Minta Bayaran Mahal ke Pasien, Kedok Dokter Gadungan di Sumsel Terbongkar, Pelaku Warga Pendatang

 


Baturajaradio.com - YTP (25) dokter gadungan di Desa Sridadi, Kecamatan Buay Madang, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan (Sumsel) ditangkap polisi. YTP membuka praktek di sebuah rumah di desa tersebut.

Pasca peristiwa itu terbongkar, kondisi rumah yang dijadikan dokter gadungan praktek nampak sepi. Pelaku sebenarnya bukan warga asli Desa Sridadi, melainkan hanya pendatang yang menumpang.

Kepala Desa Sridadi Dedi Kurniawan mengungkapkan, YTP itu saat pertama kali tinggal di desa ini izinya bukan dengan dirinya namun pada masa Kades sebelumnya.

"Kemudian setelah Pilkades ada warga yang melaporkan dan RT setempat bahwa ada warga yang berobat namun diminta biaya berobat yang mahal," kata Dedi, Rabu (18/5/2022).

Berawal dari situ munculnya kecurigaan Dedi kepada dokter gadungan tersebut. Selanjutnya Dedi memanggil YTP untuk menemuinya dan menunjukan berkas-berkas.

"Saat melapor pada saya, beliau membawa potokopi KTP yang tertulis pekerjaan sebagai dokter, lalu saya koordinaai dengan kepala Puskesmas setempat dan juga melapor ke Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Dia tidak terdaftar di IDI," bebernya.

Setelah itu, Dedi bersama Ketua IDI OKU Timur dan juga pihak kepolisian mendatangi tempat praktek YTP yang tidak lain merupakan rumah Joko.

"Kami cek di rumah ini ada dua foto dia yang sedang menggunakan pakaian dokter, kemudian YTP dibawa ke Polres," ucapnya. Pasca kejadian tersebut, kediaman Joko tampak sepi.

"Kami juga belum mengetahui posisinya di mana, kemungkinan ada tekanan ada rasa takut ngeri dimintai keterangan lebih lanjut," bebernya.

YTP merupakan saudara jauh dari Joko, hal itulah yang membuat Joko mengizinkan dirinya untuk menginap. "Dari cerita Joko, kedua orang tua dari YTP sudah meninggal dunia jadi dia kasihan. Dari informasi yang saya peroleh untuk YTP ini memang tidak kuliah di jurusan kedokteran," jelasnya.

Sedangkan Joko, sehari-hari tinggal bersama dengan istri dan anaknya. "Kalau mas Joko itu pekerjaanya buka bengkel di depan rumahnya," tutupnya.

(Dikutip dari : https://palembang.tribunnews.com/2022/05/18/minta-bayaran-mahal-ke-pasien-kedok-dokter-gadungan-di-sumsel-terbongkar-pelaku-warga-pendatang?page=1)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.