Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Antisipasi Penyakit PMK, Pemkab OKU Timur Bentuk Satgas Hingga Vaksinasi Hewan


Baturajaradio.com
- Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) dalam waktu dekat akan bentuk satgas hingga vaksinasi pengendalian dan penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

Wakil Bupati OKUT M Adi Nugraha Purna Yudha menyampaikan bentuk satgas hingga vaksinasi ini penting dilakukan karena sudah mendekati lebaran idul adha dan demi menjaga kesehatan hewan dan populasinya.

"Ini penting minimal memberikan rasa nyaman agar hewan ternaknya tidak tidak tertular, untuk itu diharapkan agar semua pihak menjalankan tugasnya setelah terbentuknya satgas sampai vaksinasi," ujarnya dalam rapat pembentukan satgas PMK di Aula Bina Praja II Pemkab OKU Timur, Rabu (29/6/2022).

Sementara itu, Plh Kadiskanak OKU Timur Sutrisno mengatakan, setalah rapat ini diharapkan terbentuknya call center di tingkat kabupaten dan kecamatan untuk update informasi situasi penyakit mulut dan kuku (PMK).

Terbentuknya satgas ini, lanjut dia, demi meningkatkan pengawasan penjualan dan pemotongan hewan di tempat.

"Alhamdulillah Kabupaten OKU Timur masih zero kasus dan ini akan kita pertahankan dengan cara melakukan pencegahan disegala sektor meskipun selama ini sudah dilakukan oleh para dokter hewan dan petugas di lapangan terutama di kepala UPTD," Jelasnya.

Selanjutnya, pihaknya sudah mengadakan edukasi pembersihan terhadap lantai sapi kemudian ke para peternak, juga mengadakan penyemprotan dan pemberian vitamin.

"Kedepan kami akan melaksanakan vaksinasi penyakit mulut dan kuku sebanyak 2.000 dosis, difokuskan di setiap kecamatan yang merupakan penyangga populasi hewan di Kabupaten OKU Timur," tutupnya.

(https://sumsel.tribunnews.com/2022/06/29/antisipasi-penyakit-pmk-pemkab-oku-timur-bentuk-satgas-hingga-vaksinasi-hewan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.