Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Herman Deru Buka Pekan Daerah KTNA Ke XV Sumsel Tahun 2023 di Kabupaten OKU Timur


Baturajaradio.com
- Semarak, megah dan meriah, begitu kata yang dapat disematkan pada acara pembukaan Pekan Daerah Kontak Tani dan Nelayan Andalan (PEDA KTNA) Ke - XV Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023 Kabupaten OKU Timur di Lapangan KONI Belitang, Rabu, (10/5/2023).

PEDA KTNA Sumsel merupakan ajang untuk bersilaturahmi dan berbagi pengalaman antar-sesama petani dan nelayan di Sumatera Selatan.

Kegiatan ini juga sekaligus tempat berkompetisi antar satu dengan yang lainnya menjadi yang terbaik di bidang pertanian.

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana PEDA KTNA Ke XV H.M. Basyir DA menyampaikan terima kasih kami kepada para pelaksana dan Instansi terkait yang telah membantu mensukseskan pelaksanaan PEDA KTNA Sumsel Ke XV ini.

"Saya kagum PEDA di OKU Timur ini hampir sama seperti PENAS KTNA, hadir lengkap Ketua Umum, Sekretaris, Bendahara, dan Anggota. Lebih istimewa lagi hadir para Bupati dan Walikota Se-Sumatera Selatan", ujarnya.

 "Pada acara ini akan ada penghargaan-penghargaan di bidang pertanian. Kita akan menghadapi PENAS pada bulan depan, Melihat Pembukaan di OKU Timur ini, Jangankan PEDA, PENAS pun pasti akan sukses. Kemudian PEDA KTNA berikutnya kami sepakati dan kami usulian diadakan di Empat Lawang," tegasnya.

Dalam sambutannya, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin mengatakan, Kami telah berusaha agar PEDA ini dapat berjalan sukses.

"PEDA KTNA ini adalah wadah silaturahmi, tukar informasi, promosi hasil pertanian, dan menumbuhkembangkan minat pemuda untuk mencintai pertanian. Hari ini juga akan diadakan Launching Sensus Pertanian 1 juni - 30 Juli 2023", ungkapnya.

"Hari ini kita berhasil membuat Rekor MURI asap cair 100 alat yang telah dilaksanakan di BK 9, semoga dapat menjadi contoh bagi Kabupaten Kota lainnya. Kemudian Rekor MURI sajian klanting terbanyak untuk membantu UMKM penjual klanting. Saya harap kita mampu memberikan kontribusi yang optimal untuk membantu pertanian di bumi kita ini,"  kata Bupati Enos.

Sementara itu, Ketua KTNA Nasional Yadi Sofyan Noor mengucapkan terimakasih seluruh tamu undangan yang hadir pada acara ini, terkhusus panitia pelaksana PEDA di OKU Timur.

"Ini merupakan persiapan PENAS tepat 1 bulan mendatang di Kota Padang. Untuk Sumatera Selatan KTNA, mengeluarkan 10 penghargaan Adi Bhakti Pertanian untuk Bupati dan Walikota Se-Sumatera Selatan dan Gubernur Sumsel akan mendapatkan PIN emas adi bakti maha utama," ujarnya.

Dalam bimbingan dan arahannya, Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan bangga, begitu siapnya tuan rumah, ini menandakan komitmen masyarakat dan pemerintah OKU Timur memang luar biasa untuk pertanian.

"Pada kesempatan ini, saya berpesan jangan sia-siakan waktu yang singkat ini, karena kita tidak hanya mengikuti pertemuan namun juga memecahkan masalah pertanian, kita ketahui permasalahan pertanuan di setiap kabupaten kota pasti berbeda-beda,"

"Kita harus bisa menekan losis untuk meningkatkan produksi, target kita losis itu maksimal 5 persen saja. Pemprov membuat inovasi GSMP, kita harus kerja keras mengubah mainset masyarakat dari konsumtif menjadi produktif, dari membeli menjadi menghasilkan sendiri. Kita sama sama memohon ridho Allah SWT semoga PEDA KTNA ini dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran untuk kemajuan pertanian di Sumatera Selatan,"tuturnya.

Di sela acara dilakukan Pelantikan DPW Perkumpulan Penyuluh Pertanian Swadaya Indonesia Provinsi Sumatera Selatan oleh Ketua PPPSI Pusat, Pelantikan Kelompok Pemuda Tani Nelayan Provinsi Sumatera Selatan oleh Ketua KTNA nasional, pemutaran video GSMP, dan Launching Sensus Pertanian Tahun 2023.

Turut hadir Bupati/Walikota Se-Sumatera Selatan, Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan, Ketua KORMI Sumatera Selatan, Wakil Bupati OKU Timur, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK OKU Timur, Anggota DPR RI, Anggota DPRD Sumsel, Anggota DPRD OKU Timur, Kepala OPD Provinsi Sumsel, Unsur Forkopimda dan Forkopimda Plus Kabupaten OKU Timur dan Kepala OPD di Lingkungan Pemkab OKU Timur.


( https://sumsel.tribunnews.com/2023/05/12/herman-deru-buka-pekan-daerah-ktna-ke-xv-sumsel-tahun-2023-di-kabupaten-oku-timur )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.