkungan lahan yang subur dan mempunyai kandungan air yang cukup banyak, karena tanaman ini mudah mati kalau kekurangan air atau curah hujan.

Pembibitan

Pembibitan pada tanaman ini kerap dilakukan dengan teknik semai, yakni menebar bibit pada lahan yang tersedia. Kemudian setelah berumur kurang lebih satu bulan, bibit dipindahkan ke media penanaman seperti sawah atau ladang.

Penanaman

Teknik penanamannya pun mirip dengan tanaman padi, yakni dengan cara menancapkan bibit yang telah tumbuh ke dalam lahan dengan garis sejajar rata.

Pemupukan

Agar tanaman selalu sehat dan menghasilkan kualitas yang baik, kamu harus secara berkala melakukan pemupukan dengan pupuk urea sesuai takaran, yakni 250 kg Urea/ ha.

Penyemprotan

Varietas ketan ini sangat rentan untuk terserang hama wereng dan lainnya. Untuk menyembuhkan penyakit dan juga meningkatkan hasil produksi, kamu perlu melakukan penyemprotan pestisida  atau bisa dengan agen hayati jamur Bauvaria Bassiana.

Panen

Panen bisa dilakukan ketika gabah mulai pada terisi dan batang mulai menunduk. Kamu juga bisa melihat tanaman yang siap panen adalah yang warnanya telah berubah menjadi kuning tua.

Jika kamu sudah memiliki produk unggulan untuk dieskpor, kamu bisa bergabung ke Aspenku.com dan pasarkan produkmu di marketplace tersebut. Aspenku.com merupakan marketplace khusus mengekspor produk-produk berkualitas Indonesia.

Selain bisa memasarkan produkmu di marketplace ini, Aspenku juga membuka pelatihan eskpor untuk kamu yang baru ingin memulai bisnis ekspor. Untuk info lebih lanjut follow akun instagram Aspenkudotcom.(aspenku.wordpress.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.