Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Dinas Kesehatan OKU Selatan Bersama TNI dan Polri Sidak Apotek dan Toko Obat di Muaradua



Baturajaradio.com -- Terkait kasus gagal ginjal akut pada anak akibat obat sirup mengandung etilen glikol, Dinas Kesehatan OKU Selatan sidak ke sejumlah apotek dan toko obat di Muaradua, Selasa (25/10/2022).

Sidak dilakukan bersama TNI Polri tersebut sebagai pengendalian terhadap fasilitas kesehatan, sekaligus melakukan imbauan pada pengelola apotek

Kabid SDK pada Dinas Kesehatan OKU Selatan, Meiliasari mengatakan, pihaknya tak ingin kecolongan dengan mengambil langkah antisipasi.


"Dengan adanya kasus acute kidney injury (AKI) atau gangguan ginjal akut misterius, kami melakukan pembinaan, pengawasan dan pengendalian kepada faskes, apotek, dan toko obat," kata Meiliasari.


Dalam sidak tersebut, Dinas Kesehatan juga melakukan sosialisasi dan edukasi pada pengelola fasilitas kesehatan, apotek.


Pihaknya melarang toko obat menjual lima obat sirup yang mengandung etilen glikol melebihi ambang batas aman.


Pengawasan dilakukan Dinas Kesehatan melibatkan TNI dan Polri ini sesuai edaran BPOM yang menemukan obat sirup mengandung etilen glikol melebihi ambang batas aman sementara ditarik.


"Untuk sementara waktu, obat sirup yang etilen glikolnya melebihi ambang batas itu diduga sebagai penyebab gangguan ginjal akut misterius pada anak di apotek yang menjual ditarik," pungkasnya.



Sumber Artikel :: https://palembang.tribunnews.com/2022/10/25/dinas-kesehatan-oku-selatan-bersama-tni-dan-polri-sidak-apotek-dan-toko-obat-di-muaradua.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.