Banner

Banner
Pemkab OKU

15 Manfaat Jagung Muda Bagi Kesehatan

Baturaja Radio.Com - Ingin tahu yang muda yang bermanfaat? Jagung muda! Ukurannya memang mungkin masih agak kecil, tapi jangan salah, ukurannya yang kecil tidak membuat si jagung muda ini juga kecil akan manfaat. Selain itu, jagung muda sangat rendah akan lemak, rendah kalori dan juga banyak ragam nutrisi lainnya yang terdapat di dalam jagung muda.
Tanaman Jagung Muda
Jagung muda merupakan tanaman jagung yang dipanen dari jenis pohon jagung biasa, namun pada waktu lebih awal. Jagung merupakan tanaman yang bisa hidup dengan subur di Negara seperti Indonesia yang memiliki iklim tropis. Di Indonesia, jagung digunakan sebagai tanaman pangan. Dahulu kala, manfaat jagung digunakan menjadi pengganti nasi. Bahkan hingga saat ini, di beberapa wilayah di Indonesia, jagung masih menjadi makanan pokok masyarakat.

Kandungan Gizi Jagung Muda

Jagung muda selain enak untuk dijadikan bahan masakan, ternyata bisa memiliki manfaat lainnya bagi kesehatan kita. Sebelum kita cari tahu lebih dalam mengenai berbagai manfaat jagung muda, ketahui dulu rincian gizinya, dalam tabel berikut ini :

Manfaat Jagung Muda

Setelah mengetahui kandungan gizinya, nutrisi yang ada di dalam jagung muda juga bisa bermanfaat untuk kesehatan kita. Beberapa mungkin belum mengetahui manfaat jagung muda ini. Tetapi jangan khawatir, disini akan dipaparkan semua mengenai ragam manfaat dari konsumsi jagung muda. Berikut ini diantaranya :
1. Menurunkan Berat Badan
Anda sedang diet? Jika iya, mungkin membutuhkan bantuan si jagung muda untuk membantu menurunkan berat badan. Seperti yang sudah tertera di dalam tabel nutrisi, jagung muda sangat rendah akan kandungan lemaknya, tetapi sangat kaya akan asam folic dan potassium. Serta, jagung muda juga memiliki indeks glycemic yang jauh lebih baik dibandingkan jagung biasa yang sudah besar.
Beberapa faktor yang sudah disebutkan tadi menjadikan jagung muda sebagai bahan makanan yang sangat cocok untuk membantu manfaat diet sehat, untuk penurunan berat badan.
2. Melancarkan Proses Pencernaan
Di dalam jagung muda, terdapat kandungan manfaat vitamin B yang cukup banyak. Berbagai vitamin B tersebut dapat berguna untuk membantu mencegah terjadinya semebelit. Dan, yang paling penting adalah, vitamin B di dalam jagung muda dapat membantu melancarkan proses pencernaan secara keseluruhan. Selain itu, serat yang terkandung di dalam jagung muda juga akan melancarkan proses metabolisme tubuh.
3. Mencegah Penyakit Diabetes
Karbohidrat yang rendah di dalam jagung muda ditambah dengan kandungNa seratnya yang cukup tinggi akan memberikan berbagai manfaat kesehatan yang salah satunya adalah untuk mencegah penyakit diabetes, khususnya diabetes tipe 2.
4. Sumber Energi yang Sehat
Tidak seperti bahan makanan lainnya, jagung muda sangat rendah akan lemak jenuh namun tinggi akan kandungan proteinnya. Protein memiliki fungsi untuk memperbaharui sel-sel di dalam tubuh yang sudah mengalami kerusakan, dan juga protein sebagai sumber energi tubuh.
5. Mencegah Penyakit Alzeimer
Penyakit Alzeimer merupakan penyakit yang menyebabkan seseorang mengalami kepikunan. Dan ternyata, jagung muda yang notabene mengandung folat yang tinggi dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit alzeimer. Folat sendiri merupakan unsur yang berfungsi untuk menutrisi otak.
6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Jagung muda adalah sumber makanan yang kaya akan gizi. Dalam takaran rendah sekalipun, jagung muda memiliki 4% manfaat vitamin A dari total kebutuhan vitamin A, serta vitamin C dan zat besi yang bisa membantu menjaga kestabilan sistem kekebalan tubuh kita.
7. Memperlancar Sirkulasi Oksigen di dalam Tubuh
Manfaat zat besi yang terkandung di dalam jagung muda dapat bermanfaat untuk memperlancar aliran oksigen di dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan oksigen dapat berakibat sangat fatal seperti salah satunya adalah mengakibatkan kerusakan pada otak.
8. Menyembuhkan Infeksi
Kandungan manfaat vitamin C dan vitamin A di dalam jagung muda yang tinggi sangat dibutuhkan sekali untuk kesehatan tubuh. Di dalam satu buah jagung muda saja, terdapat 23% vitamin C dan 3% vitamin A dari total keseluruhan kebutuhan kedua vitamin tersebut setiap harinya. kedua vitamin ini berfungsi untuk mencegah bahkan menyembuhkan infeksi yang mungkin terjadi di dalam tubuh kita.
9. Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Kadar potassium di dalam manfaat jagung muda yang mencapai 17 mg, dapat membantu anda mencegah naiknya tekanan darah. Potassium merupakan sebuah mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, berguna untuk mengatur peredaran darah dan melancarkannya.
10. Untuk Mempercantik Kulit
Jagung yang masih muda mengandung banyak vitamin C yang memberikan manfaat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas yang ada di dalam tubuh dapat menyebabkan kulit menjadi kusam maupun munculnya flek hitam. Untuk itu, konsumsi jagung muda dapat menjadi alternatif untuk membuat kulit menjadi lebih cantik dan lebih cerah.
11. Mecegah Terjadinya Kelahiran Bayi Cacat
Jagung muda sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Di dalam manfaat jagung muda, terkandung asam folat yang jumlahnya cukup tinggi. Asam folat dapat membantu pertumbuhan bayi selama di dalam kandungan sehingga dapat menghindarkan bayi dari kelahiran cacat.
12. Mencerahkan dan Mengencangkan Kulit Wajah
Siapa yang tidak ingin memiliki kulit putih bersih, sehat dan kencang. Dengan menggunakan jagung muda sebagai masker, kita bisa mendapatkan kulit wajah yang demikian. Kandungan di dalam jagung muda yang sangat beragam akan membantu meregenerasi sel-sel mati di wajah, serta akan membantu menghilangkan noda-noda hitam yang mengganggu.
13. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
Jagung muda merupakan salah satu bahan makanan yang dapat membantumenurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Di dalam jagung muda, terkandung karotenoid serta bioflavonoid yang dikenal ampuh untuk membantu menurunkan dan menghancurkan kolesterol-kolesterol jahat di dalam tubuh.
14. Mencegah Kerusakan Paru-Paru
Satu lagi manfaat jagung muda yang mungkin belum banyak diketahui, yaitu untuk mencegah terjadinya kerusakan pada paru-paru. Di dalam jagung mengandung cryptoxanthin yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A yang dapat membantu pencegahan penyakit kanker pada paru-paru.
15. Membantu Meningkatkan Daya Ingat
Thiamin merupakan salah satu kandungan yang terdapat di dalam jagung manis. Thiamin sendiri memiliki manfaat kesehatan yang tidak main-main yaitu untuk menjaga sel-sel di dalam otak kita.(manfaat.co.id)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.