Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

12 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah agar Kulit Makin Mulus, Coba Maskeran dengan Clay Mask!

 





Baturaja Radio.com - Ada banyak wanita yang ingin tahu tentang cara mengecilkan pori-pori wajahSebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Moms untuk mengecilkan pori-pori di wajah.

Namun, perlu dipahami bahwa tidak ada cara yang mampu meratakan pori-pori wajah. Karena sebenarnya, pori-pori di kulit ini memiliki fungsi yang penting.

Fungsi pori-pori kulit wajah, lengan, kaki, atau di area tubuh lainnya, yaitu untuk memungkinkan keringat dan keluar melalui kulit.

Tugasnya untuk melembapkan kulit, menjaga kesehatan kulit, serta membuang racun. Namun, pori-pori wajah dapat menjadi bermasalah ketika ia menjadi membesar atau tersumbat.

Pori-pori wajah yang tersumbat karena kelenjar minyak dapat menjadi penyebab dari munculnya komedo hingga jerawat.

Lantas, sebenarnya bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, ya, Moms!

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah agar Terlihat Mulus

Ada beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami hingga cara mengecilkan pori-pori wajah dengan cepat dan permanen. Sebelumnya, Moms perlu tahu penyebab pori-pori wajah dapat membesar.

Pori-pori wajah adalah hal utama yang menjadi perhatian dalam urusan perawatan dan make up wajah. Ukuran pori-pori wajah bergantung dari berbagai faktor, salah satunya adalah faktor usia dan genetik. Semakin menua, urusan pori-pori menjadi masalah penting.

Melansir dari Total Beauty, menurut ahli dermatologi asal New York, Jeannette Graf, MD, memasuki usia 40 kemampuan pengelupasan kulit seseorang akan menurun, dan pori-pori akan terlihat membesar.

Produksi kolagen dan elastin juga mulai berkurang, itulah mengapa mulai muncul kerutan dan berpengaruh dengan tampilan pori-pori yang mulai mengendur.

Bagi Moms yang saat ini memiliki masalah pori-pori besar, tidak perlu berkecil hati. Berikut ini beberapa cara mengecilkan pori-pori di wajah, yaitu:

1. Rutin Membersihkan Wajah

Pori-pori yang tersumbat atau kulit yang berminyak dapat membuat pori-pori terlihat lebih besar. Dilansir dari American Academy of Dermatology, Moms wajib untuk membersihkan wajah 2 kali sehari.

Tujuannya untuk mengatasi pori-pori wajah yang tersumbat, mencegah pori-pori tersumbat, dan mengurangi sifat berminyak. Ketika semuanya sudah dapat teratasi, maka ini menjadi cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan praktis.

Ada pula beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Moms membersihkan wajah, yaitu:

  • Gunakan air hangat. Hindari mencuci muka dengan air panas, karena dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan pori-pori tampak lebih besar.
  • Basuh wajah dengan menggunakan handuk atau kain yang lembut. Hindari menggosok kulit terlalu kasar, karena dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan peradangan. Saat kulit meradang, pori-pori akan terlihat membesar.
  • Pilih face wash atau pembersih wajah yang lembut dan bersifat noncomedogenic. Tujuannya untuk mencegah pori-pori wajah tersumbat.

2. Pilih Produk Berbahan Dasar Air

Pemilihan skincare yang tepat juga bisa menjadi solusi untuk cara mengecilkan pori-pori wajah, lho!

Jika Moms tak ingin pori-pori terlihat besar, coba gunakan produk yang berbahan dasar air. Jadi, hindari produk-produk yang mengandung minyak, ya.

Apabila Moms memiliki kulit berminyak, sebaiknya pilih produk yang mengandung humektan tinggi daripada minyak.

Contoh produk yang mengandung humektan, yakni terdapat madu dan urea sebagai bahannya.

Sementara produk berbasis minyak, yang mengandung petrolatum, minyak kelapa, dan jenis minyak lainnya kurang disarankan.

Meski dapat melembapkan kulit, tetapi produk yang mengandung minyak ini mungkin tidak cocok untuk orang dengan kulit berminyak dan pori-pori besar.

Pasalnya, produk tersebut bisa merangsang produksi minyak berlebih sehingga terkumpul di kulit dan pada akhirnya menyebabkan pori-pori tampak lebih besar.

3. Manfaatkan Clay Mask

Cara mudah berikutnya yang bisa Moms terapkan agar pori-pori tampak mengecil, yakni menggunakan clay mask atau masker wajah yang mengandung tanah liat.

Moms bisa menggunakan clay mask 1-2 kali dalam seminggu. Masker ini akan membantu Moms dalam menghilangkan minyak tambahan dari pori-pori.

Pasalnya, tanah liat mampu menyerap sebum di kulit.

Dengan menghilangkan kandungan minyak berlebih tersebut, Moms pun dapat membantu mencegah pori-pori membesar dan membuatnya lebih tersamarkan.

