Banner

Banner
Pemkab OKU

Makan Siang Dijamin Lahap dengan Sop Kikil atau Lontong Kikil, Ini Resepnya

https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 18 298 1993007 makan-siang-dijamin-lahap-dengan-sop-kikil-atau-lontong-kikil-ini-resepnya-NK2DTUqm85.jpgbaturajaradio.com - KIKIL atau kulit sapi ternyata juga bisa loh dikreasikan menjadi berbagai hidangan lezat. Keistimewaan hidangan ini terletak pada teksturnya yang empuk, serta sensasi rasa gurihnya ketika diolah dengan campuran bumbu rempah-rempah.

Dari sekian banyak resep kikil, sajian sop kikil lah yang menjadi salah satu menu favorit masyarakat Indonesia. Kombinasi kuah kaldu yang gurih terasa begitu nikmat ketika disajikan bersama nasi putih hangat. Selain sop, Anda juga bisa membuat lontong kikil jika ingin merasakan sensasi kelezatan yang berbeda.

Tertarik mencoba? Berikut Okezone rangkumkan resep lengkap kedua hidangan tersebut untuk menu makan siang di rumah, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Rabu (19/12/2018).
Sop Kikil
Bahan-bahan
500 g kikil sapi
200 g daging sapi
air secukupnya untuk merebus kikil
3 sdm minyak untuk menumis
5 butir cengkih
1 buah pekak
Seruas jahe, memarkan
2 batang wortel, potong bulat
Pelengkap
Daun bawang
Seledri
Bawang merah goreng
Sambal cabai rawit
Garam dan gula
Secukupnya
Bumbu yang dihaluskan
6 siung bawang putih
1 sdt merica
½ butir pala
Cara memasak:
1. Rebus kikil hingga empuk. Angkat, tiriskan. Potong-potong kikil. Buang air rebusannya;
2. Rebus daging sapi hingga empuk. Ambil kaldunya kurang lebih 1,5 liter. Didihkan kembali;
3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama cengkih, pekak, dan jahe hingga harum. Masukkan bumbu tumis, wortel, dan kikil ke dalam kaldu;
4. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Masak sampai wortel cukup empuk. Angkat. Sajikan sop kikil panas-panas dengan pelengkapnya.

(https://lifestyle.okezone.com/read)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.