Banner

Banner
Pemkab OKU

7 Tumbuhan Paling Mahal di Dunia beserta Gambarnya

Baturajaradio.com Di dunia ini terdapat banyak macam tumbuhan yang hidup subur di bumi kita ini. Bumi kita merupakan planet yang mempunyai komposisi antara tanah, air dan udara yang sangat baik untuk tumbuh berbagai macam tumbuhan. Banyaknya tumbuhan yang hidup di planet bumi kita ini menjadikan bumi menjadi hijau dan subur. Diantara berbagai macam tumbuhan di dunia ini mempunyai manfaat yang berbeda-beda sehingga semakin mempermudah manusia dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari.
Dari berbagai macam tumbuhan paling mahal di dunia :


  1. Pohon Gaharu
Pohon GaharuPohon Gaharu merupakan tumbuhan dari jenis pohon yang paling mahal di dunia. Hal ini dikarenakan pohon gaharu mampu menghasilkan kayu yang terjual sangat mahal. Kayu gaharu ini memiliki cirikhas yaitu menghasilkan gupal atau mengandung gupal atau resin didalamnya. Gupal atau resin ini yang menjadikan kayu tersebut mempunyai aroma yang khas dan wangi. Kayu gaharu yang mengandung gupal terjual dengan harga puluhan juta rupiah perkilogram, sehingga kayu ini layak disebut dengan pohon termahal di dunia.
Kayu gaharu ini diekspor ke berbagai negara seperti Saudi Arabia, Kuwait Yaman, United Emiret, Turki, Singapura, Jepang, China dan Amerika Serikat. Pohon ini diambil kayunya yang mengandung resin didalamnya untuk dijadikan bahan pembuatan obat-obatan serta kosmetik. Tetapi karena kayu ini harganya sangat mahal maka dalam perdagangannya diatur dalam perdagangan internasional baik jumlahnya ataupun kemana negar tersebut akan di ekspor.
Pohon gaharu mempunyai ukuran pohon dengan tinggi mencapai 40 meter dan berdiameter kurang lebih 60 cm, ini merupakan ukuran pohon yang termasuk tinggi dan besar. Pohon ini mempunyai nama latin Aqualaria spp. Pohon ini mempunyai batang lurus, tidak berbanir serta kayunya mempunyai sifat keras. Pohon ini mempunyai kulit pohon berwarna coklat keputihan dan teksturnya halus. Daun gaharu berwarna hijau dan mengkilap, bentuknya lonjong memanjang dengan ukuran panjang 5 sampai 8 cm dan lebar 3 sampai 4 cm dan merupakan daun tunggal. Tajuknya bulat, lebat dan mempunyai percabangan horizontal.
Adanya resin atau gupal yang terkandung di dalam pohon gaharu ini yang menjadikan pohon ini menjadi sangat mahal harganya. Resin atau gupal ini ada karena terjadinya infeksi sejenis jamur parasit (yang disebut kapang) dari anggota kelas Ascomycetes.
Pohon gaharu yang memiliki ataupun tidak memiliki gupal tetap diekspor dan terjual mahal. Kalau yang memiliki gupal bernilai sampai puluhan juta rupiah perkilonya, sementara yang tidak mengandung gupal bernilai sampai puluhan ribu perkilonya. Pohon gaharu memang memiliki nilai ekonomis yang tinggi, tetapi ini justru mengancam kepunahan dari pohon tersebut karena memang menanam pohon gaharu ini membutuhkan waktu yang sangat lama, sehingga masyarakat lebih mudah untuk menebangnya di hutan. Karena sering ditebang sehingga menjadi tumbuhan yang hampir punah dan sementara tidak ada yang membudidayakannya.
  1. Phillodendrum Marbel Varigatha
Phillodendrum Marbel VarigathaTumbuhan termahal dari jenis tanaman hias ada beberapa, salah satunya yaitu phillodendrum marbel varigatha. Dari berbagai macam tanaman hias yang populer, tanaman ini yang paling lama masa populernya, yaitu hingga mencapai 2 tahun.
Tanaman ini memiliki kelebihan pada bentuk daunnya yang unik, indah serta mempunyai variasi. Daunnya memiliki tulang daun yang besar dan menonjol sehingga membuat tanaman ini tampak kekar. Tanaman hias ini bisa menembus harga sampai ratusan juta rupiah.