Pastikan Moms tidak menggunakan clay mask bersamaan dengan eksfoliasi atau peeling, ya.

Hal ini karena perawatan berlebihan pada kulit dapat menyebabkan iritasi yang pada akhirnya bisa menyebabkan pori-pori tampak membesar.

4. Gunakan Retinol

Penggunaan produk skincare yang tepat juga jadi bagian dari cara mengecilkan pori-pori wajah. Faktanya, produk perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan kulit Moms akan mendatangkan banyak manfaat.

Jika Moms memiliki kulit yang berminyak, mudah berjerawat, dan terasa kurang kencang dari sebelumnya, maka pori-pori di wajah bisa terlihat lebih besar. Untuk itu, gunakan produk perawatan kulit dengan retinol yang akan membantu permasalahan kulit Moms.

Nah, untuk hasil terbaik, coba aplikasikan produk skincare mengandung retinol sebelum tidur. Namun, tetap berhati-hati dalam menggunakan skincare retinol, terutama apabila Moms memiliki kulit yang sensitif. Pilih produk skincare retinol yang cocok untuk pemula dan pemilik kulit sensitif, ya.

Selain mengecilkan pori-pori, sebuah studi di jurnal Clinical Interventions in Aging juga menyebutkan bahwa retinol merupakan bahan skincare yang cukup efektif untuk melawan tanda-tanda penuaan.

5. Gunakan Pelembap yang Tepat

Jika Moms tak ingin memiliki pori-pori besar, sebaiknya selalu pastikan kulit wajah lembap, ya. Oleh karena itu, Moms perlu menggunakan pelembap secara rutin. Bagi Moms yang memiliki wajah berminyak, menggunakan pelembap tetap dianjurkan.

Namun, pilihlah produk pelembap yang bebas minyak agar wajah tidak semakin berminyak. Untuk menggunakannya, Moms harus mencuci wajah terlebih dahulu dan menepuk-nepuk kulit hingga kering, lalu mengoleskan pelembap dengan lembut untuk membantu menghidrasi dan melembutkan kulit.

Cara ini dapat memungkinkan minyak dari kelenjar sebaceous untuk menembus lebih dalam ke dalam kulit sehingga tidak tinggal di pori-pori pada lapisan permukaan wajah yang bisa membuatnya tampak besar.

6. Cukup Minum Air Putih

Selain menggunakan pelembap, Moms juga perlu menjaga kelembapan kulit dari dalam dengan cara mengonsumsi air putih yang cukup. Secara khusus, air di dalam tubuh dapat melembapkan kulit secara internal, mengeluarkan racun dari pori-pori, sekaligus meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Oleh karena itu, Moms setidaknya mimun 8 gelas air atau cairan lain setiap harinya. Jika tidak memungkinkan, Moms bisa menambahkan lemon, mentimun, atau beri dalam air putih sebagai perasa.

7. Pentingnya Menggunakan Sunscreen

MOleh karena itu, memakai sunscreen secara rutin juga jadi cara mengecilkan pori-pori wajah yang tidak boleh dilewatkan.

Gunakan sunscreen yang broad-spectrum (melindungi kulit dari UVA dan UVB), dengan SPF minimal 30 atau lebih tinggi untuk mencegah kulit rusak akibat sinar matahari.

Untuk itu, jangan pernah lupakan untuk selalu menggunakan tabir surya dalam makeup rutin Moms sebelum beraktivitas di luar ruanganmasih bingung apa hubungan sunscreen dengan pori-pori wajah?

Dibandingkan seluruh produk skincare yang saat ini sedang Moms gunakan, rasanya akan percuma apabila tidak menggunakan sunscreen di pagi hari! Mengapa demikian? Semakin sering Moms terpapar sinar matahari, maka lama-kelamaan akan merusak kulit. Akhirnya, kulit wajah akan mengendur dan berkurang kekencangannya. Pada saat itulah, pori-pori wajah akan terlihat besar.

Kandungan kolagen akan membuat kulit menjadi lembut dan berkilau, sementara sinar matahari adalah musuh utama dari kolagen! Paparan sinar matahari dapat membuat pori-pori wajah membesar.

8. Lakukan Exfoliasi atau Peeling

Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan cepat bisa dilakukan dengan eksfoliasi kulit. Tindakan yang disebut peeling ini artinya melakukan pengelupasan kulit mati di wajah.

Membuang sel kulit mati dengan metode pengelupasan akan membuat permukaan wajah menjadi lebih halus dan pori-pori wajah terlihat semakin kecil.

Metode pengelupasan kulit ini akan membantu mengangkat kulit mati, minyak dan kotoran yang ada pada kulit.

Peeling kulit biasanya hanya bisa dilakukan 3 bulan sekali bila kondisi kulit Moms normal.

