Panorama Objek Wisata Gua Putri Kabupaten OKU Menjadi Pilihan Wisatawan untuk Mengisi Libur Panjang


Baturajaradio.com
- Panorama Objek Wisata Gua Putri di Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji Kabupaten OKU (Ogan Komering Ulu) Provinsi Sumsel (Sumatera Selatan) menjadi pilihan wisatawan lokal maupun luar untuk mengisi waktu libur panjang.

Pengunjung Obyek Wisata Gua Putri di moment tahun baru 2023, pengunjungnya terdata berkisar 1.230 wisatawan terdiri dari orang tua, remaja, dan anak-anak.

Jumlah tersebut tedata, Minggu (1/1/2023) siang, pengunjung terus berdatangan termasuk dari luar Kabupaten OKU, seperti OKUT, OKUS, Muara Enim dan Kabupaten Way Kanan Lampung, dan Kota Palembang.

Suasana obyek wisata Gua Putri Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji 2
Suasana obyek wisata Gua Putri Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji Kabupaten OKU di momen tahun baru 2023.

Kadin Pariwisata dan Kebudayaan OKU Drs H Topan Indra Fauzi MPd melalui sekretaris Pariwisata dan Kebudayaan Feri Iswan AP MPA didampingi Pengelola Gua Putri Syarif Doman menjelaskan, pihaknya sudah mendata tercatat kendaraan roda empat sebanyak 126 unit, kendaraan roda dua sebanyak 260 unit.

Dikatakan pengelola gua untuk tiket masuk Rp 10 ribu per orang dan tiket untuk kendaraan baik roda dua maupun roda empat ditarik karcis parkir Rp 5000 per unit.

Tiket masuk ini mengalami penurunan dari sebelumnya masa pandemi covid-19 yang Rp 6000.

Penurunan harga tiket ini dilakukan menyesuaikan dengan kondisi ekonomi masyarakat saat ini.

“Kunjungan wisatawan tahun ini memang luar biasa ramai pasca pandemi covid-19,” jelas Pengelola Gua Putri.  

Sementara itu, penanggung jawab Pengamanan Obyek Wisata Gua Putri Ipda Eko Aris menjelaskan, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan yang berkunjung ke Gua Putri sudah dibentuk pos pengaman yang didukung oleh personil gabungan.

Terdiri dari personil Polri 5 orang, TNI 3 orang, Pol PP 4 orang dan dari Dinas Kesehatan 3 orang.

Penanggung jawab obyek wisata Gua Putri menghimbau agar pengunjung obyek wisata Goa Putri tetap berhati-hati karena batu di dalam gua juga licin karena habis hujan.

Wisatawan juga bisa memanfaatkan pos pengamanan apabila ada hal-hal yang dibutuhkan termasuk layanan kesehatan.

Disisi lain, wisatawan yang datang berkunjung ke Gua Putri mengaku puas dengan layanan pihak pengelola gua yang lebih ramah, sopan dan sangat membantu pengunjung yang sedang menikmati momen liburan tahun baru.

”Alhamdulillah pelayanan bagus, fasilitas juga bagus dan bersih,” kata Mulya salah seorang pengunjung.

Mulya berharap kedepan terus ditingkatkan sehingga Gua Putri menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Sementara itu,  Obyek wisata Gua Puteri semakin hari semakin menarik untuk dikunjungi, gua yang menyimpan kekayaan tinggalan budaya dan legenda ini bukan hanya menawarkan wisata alam yang menakjubkan.

Tapi juga wisata budaya, wisata sejarah, pusat studi  khususnya bagi wisatawan minat khusus.

Apalagi saat ini sudah lengkapi dengan Museum Rimau terbesar di Pulau Sumatera.

Saat ini memang pengunjung belum bisa menikmati atau menjelajahi Museum Purbakala ini karena belum diserahkan dari pusat.

Namun tahun depan museum ini segera diresmikan dan pengelolaan akan diserahkan ke daerah.  

Obyek wisata yang terletak di Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji (sekitar 35 KM dari Kota Baturaja) dapat ditempuh sekitar 30-40 menit dengan kendaraan roda dua atau roda empat melalui Jalinsum.

Kendaraan pengunjung bisa langsung  di parkir di obyek wisata (depan mulut gua). Gua Puteri mudah dijangkau, dari tepi jalan raya  pengunjung cukup berjalan kaki sejauh sekitar 800 M.

Sarana pendukung sekitar dan dalam gua yang sudah dibangun ada diantaranya, tempat istirahat (shelter), penerangan listrik dalam gua, kolam kecil alami tempat cuci muka atau mandi, mushola, MCK, dan warung makanan.

Satu lagi tiket masuk ke Gua Puteri hanya Rp 5000 per orang pengunjung sudah bisa menikmati panorama wisata alam sepuasnya. 
Sumber: Sriwijaya Post

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.