11 Manfaat Minum Air Putih Hangat saat Buka Puasa

 


Baturaja Radio.Com - Setiap hari manusia perlu mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh dengan berbagai hal. Satu di antaranya dengan meminum air putih.

Kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Anak usia 4-8 tahun, mereka membutuhkan asupan air 1.700 ml per hari. Sedangkan orang dewasa membutuhkan 2300 ml per hari atau 2 liter per harinya. 

Air adalah nutrisi penting. Semua organ dan jaringan dalam tubuh bergantung padanya agar tetap berfungsi. Sekitar 60 persen dari tubuh manusia terdiri dari air.

Saat menjalani puasa, tubuh tentu akan kehilangan cairan secara teratur. Kondisi tersebut membuat Anda perlu menggantinya agar tidak mengalami dehidrasi.

Tidak jarang banyak orang yang langsung meminum air putih dingin. Selain itu, minuman manis dan dingin juga dianggap bisa dengan cepat menghilangkan dahaga.

Namun, ada juga mereka yang meminum air putih hangat di saat buka puasa. Meminum air putih hangat dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk tubuh kita.

1. Sehatkan Pencernaan

Minum air hangat bisa menenangkan dan mengaktifkan saluran pencernaan. Air adalah pelumas yang membuat pencernaan terus berjalan.

Saat air mengalir melalui perut dan usus, organ pencernaan terhidrasi lebih baik dan mampu menghilangkan limbah secara efektif.

2. Menenangkan Sistem Saraf Pusat

Minum air hangat atau air panas dapat menenangkan sistem saraf pusat dan melumasi tubuh. Sistem saraf yang tidak terhidrasi dengan baik akan mudah meradangan dan menimbulkan nyeri.

Dehidrasi juga dapat menyebabkan migrain dan sakit kepala. Minum air hangat saat berbuka dapat mengatasi masalah ini dengan cepat.

3. Cegah Sembelit

Minum segelas air saat perut kosong dapat membantu menghilangkan akumulasi limbah dan memungkinkan penyerapan nutrisi lebih cepat. Minum air hangat bisa membantu usus berkontraksi.

Hal ini bisa membuat limbah dalam pencernaan bergerak keluar dengan cepat, sehingga mengatasi sembelit.

4. Hidrasi Tubuh

Air putih, baik dingin maupun hangat bisa membantu tubuh untuk tetap terhidrasi. Minum air hangat saat berbuka puasa bisa membantu mencegah dehidrasi setelah menahan haus seharian.

Air diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Membiasakan minum air secara teratur dalam keadaan perut kosong dapat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh untuk mencegah infeksi.

5. Bantu Penurunan Berat Badan

Minum air hangat membangunkan sistem kontrol suhu tubuh. Saat tubuh mengompensasi suhu hangat air, ia menurunkan suhu internal, dan mengaktifkan metabolisme.

Air putih membantu tubuh menyerap nutrisi dan membuang limbah. Minum air putih juga dapat meningkatkan perasaan kenyang dan mencegah makan terlalu banyak.

Efek ini dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah kenaikan berat badan saat puasa.

6. Tingkatkan Sirkulasi Tubuh

Air panas atau hangat adalah vasodilator, yang dapat memperluas pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi. Ini dapat membantu otot rileks dan mengurangi rasa sakit.

Aliran darah yang sehat memengaruhi segalanya, mulai dari tekanan darah hingga risiko penyakit kardiovaskular.

7. Membantu mencerahkan kulit.

Saat berpuasa, kulit cenderung bisa berubah kusam dan kering. Hal itu disebabkan karena tubuh mengalami dehidrasi.

Dengan mengonsumsi air putih hangat, kulit akan lebih cerah karena tubuh tidak mengalami kekurangan cairan.

8. Turunkan stres

Minum air hangat disebut bisa membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, ia dapat menenangkan tubuh.

Minum air hangat saat berbuka dapat membuat tubuh lebih rileks dan mengurangi tingkat stres. Secangkir air hangat yang menenangkan dapat membantu mengelola stres dan kecemasan.

9. Kurangi Racun dalam Tubuh

Air hangat juga bisa berperan sebagai detoksifikasi tubuh. Ketika air cukup panas untuk menaikkan suhu tubuh seseorang, ia bisa menyebabkan keringat.

Berkeringat mengeluarkan racun dan dapat membantu membersihkan pori-pori. Racun tubuh juga bisa keluar melalui urin. Semakin banyak minum air, semakin banyak pula urin yang dikeluarkan untuk mendetoksifikasi tubuh.

10. Bantu Kembalikan Energi

Jika merasa letih dan lemah setelah berpuasa, minum air hangat sangat berbuka bisa mengembalikan kembali energi.

Minum air putih saat perut kosong bisa membuat tubuh langsung aktif. Ini merangsang sel darah merah untuk tumbuh lebih cepat yang menghasilkan lebih banyak oksigen dan energi.

11. Percepat Metabolisme Tubuh

Minum air putih hangat dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme hingga hampir 25 persen. Mempercepat metabolisme membantu pencernaan makanan lebih cepat dan membantu menurunkan berat badan dalam jangka panjang.

Kehangatan air panas juga menciptakan uap. Mengambil napas dalam-dalam dari uap lembut ini sambil memegang secangkir air panas dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat dan bahkan meringankan sakit kepala sinus.(Bola.Com)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.