Wedang uwuh


Baturaja Radio.com - Di musim penghujan seperti saat ini, turun hujan tak mengenal waktu. Bahkan hujan deras akhir-akhir ini terus mengguyur seluruh wilayah Indonesia. Ya, suasana ini memang kerap membuat orang enggan untuk keluar dan lebih betah menghabiskan waktu di rumah. Sembari menikmati aroma hujan yang khas, biasanya kebanyakan orang menyajikan minuman teh atau kopi panas.
Ya, menyeruput minumantradisional ini mampu membuat suhu tubuh menjadi lebih hangat. Ini sangat bermanfaat karena bisa menghangatkan tubuh di cuaca dingin. Sebab tak jarang dingin dapat membuat badan menjadi drop, karena terserang pilek, flu, demam, dan lain sebaginya. Nah, kamu bisa nih menghindari serangan penyakit musim hujan ini dengan mengonsumsi minuman tradisional.
Minuman tradisional ini identik dengan berbagai macam bahan seperti rempah-rempah. Misalnya, jehe, kayumanis, serai, cengkih, kapulaga, dan banyak lainnya. Bahan-bahan tersebut dikenal memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Biasanya minuman hangat tadisional selain terdiri dari rempah juga terdapat toppingnya lho. Ada kacang, roti, kolang-kaling, hingga roti tawar.

Bahan:
- 1000 ml air
- 1 ruas jahe, geprek
- 2 batang serai, geprek
- 2 lembar daun jeruk
- 10 buah cengkih
- 5 buah kapulaga
- 5 cm kayu manis
- 1 genggam kayu secang
- Gula batu secukupnya

Cara membuat:
- Rebus air dalam panci, masukkan semua bahan kecuali gula batu.
- Masak hingga mendidih dan angkat.
- Masukkan gula batu ke dalam gelas, tuang wedang uwuh, aduk hingga gula batu larut.
- Wedang uwuh siap dinikmati.

https://www.briliofood.net/foodpedia/11-resep-minuman-hangat-tradisional-cocok-saat-musim-hujan


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.