  1. Aglonema
aglonemaTanaman hias ini juga masih satu spesies dengan anthurium yaitu tanaman hias termahal yang mempunyai harga sampai jutaan rupiah. Tanaman aglonema walaupun masih kalah populer dibanding dengan anthurium tetapi dia masih bisa mencuri perhatian para pengoleksi tanaman hias, apalagi sekarang petani telah berhasil menyilangkannya dengan jenis lain yang semakin membuat tanaman hias ini nampak unik dan indah.
Tanaman ini lebih sering terkenal dengan nama Sri Rejeki. Tanaman hias ini memilki berbagai macam spesies pengelompokan tumbuhanyaitu seperti Chocin, miss Thailand, red Silver, Param Ruay, dan Pink Panther. Pink Phanter merupakan spesie yang harganya paling mahal, sementara spesies yang harganya sudah menurun dan relatif lebih murah yaitu Pride of sumatera, lady Valentine dan Donna Carmen.
  1. Philodendron
PhilodendronPhilodendron merupakan tanaman hias yang masih satu spesies dengan anthurium dan aglaonema. Philodendron memiliki daun yang leber serta keindahannya tidak hanya pada daun, namun pada bunga dan batangnya yang unik membuat para pecinta tanaman hias semakin kagum dan ingin memilikinya.
Philodendrum merupakan alternatif bagi para pecinta tanaman hias yang tidak mampu untuk membeli anthurium ataupun agaonema karena memang harganya yang sangat mahal. Philodendrom harganya dibawah anthurium dan aglaonema.
  1. Sansevieria
SansevieriaTanaman hias jenis ini mempunyai harga yang lumayan mahal yaitu mencapai 10 juta rupiah per daunnya. Sementara satu tumbuhan bisa mencapai hingga 4 sampai 5 daun, dan satu pot biasanya ada 2 sampai 3 tumbuhan. Tumbuhan ini menjadi sangat mahal karena bentuknya yang unik yaitu dengan daun kaku dan tegak memanjang keatas, berwarna hijau tua sampai hijau mudan dan putih berlurik berpadu yang semakin menambah keindahan daunnya.
Tanaman hias ini semakin populer dan membumbung tinggi ditahun lalu. Semakin unik batang daunnya maka semakin dicari pecinta tanaman hias serta semakin mahal harganya. Dari berbagai jenis sansevieria yang oaling mahal adalah jenis kirkii silver blue.
  1. Puring
PuringPuring ini pada zaman dulu merupakan tanaman yang banyak tumbuh dan menghiasi kuburan. Tanaman ini sekilas nampak tidak berharga jika tumbuh di kuburan, tetapi siapa yang menyangka kalau sekarang tanaman puring ii telah naik kelas berjajar dengan tanaman hias jenis lain yang mahal harganya.
Tanaman puring ini disebut dengan tanaman kuda hitam. Daunnya berbentuk unik serta warnya daunnya juga bervariatif. Semakin unik bentuk daunnya serta semakin bervariasi warna perpaduan warna daunnya maka harga tanaman hias ini semakin mahal. Perpaduan pada warna daunnya yaitu berwarna hijau tua, hijau muda, hijau kekuningan, kuning, kuning keorenan, oren, merah, hijau keputihan, hitam kemerahan, merah kekuningan serta masih banyak variasi lain. semakin disilangkan pada cara perkembangbiakan tumbuhan ini dengan jenis lain hasilnya akan semakin indah. Tanaman yang dulu dijuluki tanaman kuburan sekarang telah banyak berada di depan rumah mewah sebagai tanaman hias yang berharga mahal.
  1. Juliet Rose
Juliet RoseTumbuhan dari jenis bunga yang paling mahal di dunia yaitu juliet Rose. Juliet rose merupakan bunga mawar yang terkenal dengan harganya yang sangat mahal yaitu mencapai 200,7 Miliar. Harganya mahal karena bunga ini merupakan hasil riset yang memerlukan biaya dengan sangat mahal sehingga menghasilkan bunga ini. Bunga ini muncul pada tahun 2006 pada acara Chelsea Flower, juliet rose ini mencuri perhatian banyak pengunjung dengan warna bunga persik dan penampilannya yang anggun menawan dan bagian bagian bunga nya yang indah.
Bunga ini awalnya dikembangkan oleh David Austin yang dalam risetnya beliau membutuhkan waktu hingga 15 tahun lamanya untuk membudidayakan bunga juliet rose ini. Kemudian setelah berhasil dibudidaakan bunga ini dipublikasikan ke banyak orang . Bunga ini merupakan bunga dengan harga mahal serta mewah dan merupakan bunga paling indah di duniayang biasanya hanya digunakan pada acara tertentu seperti resepsi pernikahan atau acara penting lainnya. Untuk mendapatkannya tidak dijual sembarangan karena harus melalui pemesanan terlebih dahulu melalui situs web David Austin.
 Demikian tumbuhan dari berbagai macam spesies yang termasuk dalam golongan tumbuhan paling mahal di dunia, yaitu meliputi spesies pohon, tanaman hias serta tanaman bunga. Setelah anda mengetahuinya anda dapat membudidayakan tanaman tersebut untuk menjaga kelestariannya sehingga tidak mudah punah, selain itu anda juga bisa mendapatkan untung yang banyak jika memang benar-benar berhasil dalam membudidayakannya.
(https://dosenbiologi.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.