Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Pemilu 2024, Polri Petakan Daerah Rawan dan Sangat Rawan


Batujaradio.com
- Daerah rawan Pemiliihan Umum (Pemilu) 2024 sedang dipetakan Polri. Hal ini terungkap saat pembahasan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Polri 2023, Rabu, 8 Februari 2023 di Jakarta.

Pemetaan tersebut diharapkan agar, jalannya pesta demokrasi tahun depan berjalan aman dan lancar. Pemetaan, dikatakan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo terdiri dua pemetaan. Yakni pemetaan dari Polri dan Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu.

“Dari Polri pemetaan disebut Indeks Potensi Kerawanan Pemilu (IPKP), sedangkan dari Bawaslu bernama Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), “ terangnya.

Meski ada dua pemetaan, namun tujuannya sama. Yakni, memetakan daerah rawan dan sangat rawan. Sehingga nantinya, pengamanan di lokasi tertentu menjadi prioritas untuk keberlangsungan Pemilu.

“Wilayah ini menjadi perhatian TNI Polri, agar tidak berkembang potensi yang tidak diharapkan, “ sebutnya.

Dijelaskan Sigit ada enam dimensi IKP Polri. Yakni, protokol kesehatan, penyelenggaraan kontestan, partisipasi masyarakat, potensi gangguan dan ambang gangguan.

Pada prosesnya, TNI Polri tidak bekerja sendiri. Melainkan, bekerjasama dengan pemerintah daerah maupun pusat serta penyelenggara Pemilu dan para tokoh.

“Agar proses Pemilu berjalan aman, “ ungkapnya.

Soal pengamanan Pemilu, Presiden Jokowi yang hadir pada Rapim tidak memberikan arah khusus kepada TNI dan Polri. Karena yakni sudah tahu tugas dan fungsi dalam menjaga kondusifitas. Namun Jokowi mengingatkan agar menghindari politik praktis.

(https://okes.disway.id/read/639744/pemilu-2024-polri-petakan-daerah-rawan-dan-sangat-rawan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.