Ruang Server Meledak, Kantor Disdukcapil Palembang Terbakar

Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) yang berada di Jalan Demang Lebar Daun, Kelurahan Lorok Pakjo, KEcamatan Ilir Barat I, Palembang, Sumatera Selatan terbakar, Rabu (17/11/2021). 


Baturajaradio.com --  Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palembang yang berada di Jalan Demang Lebar Daun, Kelurahan Lorok Pakjo, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, Sumatera Selatan terbakar, Rabu (17/11/2021). 

Tak ada korban jiwa dari kejadian tersebut. Hanya saja, ruang server yang berada di lantai dua hangus terbakar. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kota Palembang, Dewi Isnaini mengatakan, kejadian tersebut berlangsung sekitar pukul 15.30 WIB.

Saat itu, para pegawai semula sedang melaksanakan rapat di lantai tiga. Mendadak terdengar suara ledakan yang berasal dari ruang server. Para pegawai yang mendengar ledakan itu langsung segera mengevakuasi diri dan turun ke lantai satu.

“Kami sedang rapat internal saat itu, tiba-tiba saja dari bawah ada suara ledakan. Setelah dicek ternyata sudah ada asap yang sumbernya dari ruang server,” kata Dewi di lokasi kejadian. Menurut Dewi, ada dua unit komputer yang berada di dalam ruang server. 

Namun, ia belum bisa memastikan apa saja kerusakan yang diakibatkan dari kebakaran tersebut. “Kalau di lantai 2 ada beberapa berkas juga. Tapi belum bisa dipastikan lagi sejauh ini. Kendati demikian, dia memastikan tidak ada korban jiwa dari kejadian ini. 

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, karena setelah mendengar itu kita langsung bergegas keluar. Saya juga memastikan kalau di ruang server kondisi sebelumnya itu aman, enggak panas ataupun hal lain yang bisa memicu kebakaran," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana, Dicki L Tatung menambahkan, lantai dua pada kantor itu mengalami kerusakan parah. Mereka pun menurunkan sebanyak lima unit mobil pemadam untuk memadamkan api. 

“Kondisi sekarang sudah aman dan sedang dilakukan pendinginan,” ujarnya. 

Dicki menjelaskan, satu orang pemadam sempat mengalami luka saat proses pemadaman karena terkena uap panas yang berasal dari dalam ruangan. 

Personel itu pun kini telah dievakuasi untuk menjalani perawatan. “Kalau untuk personel tadi, itu dia terkena uap panas api tapi langsung kita amankan,” jelasnya. 







(https://regional.kompas.com/read/2021/11/17/194155178/ruang-server-meledak-kantor-disdukcapil-palembang-terbakar?page=2)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.