Manfaat Buah Kolang-kaling untuk Kesehatan, Bisa Menguatkan Tulang

placeholder Baturaja Radio .com - Ading Kakang kance mungkin sudah kenal dengan buah satu ini, dia adalah kolang-kaling.

Ini adalah buah yang sering di jadikan sebagai bahan campuran olahan minuman dan beberapa olahan makanan manis seperti kolak, es buah, sampai dibuat manisan.

Buah yang berasal dari pohon aren ini memiki fisik berwaran putih, bernentuk lonjong dan berukuran sebesar ibu jari.

Kolang-kaling juga mudah ditemukan khususnya di pasar tradisional apalagi saat bulan Ramadan tiba, kolang-kaling paling laris karena juga harganya cukup terjangkau.

Selain enak di konsumsi sebagai olahan minuman dan makanan, kolang-kaling nyatanya menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita lho.

Bahkan manfaat buah kolang-kaling dikatakan sudah diketahui banyak orang. Nah, untuk Moms yang belum tahu, berikut informasinya.

1. Baik Untuk Pencernaan

Kalau Si Kecil sedang sulit buang air besar, jangan langsung berikan obat Moms. Cobalah berikan 5-10 buah kolang-kaling yang diberi sedikit larutan air gula.

Agar lebih menggoda selera boleh tambahkan sedikit pewarna makanan. Manfaat buah kolang-kaling mengandung serat yang cukup tinggi, jadi sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

2. Memperkuat Tulang

Sebagian besar dari kita sangat rajin mengkonsumsi susu karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi bagi tubuh, sehingga susu sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh terutama bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Namun susu memiliki bentuk kalori yang berisiko tinggi, sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan juga sangat baik karena dapat membuat tubuh menjadi kegemukan.

Nah, kalau sebagai pengganti susu, Moms bisa mengkonsumsi kolang-kaling untuk khasiat yang baik pula untuk tulang.

Karena dalam 100 gram kolang-kaling mengandung 91mg kalsium, sedangkan susu sapi dalam setiap 100 gram susu murni mengandung 125 mg kalsium..

Oleh karena itu manfaat buah kolang-kaling juga bisa dijadikan alternatif yang cukup baik sebagai sumber kalsium selain susu ya Moms. Namun keduanya sama-sama bagus khasiat yang diberikan untuk memperkuat tulang.

3. Makanan Diet

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, bahwa dalam 100 gram buah-buahan dan kolang-kaling mengandung protein sebanyak 0,69 gram, karbohidrat total 4,0 gram, kadar abu 1 gram dan serat kasar 0,95 gram. Sedangkan untuk kandungan air pada buah-buahan kolang-kaling yang mencapai 94% dengan kadar air yang tinggi membuat buah kolang-kaling menjadi sangat segar di dalam tubuh saat kita konsumsi.

Kemudian di dalam kolang kaling ini juga terkandung agar-agar yang mempunyai efek bagi yang mengkonsumsinya akan timbul rasa kenyang, sehingga bila anda sedang dalam nafsu makan yang berlebihan, maka jangan khawatir karena buah-buahan kesana kemari akan menghilangkan nafsu makan yang berlebihan tersebut.


4. Mengobati Sakit Rematik

Dua penelitian di Indonesia menemukan adanya kaitan yang signifikan antara tingkat nyeri penderita rematik (terutama jenis osteoartritis) dengan konsumsi kolang-kaling.

Ada perbedaan skala nyeri yang dirasakan sebelum mengonsumsi kolang-kaling dan sesudahnya.Riset di daerah Kumun, Jambi, nampaknya menguatkan hasil dua penelitian sebelumnya.

Pemberian kolang-kaling pada lansia penderita osteoartritis berdampak pada penurunan skala nyeri rematik yang dirasakan oleh penderita.

Rata-rata skala nyeri yang dialami penderita osteoartritis sebelum mengonsumsi kolang-kaling adalah 5,62. Setelah mengonsumsi buah ini, rata-rata skala nyeri rematik turun menjadi 3,31.

Diduga, kandungan senyawa galaktomanan dalam kolang-kaling mampu memberikan efek analgesik (antinyeri), antiperadangan, dan mengurangi kaku (spasme) pada sendi, sehingga keluhan nyeri pada penderita osteoartritis pun dapat berkurang.

Selain itu, kandungan kalsium yang tinggi dalam kolang-kaling juga sangat baik bagi kesehatan tulang dan sendi. Ini menjadi manfaat buah kolang-kaling selanjutnya.

5. Sebagai Produk Perawatan Alami

Kalau Moms rajin merawat kulit wajah dari luar dengan krim malam atau memakai tabir surya setiap hari, jangan lupa memberi nutrisi kulit Moms dari dalam dengan makanan yang baik untuk kulit.

Manfaat buah kolang-kaling mengandung vitamin B dan berkhasiat tak hanya untuk menambah kecantikan kulit, tapi juga memancarkan cahaya alami kulit dari dalam.

