Header Ads

Home Cara Menanam Cara Menanam dan Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Baturaja Radio - Sesuai dengan namanya, bunga ini adalah bunga yang sangat mirip dengan penerang dunia di kala siang hari yaitu matahari memiliki nama latin Helianthus annuus Linn dan masuk dalam famili Compositae yang serumpun dengan lidah buaya. Bunga yang tumbuhnya selalu mengarah pada sinar sang surya ini, memiliki jenis yang berbeda-beda sehingga anda bisa memilihnya sesuai dengan selera anda. Jika anda menginginkannya sebagai penghias rumah anda, maka anda harus mengerti betul cara menanam bunga matahari tersebut agar anda bisa menyaksikannya berbunga dengan indahnya.
Arti bunga matahari sendiri memilika banyak interpretasi namun yang umum melambangkan kehangatan serta kekaguman, juga dianggap sebagai tanda umur panjang sehingga sunflower memiliki banyak makna yang begitu dalam. Wisdom atau kebijaksanaan, strength atau kekuatan, dan sincerity atau ketulusan merupakan pemaknaan lain dari bunga matahari.
Bagian dari bunga matahari yang sering digunakan untuk proses penyembuhan adalah akar, daun, bunga dan biji. Akar bunga matahari berkhasiat untuk mengobati infeksi saluran kencing, radang saluran nafas atau bronchitis, batuk rejan atau pertussis, keputihan atau leucorrhoe. Bagian bunganya sendiri bermanfaat untuk pengobatan tekanan darah tinggi, mengurangi rasa nyeri pada sakit kepala, pusing, sakit gigi, nyeri menstruasi atau dysmenorrhoe, nyeri lambung atau gastric pain, radang payudara atau mastitis, rheumatik atau arthritis serta digunakan pula untuk mempermudah ibu hamil dalam  melahirkan. Satu hal lagi tentu saja manfaat kuaci Kwaci biji bunga matahari yang merupakan cemilan menyehatkan.

Berikut ini tips menanam bunga matahari dari bibit sampai mekar yang bisa anda gunakan sebagai panduan ketika ingin membudidayakan sun flower tersebut.

 Cara menanam bunga matahari yang pertama, anda harus bisa membedakan benih bunga tersebut dengan kwaci bunga matahari yang biasa digunakan sebagai cemilan tersebut. Tentunya setiap jenis bunga matahari memiliki bentuk bibit yang berbeda-beda. Untuk bunga matahari dengan jenis mammoth grey, benihnya berwarna putih, ukuran besar, dan memiliki corak garis hitam-coklat pada benihnya. Untuk velvet queen, benih bunga matahari ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding benih bunga yang sebelumnya. Untuk evening sun, benih bunga tersebut memiliki variasi warna, mulai dari putih sampai dengan warna hitam. Sehingga, menentukan bunga matahari mana yang akan anda tanam lewat bentuk, warna, dan ukuran benihnya.

 Cara menanam bunga matahari yang kedua, ketika anda ingin menanam bunga, maka mau tak mau juga harus memperhatikan media tanamnya supaya bunga kelak bisa tumbuh dengan subur. Seperti halnya dengan bunga matahari ini, bunga ini juga memiliki media tanam yang harus anda perhatikan, supaya bunga bisa lekas mekar. Media tanam bunga matahari sebenarnya tanahnya dengan tekstur apapun karena bunga ini mudah di tanam di mana saja, asalkan ada air dan sinar matahari yang cukup, maka bunga ini bisa cepat tumbuh. Tetapi, ketika anda melakukan pembibitan benih, maka anda bisa menggunakan tanah yang gembur dan banyak nutrisinya.

 Cara menanam bunga matahari ketige, tanaman bunga matahari tersebut tidak mudah rusak, maka anda bisa menutupinya dengan bekas botol air mineral. Botol air mineral tersebut diharapkan dapat melindunginya dari kerusakan oleh air hujan atau tangan usil anak-anak. Selain itu, botol tersebut dapat memberikan kelembapan bagi tanaman bunga matahari mungil tersebut. Setelah beberapa minggu, pastilah sudah tumbuh beberapa daun pada tunas yang ditutupi botol air mineral tersebut.

 Keempat, ketika bunga matahari kira-kira berumur 2 bulan, anda bisa memberinya pupuk secara berkala supaya bunga tersebut bisa tumbuh subur dan jauh dari hama penyakit. Saat berumur 3 bulan, maka sudah mulai tumbuh tunas bunga pada tanaman tersebut. Maka untuk memperoleh bunga yang bagus, anda bisa memotong tunas-tunas bunga yang dianggap kurang bagus dalam pertumbuhannya. Jika anda rajin menyiramnya 2 kali sehari dan memberinya pupuk secara berkala, maka anda bisa cepat melihat bunga matahari mekar dengan indah di taman rumah anda. Semoga informasi tentang cara menanam bunga matahari tersebut bermanfaat bagi para pembaca.
( http://caraberkebun.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.