Kue hunkwe nangka.




Baturaja Radio.Com - Tampaknya ada yang kurang kalau kamu sedang belanja di pasar tapi nggak beli jajanan. Sederet jajanan khas pasar terdiri dari beragam jenis, lho. Mulai dari kue basah, kue kering, gorengan, dan masih banyak lagi lainnya.

Jajanan pasar masih populer hingga sekarang lantaran lezat dan harganya murah meriah. Selain di pasar, jajanan juga kerap dijual oleh pedagang keliling di tempat-tempat tertentu. Saking enak dan murahnya harga jajanan pasar ini, banyak orang jadi kalap lantas memborong jajanan pasar.

Tapi kini kamu nggak perlu harus ke pasar buat beli jajan, lho. Kamu bisa bikin sendiri di rumah menyesuaikan selera. Nggak perlu bingung bagaimana cara membuatnya, ikuti resepnya di bawah ini saja.

 Bahan lapis putih:

- 60 gr tepung hunkwe
- 600 ml santan kekentalan sedang
- 120 gr gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 10 buah nangka, potong dadu kecil

Bahan lapis hijau:
- 30 gr tepung hunkwe
- 300 ml air
- 60 gr gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 3 tetes pasta pandan

Cara membuat:
1. Lapis putih: larutkan tepung hunkwe dengan bahan lainnya, kecuali nangka. Rebus dengan api kecil, sambil diaduk terus hingga mendidih dan meletup-letup. Masukkan nangka, aduk rata. Lalu tuang ke dalam cetakan yang sudah dibasahin air (supaya tidak lengket). Tuang adonan setinggi 3/4 cetakan.
2. Lapis hijau: larutkan hunkwe dengan bahan lainnya. Rebus dengan api kecil, sambil diaduk terus hingga mendidih dan meletup-letup. Tuang di atas lapisan putih, hingga cetakan penuh.
3. Dinginkan, lepaskan dari cetakan, kemudian sajikan.(briliofood.net)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.