Banner

Banner
Pemkab OKU

9 Cara Membangkitkan Semangat Kerja Karyawan Yang Sudah Lesu



Baturajaradio.com - Sebagai pemimpin yang baik, tentu Anda perlu mengetahui cara-cara jitu untuk membangkitkan semangat kerja para karyawan Anda yang sedang lesu agar kembali semangat kerja.

Pentingnya Semangat Kerja

Setelah liburan yang cukup lama, biasanya sindrom malas bekerja akan muncul. Tentu saja ini akan mempengaruhi performa dari para karyawan dan berimbas pada output perusahaan.

Anda sebagai atasan dari para karyawan Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi.

Mungkin juga Anda pernah mengalami ketika sudah terlalu lama berlibur atau sudah jenuh dengan suatu rutinitas pekerjaan, Anda menjadi tidak semangat bekerja.

Semangat kerja erat kaitannya dengan motivasi kerja.

Motivasi kerja adalah suatu keinginan yang kuat yang berasal dari dalam diri untuk melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilakukan.

Motivasi adalah dorongan dari dalam diri yang membuat seseorang cenderung untuk melakukan sesuatu.

Selain faktor internal dan eksternal, motivasi seseorang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor biologis, sosial, intelektual dan emosional, sehingga kita dapat mengatakan bahwa motivasi sangatlah kompleks.

Meningkatkan Semangat Kerja

Lantas, bagaimana cara meningkatkan semangat kerja atau motivasi kerja dari para karyawan Anda?

Berikut ini berbagai cara yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan semangat kerja para karyawan Anda dan juga dapat Anda aplikasikan pada diri sendiri jika membutuhkan suntikan semangat kerja agar lebih termotivasi.

#1 Memberikan Bayaran Sesuai Beban Kerja & Keahlian

Motivasi utama setiap pekerja termasuk karyawan Anda tentu saja adalah gaji atau penghasilan.

Mereka bekerja untuk menghasilkan uang yang digunakan untuk menafkahi keluarga, membayar berbagai keperluan penunjang hidup dan juga membiayai setiap tujuan keuangan serta impian mereka di masa mendatang.

Sebagai atasan yang pengertian dan baik, Anda perlu memberikan keadilan dalam bayaran yang sesuai dengan beban kerja dan juga keahlian mereka.

Jika karyawan merasa mengalami ketidakadilan karena pembedaan gaji yang seharusnya, maka mereka tidak akan termotivasi untuk bekerja. Malahan, fatalnya mereka akan mencari pekerjaan lainnya yang bisa membayar mereka sepadan dengan keahlian dan beban kerja mereka.

Dengan demikian Anda kehilangan karyawan terbaik Anda.

Tingkatkan semangat kerja karyawan Anda dengan memberikan bayaran yang sesuai, apalagi jika ada bonus tambahan jika mereka berprestasi dengan melebihi target yang telah disepakati.

#2 Dengarkan Aspirasi dan Ide Kreatif Karyawan Anda

Setiap orang pasti ingin didengarkan, termasuk karyawan Anda.

Belajar bisa dari segala sumber dan juga semua kalangan. Sebagai atasan, Anda pun bisa mendapat masukan ide dari para karyawan. Siapa tahu mereka memiliki ide brilian dalam strategi pengembangan perusahaan yang luput dari pemikiran Anda.

Malahan seharusnya Anda bersyukur karena memiliki karyawan yang kreatif dan mau memberikan sumbangsih positif berupa ide cemerlang yang dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

Dengan mendengarkan ide kreatif dan juga aspirasi dari para karyawan, ini bisa menambah semangat kerja mereka karena mereka merasa dianggap sebagai bagian dari tim perusahaan yang memiliki kemampuan dan andil yang sama untuk memajukan kualitas perusahaan.


#3 Jalin Hubungan Komunikasi yang Baik dengan Karyawan

Sebagai atasan, tidak baik jika Anda hanya membatasi hubungan hanya dengan rekan sepangkat atau satu bagian jabatan ke atasan.

Anda juga perlu membuka hubungan komunikasi yang baik dengan karyawan yang memiliki jabatan di bawah Anda.

Selain Anda tidak dicap sebagai atasan yang sombong dan arogan, Anda akan dikenal baik oleh para karyawan Anda.

Buka perbincangan dengan mereka, setidaknya memberikan salam terlebih dahulu ketika bertemu.

Luangkan waktu istirahat Anda seperti saat makan siang untuk berbincang dengan mereka.

Tanyakan tentang kabar keluarga mereka atau tentang motivasi mereka bekerja di perusahaan.

Anda juga bisa menanyakan tentang rencana masa depan mereka.

Sambil minum kopi (sesekali Anda yang traktir), Anda bisa memberikan E-Book Gratis Panduan Perencanaan Keuangan sesuai Jenjang Usia dari Finansialku.

Dengan demikian, mereka akan merasa diperhatikan oleh Anda. Tentu saja semangat kerja mereka akan semakin meningkat.

#4 Jenjang Karier yang Jelas

Setiap karyawan pasti menginginkan kenaikan jabatan atau promosi seiring dengan perkembangan potensi dan kinerja yang ditunjukkan melalui prestasi.

Dengan adanya kejelasan jenjang karier, mereka akan semakin semangat bekerja dan berikan juga stimulus untuk bersaing secara positif dan sportif antar karyawan.

