Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Ini 6 Penyebab Kulit Wajah Kering dan Gatal

 








Baturajaradio.com --
Kulit kering merupakan masalah umum pada wajah yang sering dialami oleh banyak orang Kulit wajah kering merupakan kondisi dimana kulit tidak memiliki kelembapan yang cukup untuk membuat kulit wajah tetap lembut. Orang yang memiliki kulit wajah kering biasanya memproduksi sebum (minyak alami kulit) yang lebih sedikit dibandingkan orang dengan tipe kulit lainnya seperti tipe kulit wajah normal, kombinasi, ataupun berminyak.


Kurangnya produksi sebum pada kulit wajah lama-kelamaan akan terlihat dan menimbulkan kompleksi wajah yang tidak merata, kusam, bahkan gatal. Kondisi kulit wajah kering dan gatal tentunya sangat mengganggu kenyamanan dan juga penampilan. Penggunaan makeup pun jadi tidak maksimal karena kondisi wajah seperti ini. 

Untuk mengatasi masalah kulit wajah kering dan gatal, tentunya perlu mengetahui hal-hal yang menyebabkan kondisi tersebut. Ternyata, penyebab kulit kering dan gatal sangat beragam lho. Merangkum dari berbagai sumber, berikut penyebab kulit wajah kering dan gatal yang harus diketahui.

1. Penggunaan Produk Skincare Berbahan Keras

Produk skincare yang mengandung bahan aktif keras seringkali menjadi akar penyebab kulit wajah kering yang berakhir pada kondisi kulit wajah gatal. Hal ini terutama berlaku bagi produk skincare berbasis alkohol, seperti toner atau astringen agresif, yang dapat menghilangkan minyak alami kulit wajah dan menyebabkan peningkatan dehidrasi atau iritasi. Selain produk skincare, produk sabun cuci muka yang mengandung alkohol juga dapat menjadi penyebab kondisi kulit wajah kering dan gatal.

Mengutip dari cerave.com, orang yang memiliki tipe kulit kering direkomendasikan untuk menggunakan produk wajah yang non-comedogenicgentle, dan fragrance-free. Selain itu, berkonsultasi dengan dermatolog untuk mendapatkan panduan pribadi juga dapat membantu mengurangi kondisi kulit wajah kering dan gatal.

2. Usia

Usia bisa menjadi salah satu faktor penyebab kulit wajah kering dan gatal. Mengutip dari my.clevelandclinic.org, seiring bertambahnya usia, kelenjar minyak yang menghasilkan sebum untuk kelembapan kulit wajah pun mengering. Hal ini menyebabkan lemak dan kolagen penentu elastisitas kulit wajah juga ikut mengering dan berujung pada penipisan kulit. Kondisi satu ini wajar karena merupakan proses alami penuaan dari tubuh.

3. Cuaca dan Faktor Eksternal Lain

Selain faktor internal dari dalam tubuh, faktor eksternal juga dapat menjadi penyebab keringnya kulit wajah, terutama jika kondisi wajah kering dan gatal dialami secara musiman. Suhu dari lingkungan sekitar dapat mempengaruhi kelembapan kulit. Cuaca atau iklim yang kurang lembap seperti musim panas dan dingin yang biasanya terdapat angin kencang dapat membuat kondisi kulit wajah kering dan gatal meningkat. Kurangnya kelembapan di udara dapat memberi pengaruh besar pada tampilan kulit wajah maupun area kulit lainnya.

Selain cuaca, kulit wajah kering dan gatal juga dapat disebabkan oleh faktor eksternal lainnya, seperti mandi dengan air panas terlalu sering. Kebiasaan mandi dengan air panas dapat meluruhkan minyak alami wajah. Mengutip dari my.clevelandclinic.org, American Academy of Dermatology merekomendasikan untuk membatasi waktu mandi dengan air panas dengan durasi tidak lebih dari 5 hingga 10 menit.

 

4. Kondisi Kesehatan dan Genetik

Orang yang lahir dan membawa gen yang dapat membuat kulit lebih rentan dan sensitif lebih berisiko untuk mengalami kondisi kulit wajah kering dan gatal. Selain itu, kondisi kesehatan tubuh juga dapat menjadi penyebab kulit wajah kering dan gatal karena menimbulkan gejala yang berkaitan. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kulit wajah kering dan gatal antara lain adalah alergi, eksim, diabetes, dan penyakit ginjal.

5. Konsumsi Obat Tertentu

Mengutip dari cerave.com, ada kemungkinan bahwa obat-obatan tertentu dapat berkontribusi menjadi penyebab kondisi kulit wajah kering dan gatal. Jika merasa mengalami gejala kulit kering setelah mengonsumsi obat-obatan tertentu, ada baiknya segera konsultasi dengan dokter untuk pilihan perawatan terbaik yang dipersonalisasi.

6. Profesi atau Pekerjaan

Beberapa profesi atau pekerjaan dapat menjadi penyebab kondisi kulit kering dan gatal, terutama pekerjaan yang dilakukan di luar ruangan. Jika sering melakukan kegiatan di luar ruangan, sangat disarankan untuk sering mencuci tangan dan memperhatikan kelembapan kulit wajah agar terhindar dari kondisi kulit kering dan gatal.

Sumber Artikel:: https://www.fimela.com/beauty/read/5116611/ini-6-penyebab-kulit-wajah-kering-dan-gatal

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.