Jenis Sayuran yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok Buat Sahur!

8 Jenis Sayuran yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok Buat Sahur! 

Baturaja Radio.ComDi bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan berpuasa. Kalau sudah biasa, menahan lapar dan haus selama 14 jam lebih memang bukan hal yang sukar. Namun, perut pasti tetap keroncongan di tengah hari.

Nah, agar kamu merasa kenyang lebih lama, asupan makanan saat sahur harus dijaga. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayur-sayuran. Serat lebih lambat dicerna, sehingga kamu gak gampang lapar.

Berikut sayuran yang dapat mempertahankan rasa kenyang, khususnya buat kamu yang mau berpuasa.

1. Tomat

8 Jenis Sayuran yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok Buat Sahur!Pixabay/ Devanath

Kandungan likopen pada tomat membantu agar terhindar dari konstipasi selama puasa. Dengan menyantap tomat saat sahur, tubuh akan tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari.

2. Daun selada

8 Jenis Sayuran yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok Buat Sahur!Pixabay/ Robert-Owen-Wahl

Sayuran ini memiliki kandungan serat tinggi sehingga dengan mengonsumsinya dapat membuat kenyang lebih lama. Daunnya yang mengandung air juga dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuhmu.

3. Ketimun

8 Jenis Sayuran yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok Buat Sahur!Pixabay/ Krzys 16

Ketimun merupakan sayuran yang kaya kandungan air. Sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik selama berpuasa.

Baca Juga: Berbahaya, 7 Minuman Segar Ini Ternyata Dilarang Saat Buka Puasa 

4. Wortel

8 Jenis Sayuran yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok Buat Sahur!Pixabay/ Couleur

Wortel salah satu sayuran yang banyak mengandung air juga. Sayuran berwarna oranye ini sumber beta karotein tidak hanya baik untuk kesehatan mata tetapi juga mengurangi risiko kanker.

5. Kentang

8 Jenis Sayuran yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok Buat Sahur!Pixabay/ Couleur

Jika bosan mengonsumsi nasi, coba ganti dengan kentang. Kentang akan memberi rasa kenyang tiga kali lipat dari pada roti. Kentang dapat diolah dengan cara memanggang dan merebus tanpa mengupas kulitnya agar nutrisi yang terdapat dalam kulit tidak terbuang.

6. Brokoli

8 Jenis Sayuran yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok Buat Sahur!Pixabay/Robert-Owen-Wahl

Kandungan serat dan antioksidan dalam brokoli sangat baik untuk kesehatan. Maka pada saat sahur sebaiknya mengonsumsi sayur brokoli, maka rasa kenyang akan lebih lama.

7. Buncis

8 Jenis Sayuran yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok Buat Sahur!Pixabay/ Couleur

Serat tidak larut pada buncis membuat perut tetap kenyang, selain itu buncis juga dapat membantu menurunkan kolesterol.

8. Bayam

8 Jenis Sayuran yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok Buat Sahur!Pixabay/ KKolosov

Bayam salah satu sayuran yang memiliki kandungan gizi baik. Sehingga bayam sangat cocok dijadikan salah satu sayuran untuk menu sahur. Bayam mengandung air dan serat akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain ini cara memasak sayur bayam amat mudah. Jadi, jangan lupa selipkan salah satu menu sayuran yang wajib pada saat sahur, ya.

Itulah jenis-jenis sayuran yang bisa membantumu merasa kenyang lebih lama saat puasa. Kira-kira, enaknya diolah jadi masakan apa, ya? (jogja.idntimes.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.