25 Manfaat Pare untuk Kesehatan (No. 12 Cegah Penyakit Berbahaya)

manfaat-pare-doktersehatBaturajaradio.com_Tidak banyak orang yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pahit seperti pare. Padahal, pare kerap diolah menjadi lauk sayur atau bahkan campuran dari jajanan seperti siomay. Meskipun rasanya pahit, manfaat pare ternyata luar biasa bagi tubuh kita, lho! Apa saja manfaatnya? Selengkapnya simak penjelasan di bawah ini.
Manfaat Pare untuk Kesehatan

1. Menyehatkan pencernaan
2. Sembelit
3. Menurunkan sensitivitas tubuh
4. Menjaga berat badan
5. Mengatasi diabetes
6. Bantu mengobati HIV/AIDS
7. Menyehatkan mata
8. Mengetasi jerawat
9. Sistem kekebalan tubuh
10. Penyakit jantung
11. Membersihkan darah
12. Mencegah kanker
13. Anti-penuaan
14. Membantu mengatasi asma
15. Infeksi kulit
16. Mencegah masalah kulit
17. Menyembuhkan luka dengan cepat
18. Mengatasi ketombe
19. Mengatasi rambut rontok
20. Mengatasi rambut berminyak
21. Mengatasi rambut kasar dan kusut
22. Mengatasi kulit kepala kering dan gatal
23. Menghilangkan rambut bercabang
Lakukanlah cara ini setidaknya dua kali dalam seminggu untuk menghilangkan ujung rambut bercabang.
24. Mengatasi rambut beruban
25. Mengilaukan rambut

