143 Atlet Disabilitas Ikuti Pekan Paralympic Pelajar Sumsel


Baturajaradio.com
- National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Sumatera Selatan (Sumsel) perdana selenggarakan Pekan Paralympic Pelajar Provinsi Sumsel ( PEPARPEROV) dengan lima cabang olahraga yang diikuti oleh 143 peserta dari 15 kabupaten/kota se-Sumsel yang bertempat di GOR Dempo Komplek Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Senin (26/9/2022).

Diketahui, kegiatan ini dimaksudkan untuk para pelajar atlet berkebutuhan khusus atau disabilitas dapat berkompetisi dalam cabang olahraga tertentu.

Ketua NPCI Sumsel, Ryan Yohwari menuturkan pertama kalinya dilakukan pekan paralympic pelajar yang berlangsung selama tiga hari. Hal ini menjadi motivasi lantaran tahun depan Sumsel menjadi tuan rumah pada pekan olahraga pelajar nasional maka atlet aktif dijaring dari sekarang.

“Regulasinya jelas bahwa di tingkat olahraga ada jenjang dimana tahun depan ada paralympic nasional sehingga harus melaksanakan paralympic di daerah. Walaupun secara nasional, belum pernah menyelenggarakan dan kami berinisiatif untuk menyelenggarakan,” ungkap Ryan.

Ryan menerangkan, lima cabang olahraga pada pekan paralympic pelajar yakni olahraga badminton, atletik, catur, renang dan tenis meja yang diikuti oleh 143 peserta se-Sumsel kecuali kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) dan Muratara.

Pihaknya menginstruksikan pada setiap kabupaten/kota yang telah terbentuk  untuk merekrut dan melakukan sosialisasi terkait olahraga atlet berkebutuhan khusus atau disabilitas ke tingkat desa maupun pelosok desa, membangun sistem untuk kabupaten/kota agar eksis dengan merekrut atlet sebanyak mungkin.

“Dan memberikan support serta contoh atelet yang sudah berhasil. Kami pun dari provinsi terjun langsung ke daerah untuk mencari atlet tersebut,” tukasnya. (laras)

(https://detiksumsel.com/143-atlet-disabilitas-ikuti-pekan-paralympic-pelajar-sumsel/2/)
 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.