Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Serentak di Indonesia, Bupati Enos Panen Raya di Desa Raman Jaya OKU Timur


Baturajaradio.com
- Bupati OKU Timur Lanosin (Enos) melakukan Panen Raya di Desa Raman Agung, Kecamatan Buay Madang Timur seluas 25 hektare dari total luas lahan 137 hektare, Kamis (8/3/2023).

Pelaksanaan panen raya ini dilaksanakan serentak di 66 titik Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang dipimpin langsung Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Bupati Enos mengatakan pertanian di OKU Timur merupakan salah satu sumber Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu daerah bagi masyarakat.

"Kenaikan ekonomi akan sia-sia jika tidak melibatkan orang banyak, OKU Timur tidak demikian, hal ini dibuktikan dengan lahan pertanian yang seluruhnya dimiliki oleh masyarakat," ujarnya.

Untuk itu, Bupati meminta bantuan peralatan pertanian seperti traktor kepada Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Pengujian Standarisasi Instrumen Sumber Daya Lahan Pertanian.

Dengan menargetkan 1 juta ton Gabah Kering Panen (GKP) untuk itu ia mengharapkan kepada seluruh instrumen pemerintahan yang berkaitan tentang ketahanan pangan untuk meningkatkan hasil panen.

"Program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) dan program Merdeka Pangan di Hatinya Perempuan agar bisa diterapkan, selain untuk menekan inflansi saya harap ini juga dapat membantu dan mengurangi pengangguran," bebernya.

Kepala Dinas Pertanian OKU Timur Junadi dalam laporanya mengatakan, luas panen di OKU Timur bulan Januari tahun 2023 seluas 2.512 hektare dengan produksi 19.718 Ton/GKP.

Kemudian luas panen di OKU Timur Bulan Februari Tahun 2023 seluas 6.686 hektare dengan produksi 51.049 Ton/GKP

"Prediksi luas panen di OKU Timur bulan Maret tahun 2023 seluas 17.791 hektare dengan produksi 135.839 Ton/GKP dan rencana Luas panen tahun 2023 seluas hektare dengan target produksi 865.960 ton GKG atau setara dengan 1.018.000 ton GKP," bebernya.

Kepala Balai Besar Standardisasi Instrumen Sumberdaya Lahan Pertanian Husnain mengapresiasi Kabupaten OKU Timur atas terselenggaranya kegiatan ini,

"OKU Timur terpilih menjadi 1 dari 66 Kabupaten/Kota Se Indonesia yang melaksanakan panen raya dengan Presiden RI yang berada di Kebumen, metode satelit yang sudah dibuatkan sistem informasi bernama Siskop, jadi dari satelit kita pantau, satelitnya beresolusi 10 M, kita bisa mendapatkan informasi bisa 2 minggu sekali realtime," tutupnya.

( https://sumsel.tribunnews.com/2023/03/10/serentak-di-indonesia-bupati-enos-panen-raya-di-desa-raman-jaya-oku-timur )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.