Nah, peeling sebaiknya dilakukan oleh dokter yang memang berkompeten di bidangnya, ya.

9. Perawatan Facial


Cara mengecilkan pori-pori wajah satu ini bisa dilakukan dengan cepat, apabila Moms ingin hasil yang instan.

Untuk membuat pori-pori wajah mengecil adalah dengan mengeluarkan kotoran yang menyumbat di dalam pori.

Cara terbaik untuk mengeluarkan kotoran tersebut adalah mengeluarkan secara manual.

Lakukan facial dengan dokter atau tenaga ahli kulit yang sudah terpercaya. Namun, tetap berhati-hati saat melakukan facial, ya, Moms.

Tindakan ini mengeluarkan kotoran dari dalam pori-pori juga harus dilakukan dengan sangat hati-hati ini disebabkan dari sifatnya pori-pori yang sensitif.

Nah, adapun beberapa tahapan facial yang bisa Moms pahami, yaitu:

  • Pembersihan kulit secara menyeluruh.
  • Analisis keadaan kulit oleh terapis.
  • Pengelupasan kulit, ekstraksi komedo, pori-pori tersebut dan jerawat jika diperlukan.
  • Melakukan pemijatan wajah.
  • Memakai masker untuk perawatan.
  • Mengaplikasikan serum, pelembap, dan sunscreen.
  • Terkadang akan dilakukan pemijatan pada tangan dan lengan, agar kulit menjadi lebih sehat dan rileks.

Facial sebaiknya dilakukan sesuai dengan permasalahan kulit masing-masing agar manfaatnya akan lebih terasa.

10. Coba Terapi Sinar Laser

Cara mengecilkan pori-pori wajah juga bisa dilakukan dengan terapi sinar laser. Nah, tindakan ini mampu menjadi cara mengecilkan pori-pori wajah secara permanen.

Ada beberapa orang yang lebih menyukai perawatan dengan menggunakan sinar laser, karena sifatnya yang cepat dalam mengecilkan pori-pori.

Menurut ahli kecantikan Hollywood, Renee Rouleau, ada dua tipe sinar laser yang bisa dipilih.

Pertama adalah Fraxel dan kedua adalah Laser Genesis.

Fraxel akan membuat kulit halus dan menstimulasi pertumbuhan kolagen dari dalam kulit secara cepat.

Sementara Laser Genesis juga berfungsi sama, namun dengan cara yang lebih lembut dan nyaman di kulit, namun karena sifatnya yang lebih lembut maka perawatannya harus diulang lebih sering.

Meskipun terapi sinar laser ini efektif, ada baiknya Moms melakukan konsultasi dengan dokter dulu.

Selain itu, biasanya terapi sinar laser akan mengeluarkan biaya yang banyak, sehingga hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi Moms, ya.

11. Samarkan dengan Makeup

Nah, satu ini merupakan cara mengecilkan pori-pori wajah yang paling instan!

Jika Moms sedang kesulitan dengan perawatan wajah, maka menggunakan make up adalah hal cepat yang bisa dilakukan.

Moms bisa menggunakan primer atau mattifier untuk menyamarkan garis dan bentuk pori-pori.

Beberapa produk kecantikan juga sudah mengeluarkan variannya yang berfungsi tak hanya menyamarkan pori, namun juga menyerap minyak berlebih.

Setelah pori-pori wajah mengecil, perawatan mudah dan yang harus selalu dilakukan setiap hari adalah membersihkan wajah.

Tindakan ini untuk menjaga pori-pori selalu bersih dan ukurannya tidak kembali membesar.

Jangan sampai Moms tertidur dalam keadaan mengenakan riasan wajah.

Pasalnya, kosmetik dapat bercampur dengan kotoran, minyak, dan bakteri yang tersisa sehingga menyumbat pori-pori, serta membuatnya terlihat lebih besar.

Selelah apapun kondisinya, Moms tetap harus menghapus make up sebelum tidur malam hari.

Hindari juga kebiasaan sering memencet komedo, atau melakukan scrubing wajah dengan kasar dan terburu-buru, karena kebiasaan ini hanya akan membuat pori-pori terlihat membesar.

12. Dengan Cara Alami Menggunakan Es Batu

Teknik mengecilkan pori-pori dengan menggunakan es batu memang telah lama dipercaya oleh sebagian masyarakat.

Manfaat es batu dalam mengecilkan pori telah dibuktikan dalam penelitian di International Journal of Recent Scientific Research.

Tidak hanya untuk mengecilkan pori, penggunaan es batu juga dapat menenangkan kulit serta mengencangkan.

Itulah cara mengecilkan pori-pori wajah yang bisa dilakukan agar kulit terlihat halus dan semakin cantik. Jadi, jangan takut lagi dengan masalah pori-pori wajah, ya, Moms!


https://www.orami.co.id/magazine/cara-mengecilkan-pori-pori-wajah

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.