Header Ads

Jelang Debat Capres AS, Hillary dan Trump Sama Kuat dalam Polling

Baturaja Radio - Debat calon presiden Amerika Serikat (AS) akan digelar pada Senin (26/9) malam waktu AS, atau enam minggu sebelum pilpres November mendatang. Posisi capres Partai Demokrat Hillary Clinton sama kuat dengan capres Partai Republik Donald Trump dalam polling terbaru.

Seperti dilansir AFP, Senin (26/9/2016), debat capres AS untuk pertama kalinya akan digelar di Hofstra University, New York pada Senin (26/9) malam sekitar pukul 21.00 waktu setempat. Debat ini akan disiarkan televisi AS dan diperkirakan akan ditonton setidaknya 90 juta warga AS.

Hingga kini, masih cukup banyak warga AS yang belum menentukan pilihannya untuk pilpres November mendatang. Penampilan para capres dalam debat diperkirakan sedikit banyak akan mempengaruhi sudut pandang mereka yang belum menentukan pilihan.


 Hillary (68) yang pernah memegang jabatan penting sebagai Menteri Luar Negeri AS dan hampir 40 tahun memegang jabatan publik lainnya, sangat menguasai sejumlah isu. Sedangkan Trump (70) yang berlatar belakang pengusaha, dikenal banyak bicara dan tidak mudah ditebak namun lebih suka menjadi pusat perhatian dibanding membahas isu.

Polling terbaru Washington Post-ABC News mengungkapkan bahwa keunggulan Hillary atas Trump selama beberapa minggu terakhir telah memudar. Menurut polling Washington Post-ABC News yang dirilis Minggu (25/9), Hillary dan Trump sama-sama meraup 41 persen suara di kalangan pemilih terdaftar.

Keduanya masih berada di atas dua kandidat alternatif, yakni Gary Johnson dari Partai Libertarian yang meraup 7 persen dan Jill Stein dari Partai Hijau yang hanya meraup 2 persen. Polling memang mempertimbangkan dua kandidat alternatif di antara dua kandidat utama.


 Sedangkan untuk polling yang hanya memperhitungkan kedua kandidat utama, Hillary dan Trump sama-sama berbagi 46 persen suara di kalangan pemilih terdaftar.

Meskipun beberapa polling nasional lainnya menunjukkan Hillary mengungguli Trump, namun tetap selisihnya sangat kecil. Jika sebelumnya Hillary sempat jauh mengungguli Trump, bahkan hingga selisih dua digit, kini selisih suara keduanya hanya satu digit dan di bawah 5 persen.

Polling terbaru CNN Poll of Polls yang mengkombinasikan lima polling nasional terbaru, seperti dilansir CNN, menyimpulkan Hillary unggul dengan 43 persen melawan Trump dengan 40 persen suara. 


 Polling Washington Post-ABC News juga menekankan bahwa debat capres pertama ini akan menjadi momen krusial bagi kedua kandidat. Sekitar 8 dari 10 pemilih menyatakan, mereka akan menonton debat ini dengan harapan capres jagoannya menang. Sebanyak 44 persen pemilih mengharapkan Hillary menang debat, sedangkan 34 persen mengharapkan Trump yang memenangi debat.
(https://news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.