Ini akan membuat mereka semakin semangat kerja untuk mengejar rewardkenaikan jabatan yang tentu saja akan berdampak pada kenaikan penghasilan mereka.

#5 Adakan Pelatihan dan Seminar

Tentu ada kalanya para karyawan Anda mengalami kesulitan dalam melakukan tugas dan tanggung jawab mereka.

Sebagai pemimpin yang baik dan juga perusahaan yang mengedepankan pengembangan kualitas dari karyawan, tentu Anda perlu meng-upgradekualitas kerja para karyawan Anda.

Berikan berbagai pelatihan dan juga seminar sesuai dengan kebutuhan mereka, terutama demi peningkatan kualitas kinerja para karyawan Anda.

Dengan pengembangan kualitas kerja para karyawan, tentu akan meningkatkan produktivitas mereka dalam bekerja dan yang paling penting adalah semangat kerja mereka.

#6 Berikan Apresiasi Kepada yang Berprestasi

Apresiasi dalam berbagai bentuk akan membuat semangat kerja karyawan Anda meningkat.

Apresiasi dapat berbentuk pujian kata-kata terima kasih dan rasa bangga memiliki karyawan seperti mereka hingga memberikan hadiah, sepertivoucher belanja gratis.

Tahukah Anda bahwa pujian sekecil apapun bisa meningkatkan semangat kerja karyawan Anda?

Seorang petugas pantry pengantar kopi dan juga cleaning service bisa termotivasi kinerjanya dan semakin semangat kerja hanya karena pujian kecil dari atasannya yang mengatakan bahwa kopi buatannya sangat enak.

Ketika Anda sedang berbincang dengan salah satu karyawan Anda yang sedang mengalami kesulitan dalam berinvestasi, Anda bisa memberikan E-Book Gratis Panduan Berinvestasi Reksa Dana dari Finansialku yang dapat menolongnya memecahkan masalah investasinya.

#7 Buat Lingkungan Kerja yang Kondusif

Lingkungan kerja yang kondusif dapat meningkatkan semangat kerja, tidak hanya kepada diri Anda, tetapi juga kepada karyawan Anda.

Anda dan karyawan juga akan lebih merasa nyaman bekerja sama dengan rekan-rekan kerja lainnya dalam bekerja sesuai target dan tujuan tim atau perusahaan.

Suasana yang tidak terlalu kaku dan lebih kekeluargaan, akan meningkatkan semangat warga kantor.

Misalnya, perdengarkan instrumen musik yang bisa memberikan sensasi nyaman saat bekerja.

Selain itu, adanya parfum aromaterapi yang menyegarkan bisa membuat pikiran lebih tenang dan jernih.

Anda dan karyawan juga bisa membuat dekorasi ruang kerja jika ada salah satu karyawan yang berulang tahun.

Rasa percaya terhadap karyawan juga bisa membuat suasana kerja menjadi lebih menyenangkan karena tidak ada rasa sinis atau curiga satu sama lain yang bisa membuat persaingan antar karyawan yang malah membuat suasana tempat kerja menjadi tidak nyaman.

#8 Menjadi Atasan yang Memiliki Teladan

Tak jarang atasan yang mempergunakan otoritasnya secara sewenang-wenang dengan membuat peraturan yang harus ditaati oleh karyawan atau bawahan namun ia sendiri melanggarnya.

Ini tentu saja membuat para karyawan menjadi tidak semangat kerja.

Para karyawan akan lebih senang jika atasan juga memberikan teladan dalam etos kerja yang baik dan positif.

Misalnya, Anda bisa menjadi teladan untuk datang tepat waktu, atau lebih pagi dari yang lainnya. Melakukan tugas sesuai dengan deadline kerja bahkan sebelumnya.

Anda juga bisa menolong karyawan yang sedang kesulitan menyelesaikan tugas mereka.
Ini akan membuat mereka semakin semangat kerja karena Anda tidak segan-segan untuk memberikan pertolongan, padahal Anda adalah atasan mereka.

Selain itu, sikap ramah dan sabar sebagai atasan juga menjadi salah satu faktor penambah semangat kerja dari karyawan.


#9 Luangkan Waktu Hiburan dengan Karyawan

Sesekali ambil waktu untuk berlibur bersama karyawan.

Apabila ada film menarik di bioskop, Anda bisa mengajak karyawan Anda untuk nonton bersama sepulang kantor atau saat weekend.

Selain itu, undang juga mereka untuk menikmati hidangan jamuan di rumah Anda ketika istri atau anak Anda berulang tahun.

Mereka akan senang dengan undangan Anda dan semakin semangat kerja.

Jika memungkinkan, atur waktu saat liburan kantor untuk liburan bersama para karyawan Anda.

Semangat Kerja yang Baik Akan Menghasilkan Kinerja yang Baik

Dengan memiliki semangat kerja yang baik, maka karyawan Anda juga akan memberikan kinerja yang baik.

Performa karyawan Anda dalam bekerja akan meningkat dan membawa kepada peningkatan produktivitas perusahaan dalam persaingan global yang semakin kompleks.

Semangat kerja adalah kunci agar karyawan Anda dapat bekerja dengan maksimal, termasuk Anda sebagai atasan.
www.finansialku.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.