Berikut ini adalah segudang manfaat pare bagi kesehatan dan dapat mengembalikan fungsi organ-organ tubuh yang mengalami gangguan:
Pakar kesehatan menyebut bahwa pare sebagai salah satu makanan yang bisa memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan pencernaan kita. Tak hanya meningkatkan fungsinya dengan efektif, manfaat pare juga bisa mencegah datangnya masalah kenaikan asam lambung.
Rasa pahit dari sayuran ini juga mampu menstrimulasi sekresi lendir yang akhirnya bisa membuat keseimbangan asam di dalam tubuh menjadi lebih baik sehingga mencegah datangnya tukak lambung.
Manfaat pare membantu buang air besar (BAB) dengan mudah karena mengandung sifat serat. Makanan yang dicerna dan limbah dibuang dari tubuh dan membantu menyembuhkan masalah pencernaan dan sembelit.
Manfaat pare untuk kesehatan bisa anda dapatkan jika rutin mengonsumsi sayuran pahit seperti sayur pare, maka kita bisa menurunkan sensitivitas tubuh terhadap beberapa jenis makanan. Kesehatan lambung juga akan menjadi lebih baik.
Khasiat pare juga mampu membuat kita kenyang dengan lebih cepat sehingga kita pun akan terhindar dari konsumsi makanan terlalu banyak yang bisa memicu kenaikan berat badan.
Yang tidak disangka adalah, ternyata manfaat sayur pare juga bisa membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah dan beberapa jenis hormon, termasuk hormon endokrin. Hal ini tentu berpengaruh besar pada menurunnya risiko terkena diabetes. Bahkan, pakar kesehatan juga menyebut pare bisa membantu proses penyembuhan batu ginjal.
Berdasarkan tes laboratorium yang diterbitkan dalam Journal of Naturopathic Medicine, menunjukkan bahwa komposisi fitokimia dalam pare menghambat aktivitas human immunodeficiency virus (HIV). Pare memberikan efek tambahan dalam kombinasi dengan pengobatan AIDS.
Demikian juga, studi awal menunjukkan bahwa pare, dengan sifat antivirusnya dapat mengobati pasien dengan herpes simpleks virus-1 (HSV-1), dan mencegah penyebaran plak herpetik kepada orang lain.
Pare mengandung beta karoten dan vitamin A yang bermanfaat menyehatkan mata. Vitamin C dalam pare juga dapat mencegah masalah pada mata yang disebabkan proses oksidasi.
Manfaat pare ternyata dapat membantu menghilangkan jerawat, noda dan infeksi kulit yang dalam bila di konsumsi secara rutin. Pare juga berguna untuk mengobati kelainan darah seperti bisul, kudis, gatal, psoriasis, kurap dan penyakit jamur lainnya. Radikal bebas yang terkandung di dalam pare juga bermanfaat untuk anti penuaan. Jadi, konsumsilah jus pare pahit ini yang dicampur dengan lemon saat perut kosong setiap hari selama 6 bulan atau sampai mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Tak hanya pare, ternyata daun pare pun bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Caranya cukup mudah, Anda hanya merebus daun pare dan meminum air rebusan ini secara rutin setiap hari untuk melawan infeksi. Cara ini juga dapat membantu Anda membangun kekebalan tubuh.
Manfaat pare untuk kesehatan jantung yang sangat bagus, dengan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat yang menyumbat dinding arteri dan mengurangi kemungkinan serangan jantung. Seperti yang sebelumnya dijelaskan, manfaat pare juga dapat menurunkan kadar gula darah yang membantu menjaga kesehatan jantung.
Sifat antimikroba dan antioksidan pare dapat membantu untuk mengobati masalah kulit, gangguan darah, membersihkan racun dalam darah, dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.
Darah yang bersih ini dapat membantu menyembuhkan beberapa masalah pada kulit seperti gatal-gatal yang disebabkan oleh toksaemia, ruam, jerawat, psoriasis, bisul dan bahkan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.
Berdasarkan penelitian, manfaat buah pare untuk kesehatan yakni mengatasi peradangan dan kanker, ekstrak dari pare dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dengan menginduksi apoptosis, mengambil siklus sel, autophagy dan menghambat sel induk kanker.
Penelitian juga menyebutkan bahwa triterpenoid tipe cucurbitane, golongan senyawa utama yang ditemukan dalam pare, mempunyai beragam aktivitas biologis, termasuk aktivitas antikanker.
Manfaat buah pare untuk kesehatan kulit dengan mencegah penuaan, berkat kandungan vitamin C dalam pare yang merupakan antioksidan kuat.
Melawan dan menghilangkan radikal bebas berbahaya ini dapat membantu mencegah keriput dengan memperlambat proses penuaan. Pare juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet matahari.
Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa manfaat buah pare untuk kesehatan dapat membantu mengatasi masalah pernapasan seperti asma, bronkitis, dan demam (rinitis). Kemampuan untuk anti-histamin, suppressant (penekan), anti-inflamasi, ekspektoran, dan antivirus membuatnya menjadi penguat yang ideal untuk kesehatan pernapasan.
Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsilah pare sebelum tidur yang dapat menenangkan dan membantu Anda untuk tidur.
Manfaat pare untuk kesehatan kulit lainnya adalah dapat mengobati infeksi kulit, eksim dan psoriasis. Mengonsumsi pare secara teratur membantu meningkatkan psoriasis serta infeksi jamur lainnya seperti kurap dan kaki atlet.
Manfaat pare dapat mencerahkan kulit dan terbebas dari bekas jerawat atau noda, jika Anda mengonsumsinya secara teratur. Makan pare juga dapat membantu mencegah datangnya jerawat karena sifat dari pare yang memurnikan darah.
Manfaat pare bagi kesehatan dapat membantu memperlancar atau mengendalikan aliran darah dan pembekuan darah, sehingga membuat luka lebih cepat sembuh dan mencegah infeksi lebih lanjut.
Punya masalah kulit kepala yang berketombe? Anda mungkin dapat mencoba ramuan dari jus pare dan jintan. Andca cukup mengaplikasikan ramuan ini pada kulit kepala seperti saat keramas. Lakukanlah cara ini secara rutin selama sebulan agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Manfaat pare bagi kesehatan juga dapat membantu masalah rambut rontok secara alami. Caranya hampir sama seperti menghilangkan ketombe, campurlah jus pare dengan sedikit gula dan mengaduknya hingga menjadi pasta. Kemudian aplikasikanlah pada rambut seperti ketika keramas. Lakukanlah cara ini hingga rambut Anda kuat dan tidak rontok lagi.
Rambut berminyak berlebih biasanya disebabkan banyaknya asupan makanan yang berminyak. Jadi, batasilah makanan berminyak. Untuk mengatasinya, campurkan jus pare dengan cuka sari epel dan mengaplikasikannya pada rambut seperti saat Anda keramas. Setelah beberapa menit bilaslah dengan air hingga bersih.
Rambut yang kasar dan kusut membuat Anda tidak percaya diri, bukan? Tenang! Anda bisa menggunakan jus pare pada rambut dan membiarkannya selama 10 – 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Cara ini bermanfaat menghaluskan dan mnembuat rambut berkilau.
Kulit kepala yang kering biasanya menimbulkan rasa gatal yang menjengkalkan. Kulit kepala kering bisa diatasi dengan jus pare yang diaplikasikan pada kulit rambut dan memijatnya dengan kerakan memutar. Setelah beberapa menit, bilaslah dengan air hingga bersih.
Sementara untuk gatal, Anda bisa mengoleskan campuran jus pare dengan alpukat atau pisang pada kulit kepala. Lakukanlah cara ini satu kali dalam seminggu hingga rasa gatal ilang.
Banyak wanita mengalami masalah pada rambut yang bercabang dan terkadang solusi yang cepat adalah memotongnya. Sekarang tidak perlu, Anda bisa menggunakan pare. Oleskanlah jus pare pada ujung rambut yang bercabang dan sisirlah secara lembut.
Usia masih muda tapi sudah muncul uban? Cobalah mengoleskan pare yang diblender pada rambut yang mulai memutih. Agar hasil maksimal untuk mengurangi pertumbuhan uban, lakukan cara ini satu kali setiap sepuluh hari.
Tak melulu sampo, bahan alami pun bisa digunakan untuk mengilaukan rambut,lho! Caranya cukup mudah, oleskan jus pare yang telah dicampur yoghurt pada rambut dan biarkan beberapa saat. Kemudian cucilah dengan air hingga benar-benar bersih. Melakukan cara ini secara rutin membuat rambut Anda indah dan berkilau.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.