Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Desa Wisata Destinasi Favorit Libur Lebaran, Ini Pesan Sandiaga


Baturajaradio.com -
Destinasi desa wisata kian diminati oleh wisatawan. Kunjungannya pun meningkat sepanjang libur lebaran.


Menparekraf Sandiaga Uno ditugaskan oleh Menko PMK Muhadjir Effendy untuk terlibat dalam pengaturan manajemen mudik. Maka, dibuatlah satu pola perjalanan yang menjadi pilihan destinasi wisata oleh para pemudik.

"Ternyata masyarakat pemudik ini menjatuhkan pilihan kepada desa-desa wisata yang ada dalam jalur sekitar mudik," kata Sandiaga, Selasa (17/5/2022) dalam Weekly Press Briefing.

Berdasarkan laporan dari pola desa wisata dan informasi media, Sandiaga mengungkapkan ada berbagai peningkatan kunjungan wisatawan ke desa wisata yang ada di berbagai daerah, di antaranya:

1. Okupansi homestay di desa wisata di sekitar Borobudur naik menjadi 100%
2. Meningkatnya jumlah wisatawan sebanyak 5.000 orang ke Desa Wisata Tegalmulyo, Kabupaten Klaten
3. Jumlah wisatawan sebanyak 400 di Desa Wisata Kerapu, Kabupaten Situbondo
4. Jumlah wisatawan naik 700 orang di Desa Wisata Kalibiru, Kabupaten Kulonprogo
5. Meningkatnya penjualan paket wisata dengan jumlah wisatawan sebanyak 1357 orang di Desa Wisata Pentingsari, Kabupaten Sleman
6. Sebanyak 1.700 orang berkunjung ke Desa Wisata Cikakak, Kabupaten Banyumas.
7. Jumlah wisatawan 6.320 ke Desa Wisata Pentagen, Kabupaten Kerinci.

Selain itu, telah ditunggu pula laporan dari Desa Wisata Sangiran dari Kabupaten Sragen dan Desa Wisata Sumberwuluh dari Kabupaten Karanganyar.

"Melihat potensi tersebut kami dengan bangganya mempromosikan 50 besar ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) 2021 melalui sosial media, kanal YouTube dan beberapa media televisi nasional dalam penayangan program-program jalan-jalan nang desa wisata," kata Sandiaga.

Sandiaga pun mengingatkan kepada Bupati dan para pengelola desa wisata untuk tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. Dari sertifikasi CHSE hingga pengelolaan sampah, sebab jika banyak pengunjung produksi sampah akan banyak dan harus dikelola dengan baik.

"Pertama sertifikasi CHSE diusahakan, sertifikasi desa wisata berkelanjutan diupayakan, anugerah desa wisata Indonesia dimenangkan dan implementasi program pendampingan pengolahan sampah," kata Sandiaga.

Sumber artikel::  https://travel.detik.com/travel-news/d-6081875/desa-wisata-destinasi-favorit-libur-lebaran-ini-pesan-sandiaga.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.