Banner

Banner
Pemkab OKU

Program Jambanisasi Bantuan TNI Geser “WC Cemplung” Sukseskan Program 1 Juta Jamban

Program Jambanisasi Bantuan TNI Geser “WC Cemplung” Sukseskan Program 1 Juta Jamban baturajaradio.com -Porgram jambanisasi terus berlanjut, kali ini Kodim 0403/OKU melalui anggota Koramil 403-04 Belitang membangun puluhan WC umum di daerah yang sebelumnya terbiasa pakai WC Cemplung.

“Kita mau geser dari WC cemplung ke WC umum yang memenuhi standar hidup sehat," terang Komandan Kodim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo SSos.

Dandim yang juga didampingi Danramil 403-04 Belitang Kapten Inf Surasa Minggu (30/12/2018) menjelaskan, Kodim OKU yang memiliki wilayah teritorial 3 Kabupaten (OKU, OKUS dan OKU TIMUR) melakukan kegiatan pembangunan WC umum didaerah persawahan.

Dikatakan Kapten Surasa, untuk periode semester II/2018 sudah dibangun sebanyak 36 unit WC yang akan dibuat secara gotong royonga TNI bersama masyarakat.

WC umum berukuran 2 M X 2 M ini dibangun tersebar di beberapa desa antara lain di Desa Sukajadi Kecamatan Belitang OKUT.

Di desa Sukajadi Belitang, TNI melalui Karya Bhakti membangun beberapa unit WC permanen unit, pelaksanaan karya bhakti pembangunan jamban rakyat ini dilaksanakan mulai pada bulan Agustus 2018 lalu.

Dikatakan Danramil, penyerahkan puluhan unit jamban umum hasil bangunan Koramil Pengandonan merupakan lanjutan dari pembangunan 1 juta jamban gratis TNI AD untuk rakyat.

Program jambanisasi ini bertujuan untuk mendorong masyarakat membudayakan hidup bersih dan sehat.
Selama ini mayoritas penduduk desa setempat melakukan BAB (buang Air Besar) di WC Cemplung yang tidak memenuhi standar hidup sehat.

Anggota Koramil 403-04 Belitang memberikan edukasi kepada masyarakat agar membuang kotoran pada tempat yang sudah disediakan. Sehingga lingkungan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit menular, apalalagi dimusim penghujan seperti ini rawan terhadap ancaman penyakit menular.

Dikesempatan itu Dandim menjelaskan, porgram jambanisasi yang dilakukan TNI Kodim 0403/OKU melalui Koramil 403-04 Belitang mengutamakan membangun WC di rumah-rumah Warga yang kurang mampu.

Dandim yang didampingi Danramil 403-04 Belitang Kapten Inf Surasa menjelaskan, seperti di Desa Sukajadi Kecamatan Belitang, desa yang berpenduduk sekitar 1.000 jiwa ini sebagian besar memiliki mata pencarian sebagai petani penggarap sawah dan buruh yang bekerja dengan pemilik lahan sawah. 

Pembangunan WC secara cuma cuma dikomandoi oleh Danramil Belitang Kapten Surasa, kini warga Desa Sumbersuko Belitang tidak lagi BAB sembarangan. 

“Kita khawatir muncul penyakit menular melalui kotoran seperti muntaber,“ terang Danramil.

Dikatakan Danramil, WC umum yang baru dibangun TNI bersama rakyat (Kecamatan Belitang, Belitang III dan Belitang Jaya) ini langsung dimanfaatkan warga.

Sumber airnya didatangkan dari sumur-sumur warga dan dengan sistem gotong royong mengisi bak penampungan air yang sudah disiapkan.

Disisi lain warga Desa Sukajadi mengaku sangat bersyukur dapat bantuan pembangunan WC umum melalui program jambanisasi dari TNI Kodim OKU melalui Koramil 403-04 Belitang.

“Jamban umum ini hadiah dari TNI untuk warga kampung kami,” kata Kades Sukajadi M Kadir (48) seraya menambahkan saat ini sedang musim penghujan.

Sedangkan aktivitas warga banyak di sungai irigasi dan persawahan, sehingga sangat membantu rakyat dalam membudayakan hidup bersih dan sehat. (
http://palembang.tribunnews.com)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.