Banner

Banner
Pemkab OKU

Gempa M 6,9 Guncang California Selatan, Terasa Hingga Las Vegas


Gempa M 6,9 Guncang California Selatan, Terasa Hingga Las Vegasbaturajaradio.com - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,9 mengguncang California Selatan, Amerika Serikat (AS). Ini merupakan gempa kedua dengan kekuatan besar yang mengguncang wilayah tersebut dalam dua hari terakhir.

Seperti dilansir CNN, Sabtu (6/7/2019), Survei Geologi AS atau USGS awalnya mencatat gempa ini berkekuatan M 7,1 yang mengguncang pada Jumat (5/7) malam, sekitar pukul 20.19 waktu setempat. Gempa disebut berpusat di titik berjarak 16 kilometer sebelah timur laut Ridgecrest atau sekitar 202 kilometer sebelah utara Los Angeles. 

Belakangan, kekuatan gempa ini direvisi menjadi M 6,9.



Diketahui, pada Kamis (4/7) waktu setempat, wilayah Ridgecrest diguncang gempa berkekuatan M 6,4 yang tercatat sebagai gempa terbesar selama nyaris 20 tahun terakhir di California Selatan. Para ilmuwan menyebut gempa pada Kamis (4/7) lalu diikuti oleh lebih dari 1.400 gempa susulan.

USGS dalam pernyataannya seperti dilansir AFP menyebut gempa yang mengguncang pada Jumat (5/7) malam ini sebagai 'rentetan gempa' dan mengikuti gempa M 6,4 yang mengguncang area yang sama dua hari sebelumnya.

Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles County dalam pernyataan via Twitter menyebut getaran gempa terasa kuat, namun belum ada laporan kerusakan. Otoritas setempat juga menyebut belum ada laporan korban luka akibat gempa ini.



Getaran gempa M 6,9 juga dilaporkan dirasakan hingga Las Vegas yang ada di negara bagian Nevada. Laporan media lokal, ABC7, menyebut getaran gempa juga dirasakan hingga San Francisco yang ada di California Utara. 

Donald Castle yang tinggal di Porterville, sebelah barat Ridgecrest, menyebut rumahnya berguncang selama 20-25 detik saat gempa terjadi. "Getarannya lebih besar dari yang kami rasakan pada 4 Juli. Getarannya juga lebih lama," tuturnya. 


(https://news.detik.com/internasional/d-4613451/gempa-m-69-guncang-california)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.