Banner

Banner
Kapolres OKU

Cara Membuat Sayur Sop Ayam yang Mudah dan Sederhana, Enak dan Bikin Nagih

cara membuat sayur sopBaturajaradio.com ."Berbicara mengenai masakan olahan ayam memang tidak ada habisnya. Selain semua bagian tubuhnya bisa dimanfaatkan untuk kehidupan sehari hari, daging ayamnya juga bisa dengan mudah dikreasikan menjadi masakan yang enak, lezat dan nikmat.
Salah satu olahan ayam yang cukup populer dan disukai oleh semua orang adalah sayur sop ayam. Ya, dengan bumbu sop ayam yang cukup sederhana yang diambil dari bumbu sehari-hari terciptalah satu resep masakan Indonesia yang murah meriah tapi cukup mempunyai kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Cara membuat sayur sop ayam ini juga mudah diikuti meski tidak hobi masak sekalipun, selain itu bumbu sopnya mudah didapat di penjual sayur keliling. Kandungan gizi dan vitamin dalam sayur sop ini juga cukup banyak sehingga berguna sekali buat kesehatan tubuh sehari hari.

Cara membuat sayur sop ayam ini selain rasanya enak dan lezat ternyata juga bisa digunakan sebagai obat lho, terutama saat kita diserang flu. Apalagi saat hidung kita lagi mampet, uap sop ayam yang masih dalam keadaan panas dan mengandung banyak kaldu ayam itu apabila kita hirup bisa melancarkan hidung yang lagi mampet. Bahkan ada sebuah penelitian di Amerika Serikat sana yang mengungkapkan bahwa kandungan rempah-rempah dan asam amino yang ada berguna sekali untuk orang orang yang menderita penyakit yang berhubungan dengan saluran pernafasan dan bronkitis. Kandungan gizi, vitamin dan lemak lainnya juga cukup banyak sehingga cocok sekali untuk mengembalikan kesegaran tubuh saat kita lagi drop atau kondisi tubuh kita lagi lemah.
Sayur sop ayam enak dengan sayuran ini juga mengandung banyak kaldu sehingga rasanya enak, gurih dan segar. Apalagi kalau disantap saat masih panas, dari aroma yang keluar dari uap sayur sop ayam nya pun sudah tercium bagaimana kelezatan dari sup ayam ini. Selain dengan nasi hangat dan sedikit sambal, salah satu variasi olahan ayam ini juga enak dinikmati sayurnya saja. Apalagi anak-anak yang biasanya susah makan sayuran, kaldu dan kuahnya dari masakan ini sudah banyak mengandung vitamin dan gizi dari bahan sayuran yang direbus bersama sama dengan bahan lain sehingga kebutuhan gizi anak anak sedikit terpenuhi.
Sebagai permulaan, kamu bisa belajar cara membuat sayur sop bening sederhana yang biasa disajikan di rumah. Bumbunya sangat simpel dan kita bisa memasukkan berbagai bahan yang disukai keluarga, misalnya bakso, sosis, ceker, dan soun. Cara membuat sayur sop bening ini pun bisa dijadikan sebagai lauk pauk di saat sedang sibuk.
Sayur yang digunakan pun tak harus wortel, kol, dan kentang saja. Bisa juga dimasukkan brokoli, kembang kol, kacang polong, jagung muda, atau buncis.
Bahan cara membuat sayur sop:
3 buah wortel
1/2 kubis/kol ukuran sedang
1 kuntum kembang kol
1 kuntum brokoli
8 buah buncis
1 batang bawang perai
1 batang seledri
minyak goreng secukupnya (untuk menumis)
air untuk merebus secukupnya
Bumbu halus cara membuat sayur sop:
5 siung bawang putih
4 siung bawang merah
merica secukupnya
garam dapur secukupnya

Cara membuat sayur sop bening:
1. Cuci semua sayuran yang akan dipakai. Kupas wortel, kemudian iris tipis. Sobek-sobek kol, iris kembang kol dan brokoli menjadi kuntum kecil, kemudian potong buncis yang sudah dibersihkan dari seratnya sepanjang satu ruas jari telunjuk. Iris-iris bawang perai dan rajang halus seledri. Setelah itu sisihkan semuanya.
2. Panaskan sedikit minyak, kemudian tumis bawang putih, bawang merah, garam, dan merica yang sudah dihaluskan bersama sampai harum.
3. Panaskan sepanci air, masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi. Masukkan sayuran dari yang paling lama matangnya. Pertama wortel, kemudian buncis, kembang kol dan brokoli, lalu terakhir kubis. Gunakan api besar untuk memasaknya.
4. Koreksi rasa begitu sayuran sudah matang. Jika masih kurang pas, tambahkan garam.
5. Masukkan juga bawang perai dan seledri sesaat sebelum sop diangkat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.