Dua Gempa Terjadi di Jabar

Baturajaradio.com - Guncangan gempa dirasakan warga di wilayah Jawa Barat (Jabar), Jumat (18/2) dini hari. Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi di dua titik berbeda.

"Gempa pertama terjadi di wilayah Garut dengan magnitude (M) 2,7 pukul 01.30 WIB. Pusat gempa berada pada 30 kilometer (km) barat daya Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, dengan kedalaman 2 kilometer (km)," ujar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Jumat (18/2/2022).

Sementara gempa kedua, dia melanjutkan, terjadi di wilayah Pangandaran dengan M 5,3 pukul 02.50 WIB. Pusat gempa berada pada 249 km barat daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dengan kedalaman 10 km. 

Berdasarkan pemodelannya, Muhari menyebutkan kedua gempa tersebut tidak memicu terjadinya tsunami. Kendati demikian, para warga diminta tetap waspada terhadap potensi gempa susulan. Hingga kini Pusdalops BNPB masih memantau dan melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulanhan Bencana Daerah (BPBD) setempat guna mendapatkan informasi terkini dilokasi kejadian. Lebih lanjut BNPB mengimbau, masyarakat untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya gempa. 

"Pengetahuan mengenai lokasi titik kumpul terdekat juga harus tersampaikan keseluruh lapisan masyarakat untuk meminimalisir ancaman bahaya gempa bumi," katanya.

(https://repjabar.republika.co.id/berita/r7hne1396/dua-gempa-terjadi-di-jabar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.