Banner

Banner
Pemkab OKU

10 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Baturaja Radio.Com -  Jika mendengar kata buah cempedak, mungkin Anda langsung teringat pada buah nangka karena bentuk kedua buah itu yang hampir sama. Buah khas dari Asia Tenggara ini memang sangat mirip dengan buah nangka, namun baunya lebih kuat dan menusuk. Selain itu, buah cempedak ternyata memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan dan kecantikan. Apa saja sih manfaatnya?

1. Melancarkan Pencernaan

Jika Anda mengalami masalah pencernaan, buah cempedak dapat menjadi salah satu solusinya. Buah cempedak mengandung banyak serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi buah cempedak secara teratur akan membantu organ-organ pencernaan Anda berfungsi dengan baik. Selain itu, rasanya yang manis juga akan membuat Anda memilih buah ini dibanding obat pencahar atau pelancar pencernaan yang  dijual di pasaran.

2. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kesehatan tulang perlu kita perhatikan sejak dini, bukan ketika sudah menginjak usia lanjut saja. Begitu juga dengan kesehatan gigi, merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering digunakan. Salah satu cara mudah menjaga kesehatan tulang dan gigi adalah dengan mengkonsumsi buah cempedak. Buah ini mengandung kalium dan fosfor yang memberi asupan untuk memperkuat tulang dan gigi kita.

3. Menyehatkan Mata

Buah cempedak memilliki kandungan vitamin A yang cukup besar, yang dapat berkhasiat untuk kesehatan mata. Pola hidup kita sehari-hari yang terbiasa melihat layar, baik layar ponsel atau komputer, membuat mata cepat lelah dan meningkatkan resiko mata minus. Dengan mengkonsumsi buah cempedak secara berkala, mata kita terutama bagian kornea akan terpenuhi kebutuhan vitaminnya.

4. Membantu Proses Diet

Masih bingung memilih makanan apa yang akan dikonsumsi untuk program diet sehat Anda? Buah cempedak bisa menjadi jawabannya. Buah cempedak mengandung berbagai zat bergizi seperti protein, kalsium, vitamin A, vitamin C, zat besi, dan masih banyak lagi. Berbagai kandungan dalam buah ini dapat menjaga Anda tetap sehat tanpa harus mengkonsumsi banyak makanan. Dan juga, buah cempedak memiliki efek mengenyangkan sehingga setelah mengkonsumsinya Anda tidak akan cepat merasa lapar.

5. Mencegah Munculnya Kerutan Pada Kulit

Kerutan atau keriput pada kulit, terutama kulit wajah, adalah salah satu hal yang menakutkan bagi wanita. Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah dan mengatasi munculnya kerutan karena membuat seseorang terlihat lebih tua. Selain produk-produk skin care, asupan makanan menjadi hal yang penting dalam keremajaan dan kesehatan kulit. Anda dapat mulai mengkonsumsi buah cempedak sebagai asupan bergizi untuk kulit. Buah ini mengandung vitamin yang menjaga elastisitas kulit dan mencegah munculnya kerutan-kerutan yang tak diinginkan.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jika Anda merasa sering lemas dan capek, Anda dapat mencoba mengkonsumsi buah cempedak. Kandungan gizi dalam buah cempedak dapat membantu mengusir parasit seperti virus dan bakteri, yang dapat menurunkan daya tahan tubuh serta memicu timbulnya penyakit. Selain itu, buah cempedak juga mengandung  senyawa bioflavanoidyang membantu mengusir radikal bebas dari tubuh kita.

7. Memberi Asupan Air

Kita tentu tahu kalau tubuh manusia membutuhkan asupan air yang cukup setiap harinya, minimal delapan gelas sehari. Sebagai  tambahan, buah cempedak dapat dikonsumsi karena memberi asupan air bagi tubuh. Buah cempedak mengandung banyak mineral sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan asupan air tubuh kita.

8. Mengobati Penyakit  Malaria

Buah cempedak ternyata dapat berkhasiat sebagai pengobatan alternatif untuk penyembuhan penyakit malaria. Buah ini mengandung senyawa heteriflavon C yang dapat membantu mengusir parasit penyebab malaria. Buah ini juga sangat membantu dalam proses meredakan gejala malaria. Namun jika sudah mengkonsumsi buah cempedak dan tidak ada perubahan, Anda perlu langsung konsultasi ke dokter, ya.

9. Mengatasi Gejala Tumor

Mengkonsumsi buah cempedak secara rutin ternyata juga dapat membantu pencegahan sel-sel tumor dalam tubuh. Dalam buah cempedak terdapat senyawa artioindonesianidinyang dapat mematikan serta menghambat pertumbuhan sel-sel tumor. Ini menjadikan buah cempedak sebagai pengobatan alternatif untuk melawan tumor. Namun tetap saja, konsultasikan lagi kepada dokter Anda untuk penanganan tumor yang lebih lanjut.

10. Sebagai Antioksidan Alami

Buah cempedak mengandung antioksidan alami yang dapat berkhasiat untuk mengobati demam, penyakit kulit, diare, dan asma. Selain itu, antioksidan juga berfungsi untuk mematikan berbagai virus yang masuk ke dalam tubuh sehingga kita dapat terhindar dari penyakit. Mengkonsumsi antioksidan alami tentunya lebih sehat dibanding produk antioksidan yang sudah dikemas dengan bahan  kimia.
Itulah beberapa manfaat dari buah cempedak yang berguna baik untuk kesehatan dan kecantikan Anda. Siapa sangka kalau buah itu tidak hanya manis dan  enak, tapi juga memiliki banyak khasiat. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mulai mengkonsumsi buah cempedak dari sekarang. Siapa tahu itu adalah solusi dari permasalahan kesehatan dan kecantikan Anda. Selamat mencoba mengkonsumsi buah cempedak!(www.blogger.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.