Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Anggaran Program JKN OKU Tembus Rp 25 M

 



Baturaja Radio.com - Dinas Kesehatan Kabupaten OKU menyiapkan dana sebesar Rp 25 miliar lebih pada tahun ini atau 2024.

Dana itu disiapkan untuk program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi masyarakat kurang mampu di Sebimbing Sekundang yang terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kepala Dinas Kesehatan OKU Dedy Wijaya menyebutkan dana Rp 25 M diperuntukan untuk biaya berobat 330.335 jiwa penduduk kurang mampu di OKU melalui program JKN.

“Dana segitu untuk biaya 330.335 jiwa penduduk OKU kurang mampu melalui program JKN, ” singkatnya.

Diberitakan sebelumnya, Program Berobat Pakai Kartu Tanda Penduduk (KTP) pada rumah sakit dan Puskesmas di Kabupaten OKU sudah diberlakukan pemerintah kabupaten OKU sejak September 2023 lalu.

Selain pakai KTP, masyarakat OKU yang akan berobat ke fasililitas kesehatan OKU seperti rumah sakit dan Puskesmas bisa menggunakan Kartu Keluarga atau KK.

Alur masyarakat OKU yang akan berobat pakai KTP atau KK yaitu, pasien datang ke layanan kesehatan yakni puskesmas dan Intalasi Gawat Darurat(IGD) pada rumah sakit.

Lalu petugas melapor ke dinas kesehatan, selanjutnya petugas dinas kesehatan melakukan aktivasi dan mengarahkan ke layanan kesehatan yang dituju yaitu puskesmas, RS kelas C/D, RS kelas B dan A.

Selanjutnya pasien akan mendapatkan layanan kesehatan dan menjadi peserta BPJS bantuan pemerintah.

Dengan program JKN maka masyarakat OKU yang akan berobat ke fasililitas kesehatan seperti rumah sakit dan Puskesmas tidak perlu ribet. Yaitu cukup menggunakan Kartu Keluarga atau KK maka sudah bisa dilayani.

“Peserta JKN akan dilayani kelas III pada setiap rumah sakit di OKU, ” tandasnya.

(din)

https://okusatu.id/anggaran-program-jkn-oku-tembus-rp-25-m/3/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.