Demo Mahasiswa di Jakpus Besok, Polisi Minta Massa Tertib dan Ikut Aturan


Baturajaradio.com --
Sejumlah elemen mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) di Patung Kuda dan gedung DPR, Jakarta Pusat. Pihak kepolisian mengaku siap mengamankan demonstrasi tersebut.

"Polda Metro Jaya siap mengamankan demo besok," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan saat dihubungi, Rabu (20/4/2022).

Zulpan belum memerinci soal jumlah petugas yang akan diturunkan dalam mengamankan aksi Kamis (21/4) besok. Namun, dia memastikan pihaknya akan mengedepankan sikap humanisme.


"Kita akan bersikap humanis dalam memberikan pelayanan kepada para peserta aksi demo yang akan menyampaikan pendapatnya," jelas Zulpan.


Selain itu, Zulpan juga meminta kepada peserta aksi untuk bersikap kooperatif. Dia berharap para demonstran tertib selama menyampaikan pendapat di muka umum.

"Kita berharap para peserta aksi bisa tertib dan mengikuti ketentuan sesuai UU Nomor 9/98 dalam menyampaikan pendapatnya. Apalagi saat ini kita berada di dalam bulan Ramadan mari kita jaga bulan yang penuh kesucian ini dengan sikap yang penuh akan kebaikan antarsesama," tutur Zulpan.

3 Kawasan di Jakpus Ditutup Besok Pagi
Polda Metro Jaya melakukan rekayasa lalu lintas menjelang dan pada saat demo Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) yang digelar besok. Sebanyak 200 personel akan diterjunkan untuk mengatur lalu lintas di sekitar lokasi demo mahasiswa.

"Sekitar 200 personel," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Stasiun Pasar Senen, Rabu (20/4/2022).

Sambodo mengatakan sejumlah ruas jalan akan ditutup. Antara lain, di depan Gedung Sapta Pesona, Harmoni, Gambir, yang mengarah ke Istana Negara serta di depan gedung DPR RI.

"Akan ada beberapa rekayasa lalu lintas yang akan kami lakukan sejak pagi, mungkin sekitar pukul 09.00 WIB, pukul 10.00 WIB," katanya.

AMI diketahui akan berunjuk rasa pada Kamis (21/4). Mereka mengusung tuntutan penolakan penundaan pemilu-perpanjangan masa jabatan hingga masalah ekonomi.

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) adalah salah satu elemen dari AMI. Ketua BEM UI Bayu Satria Utomo menjelaskan mereka tengah mematangkan rencana.

Tuntutan demonstrasi adalah menolak penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden. Meski Presiden Jokowi sudah memastikan Pemilu 2024 bakal digelar sesuai rencana awal tanpa penundaan, BEM UI menilai tahapan pemilu tetap perlu dikawal agar benar-benar tidak ditunda.

Sumber artikel :: selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6042814/demo-mahasiswa-di-jakpus-besok-polisi-minta-massa-tertib-dan-ikut-aturan.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.