6. Sumber Banyak Vitamin

Manfaat buah kolang-kaling lainnya adalah memberikan banyak asupan vitamin untuk tubuh.

Kolang-kaling mengandung vitamin A, B, dan C. Vitamin A berguna untuk memperkuat penglihatan, vitamin B berguna untuk peremajaan kulit dan sel-sel dalam tubuh serta vitamin C dapat bekerja untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Membantu Nengobati Radang Sendi

Moms yang memiliki masalah dengan persendian pun bisa makan buah kolang-kaling. Pasalnya buah satu ini mengandung senyawa galaktomanan yang sering digunakan sebagai obat radang sendi.

8. Sebagai Sumber Serat

Manfaat buah kolang-kaling lunak merupakan salah satu sumber serat yang baik. Pasalnya jenis kolang-kaling ini mengandung serat sebanyak 14,03 persen. Seperti yang kita ketahui, asupan serat yang tinggi akan membantu dalam memperlancar pencernaan.

Dengan ini, manfaat kolang-kaling berpotensi mengurangi risiko kanker usus, membantu dalam menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah kegemukan. Selain kadar serat tinggi, kolang-kaling muda juga mengandung pati sebanyak 74,58 persen.

Hal ini membuat kolang-kaling muda cocok dijadikan alternatif untuk makanan diet karena pati akan memberikan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan.


9. Merupakan Sumber Vitamin C

Semakin tinggi tingkat kematangan buah yang mengandung vitamin C, biasanya akan semakin tinggi pula kandungan vitamin C di dalam buah tersebut. Ini juga berlaku untuk buah kolang-kaling.

Pada 100 gram kolang-kaling yang keras atau yang paling matang, kadar vitamin C yang terkandung mencapai hingga 162 mg. Vitamin C punya peran penting sebagai antioksidan dan membantu dalam meningkatkan kemampuan sel-sel sistem imun tubuh.

Manfaat buah kolang-kaling karena antioksidan yang merupakan senyawa yang mampu mengikat radikal bebas agar tidak melekat pada sel dan jaringan tubuh, yang kemudian menyebabkan kerusakan.

10. Baik sebagai Obat Gatal

Manfaat buah kolang kaling memang sudah tidak diragukan lagi untuk kesehatan, namun getah pada kolang kaling juga dikatakan memiliki khasiat obat untuk gatal-gatal di tubuh.

Namun untuk mengoleskannya langsung pada kulit kita, diperlukan tutorial dari orang-orang yang memiliki pengalaman dalam mengobati gatal-gatal dan buah kolang sebagai obatnya.

11. Sumber Kalsium yang Baik

Manfaat buah kolang-kaling bisa dijadikan alternatif sumber kalsium bagi orang yang menderita intoleransi laktosa. Kondisi ini membuat tubuh penderita tidak bisa melerai laktosa, yakni yaitu bentuk gula yang terdapat dalam susu dan produk olahannya.

Kandungan kalsium dalam kolang-kaling tidak jauh berbeda dengan kandungan kalium dalam produk susu sapi. Sehingga bagus untuk Moms yang ingin Si Kecil memiliki pertumbuhan tulang yang baik, namun juga menjaga berat badannya.

Ini karena kolang-kaling merupakan buah yang rendah lemak.

12. Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat buah kolang-kaling memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes atau obesitas.

Seperti kita ketahui bahwa makanan dengan indeks glikemik yang tinggi akan membuat lonjakan kadar gula darah apabila kita mengonsumsinya. Jadi jika makan buah kolang-kaling, maka kadar gula darh Moms akan terjaga dengan baik.


13. Sumber Energi bagi Tubuh

Seperti disebutkan di atas kalau dalam 100 gr sajian kolang-kaling mentah terdapat 21 gr karbohidrat. Dengan demikian, kolang-kaling dapat diberdayakan sebagai sumber energi dadakan.

Tak heran, karena manfaat buah kolang-kaling ini, kerap dipakai sebagai bahan makanan atau minuman berbuka puasa. Dengan begitu, energi cepat pulih setelah puasa seharian.

14. Menenangkan Kulit Iritasi

Manfaat buah kolang-kaling lain yang mungkin belum Moms ketahui adalah mampu menenangkan kulit yang sedang iritasi.

Saat cuaca sedang panas terik, dan kulit membutuhkan krim untuk mendinginkannya, maka Moms bisa memilih kolang-kaling sebagai alternatif selain lidah buaya yang umum digunakan.

Moms cukup mengoleskan sebutir kolang-kaling ke kulit yang kemerahan atau gatal karena panas, dan tak perlu khawatir karena kolang-kaling aman bagi kulit sensitif.

Selain itu, minuman yang terbuat dari kolang-kaling juga aman untuk merawat radang kulit, baik bagi bayi baru lahir, anak-anak, maupun orang dewasa.

Jadi, sudah tahu, kan, Moms ternyata ada banyak manfaat buah kolang-kaling untuk kesehatan. Menyajikan kolang-kaling untuk cemilan atau sebagai dessert sepertinya harus sering-sering, ya, Moms. Setuju?(orami.co.id)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.