Header Ads

Mengungkap Fakta Unik Tentang Nanas

Baturaja Radio - Buah bersisik ini umum dikonsumsi sebagai buah potong atau diolah menjadi selai. Mempunyai nama ilmiah Ananas comosus (L.) Merr. , buah berwana kuning terang ini dinamai ‘Ananas‘ dalam bahasa Hindi, ‘Anasi Pazham‘ dalam bahasa Tamil, dan 'nenas', atau 'ananas' di pulau Jawa dan Sumatera. Tercatat provinsi Lampung menjadi daerah pertanian nanas terluas di Indonesia yang dilengkap dengan pengolahan buah nanas menjadi kemasan kaleng dan diekspor ke berbagai negara.

Jika saat ini nanas merupakan buah yang umum dikonsumsi, hal yang berbeda terjadi di era 1700-an. Buah bercita rasa asam manis tersebut merupakan simbol kekayaan dan kekuatan. Buah asli dari Amerika Selatan ini merupakan tanaman asli penduduk Indian dimana ladang tempatnya tumbuh dijaga ketat. Adalah Christopher Columbus, petualang asal Spanyol, menjadi orang asing pertama yang membawanya menyebar ke seluruh dunia. Sifat tanamannya mudah tumbuh membuatnya cocok dibudidayakan dari benua Asia hingga Eropa.

Ketika Columbus membawa nanas ke Spanyol sekembalinya dari ekspedisi penemuan dunia baru, banyak orang Eropa, khususnya kaum bangsawan, terpesona oleh bentuk dan rasanya yang unik.

Bahkan para seniman di era itu menilai nanas sebagai buah yang eksotis dan memulai memasukkannya sebagai elemen dalam lukisan dan pahatan kayu elegan yang berharga mahal.

Menjelang akhir abad 17, nanas mulai dikenal luas di luar Spanyol, dan bahkan mulai digemari secara luas di Inggris pada awal abad 18. Di negeri Ratu Elizabeth itu, nanas perlahan mulai diidentikan dengan simbol kekayaan karena sulit untuk mendapatkannya, yakni harus mengimpor dari Amerika Latin yang saat itu sebagian besar wilayahnya mulai dijadikan koloni Spanyol.

Begitu berharganya nanas, bahkan pernah buat tersebut mencapai harga 8.000 dollar AS (sekitar Rp 92,4 juta) jika disesuaikan dengan nilai uang saat ini. Uniknya, nanas bahkan sempat dijadikan komoditi yang dapat disewakan per malam untuk mereka yang ingin memamerkan.(liputan6.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.