Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Cara Menanam Bawang Merah Agar Cepat Tumbuh dan Panen Banyak

 




Baturaja Radio.Com - Selama pandemi berlangsung, banyak orang menghabiskan waktu dengan berkebun di rumah. Apa Bunda salah satunya?

Menanam berbagai jenis sayuran termasuk bawang merah menjadi kegiatan rumahan yang bisa mengusir kebosanan. Selain itu, menanam bawang merah sendiri tentu membuat Bunda lebih hemat.

Apa Bunda pernah mencoba menanam bawang merah, tapi sering gagal? Mungkin cara menanam bawang merah yang diberikan 

Berikut cara menanam bawang merah agar cepat tumbuh. Tidak hanya itu, dari satu bawang merah bisa tumbuh menjadi banyak lho, Bunda.

1. Siapkan Bawang Merah

Sebelum menanam bawang merah, tentu Bunda perlu menyiapkan bawangnya terlebih dahulu. Ambil beberapa bawang merah yang masih kering lalu kupas dan bersihkan. 

2. Potong Bawang Merah

Cara menanam bawang merah selanjutnya dengan memotongnya. Potong bawang merah menjadi dua bagian. Kunci agar bawang merah cepat tumbuh tunas dengan memotong bawang merah.

3. Ambil Gelas Plastik

Wadah yang digunakan kali ini untuk menanam bawang merah menggunakan botol plastik. Tidak lupa bolongi terlebih dahulu bagian bawah gelas plastik sebelum menanam bawang merah. 

4. Siapkan Media Tanam Cocopeat

Media tanam bawang merah kali ini menggunakan cocopeat atau sabut kelapa. Isi gelas plastik dengan cocopeat sampai tiga per empatnya. Kemudian lembapkan media tanam. 

5. Masukkan Bawang Merah

Ambil bawang merah yang sudah dipotong kemudian letakkan ke dalam tengah gelas yang sudah berisi cocopeat. Cara menanam bawang merahnya dengan memastikan bagian yang terpotong berada di sisi atas. Tekan sedikit ke arah dalam. 

6. Siram Air 

Setelah memasukkan bawang merah, siram cocopeat menggunakan sedikit air. Namun jangan sampai terkena bawang merahnya ya, Bunda. Cocopeat mudah kering sehingga perlu dijaga kelembapannya setiap hari. Hindari pula air hujan.

7. Pindahkan ke Wadah Lebih Besar

Setelah bawang merah tumbuh tunas dan daun, pindahkan media tanam ke dalam wadah yang lebih besar. Coba memakai polybag jika tidak ada wadah yang lebih besar agar bawang merah bisa cepat tumbuh dan menjadi banyak.

Kuburkan bawang yang telah bertunas, jangan lupa sisakan sebagian umbinya di atas permukaan tanah. Bunda bisa menanam sebanyak tiga bawang merah sekaligus. Pastikan jarak tanam bawang merah sebaiknya 15 cm antar-polybag satu dengan lainnya.

Pastikan tanaman mendapatkan cahaya matahari yang cukup agar akarnya tidak membusuk. Taburi pupuk NPK hingga usia tanaman mencapai enam minggu. Usia panen bawang merah yang paling singkat adalah 100 hari atau ditandai dengan daun bawang yang mulai menguning.

Jadi, cara menanam bawang merah manakah yang akan Bunda lakukan di rumah? Semoga berhasil. (bunda.Com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.