Manfaat Air Ketumbar dan Cara Membuatnya

 

Baturaja Radio.ComKetumbar mudah ditemukan di pasar, supermarket, dan e-commerce. Sebagai salah satu bahan bumbu, ketumbar adalah salah satu bahan yang paling umum digunakan dan memiliki banyak manfaat. Tak hanya memiliki aroma yang segar, ketumbar juga kaya akan antioksidan, yang dapat membantu seseorang dengan berbagai cara. Selain itu, ketumbar adalah salah satu produk organik banyak tersedia serta bebas dari pestisida dan bahan kimia berbahaya lainnya.

Ketumbar berasal dari tanaman Coriandrum sativum yang biasa digunakan dalam masakan. Ada banyak yang bisa dimanfaatkan dari ketumbar, dari daun, batang, bahkan bijinya. Semua bagian tanaman ketumbar dapat dimakan, tetapi daun segar dan biji kering adalah bagian yang paling sering digunakan dalam bumbu masakan. Ketumbar adalah sumber Vitamin A dan Vitamin C yang sangat baik. Setiap porsi daun ketumbar sarat dengan nutrisi seperti serat makanan, zat besi, mangan, kalsium, vitamin K, fosfor, dan sebagainya. Daun ketumbar sering digunakan utuh, sedangkan bijinya biasanya dikeringkan atau digiling.


Cara penggunaan ketumbar yang mungkin tidak diketahui banyak orang adalah merebus ketumbar. Adapun manfaat air ketumbar adalah sebagai berikut. 

1. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh Kaya akan antioksidan, air ketumbar dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena berfungsi untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas. Minum air ketumbar dapat membantu sistem kekebalan menjadi kuat sehingga tubuh lebih mudah melawan infeksi dan penyakit.

2. Membantu pencernaan dan penurunan berat badan Salah satu manfaat terbaik dari air ketumbar adalah manfaat untuk membantu pencernaan dan menurunkan berat badan. Air ketumbar untuk menangkal masalah pencernaan dan menjaga kesehatan usus Anda. Selain itu, manfaat air ketumbar paling baik diserap saat minum air ketumbar di pagi hari saat perut kosong. Hal tersebut dapat membantu proses metabolisme Anda sehingga mampu menurunkan berat badan. 
3. Membantu memperkuat kesehatan rambut Ketumbar dikenal kaya akan berbagai vitamin termasuk Vitamin C, K dan A. Masing-masing vitamin tersebut memiliki manfaat untuk pertumbuhan rambut, serta memberikan kekuatan pada helai rambut Anda sehingga tidak mudah patah.
 
4. Meredakan nyeri artritis Menurut Indian Journal of Medical Research, air ketumbar membantu mengurangi pembengkakan sendi dan telah membuktikan biji ketumbar mengandung senyawa seperti asam linoleat dan cineole yang dapat membantu mengobati nyeri radang sendi dan pembengkakan

5. Membantu menurunkan gula darah Gula darah tinggi merupakan faktor risiko diabetes tipe 2. Biji ketumbar, ekstrak, dan minyaknya dapat membantu menurunkan gula darah dengan sangat efektif. Studi dalam jurnal Food Chemistry menunjukkan bahwa biji ketumbar mengurangi gula darah dengan mempromosikan aktivitas enzim yang membantu menghilangkan gula dari darah.

6. Membantu mengatasi jerawat dan pigmentasi Manfaat lain yang populer dari air ketumbar adalah membantu mengatasi jerawat dan pigmentasi. Faktanya, ketumbar mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga ia memiliki sifat anti-jamur dan melawan bakteri yang dapat membantu meredakan jerawat.

7. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh Ketumbar dikenal sebagai diuretik yang membantu menghilangkan berbagai racun dari tubuh. Jadi, mengonsumsi air ketumbar terutama di pagi hari mampu mendetoksifikasi tubuh sebelum memulai aktivitas sehari-hari. 8. Mendetoksifikasi ginjal Jika Anda menderita masalah ginjal atau jika ginjal Anda lemah, minum air ketumbar setiap hari dapat menurunkan retensi air dalam tubuh dan memicu tubuh untuk membuang segala macam racun dan mikroba.

9. Menjaga kesehatan kelenjar tiroid Minum air ketumbar sangat baik untuk menjaga kelenjar tiroid juga dapat merangsang penurunan berat badan, sehingga mengobati hipotiroidisme. Salah satu gejala tiroid adalah kadar kolesterol tinggi, dengan minum air ketumbar, kadar kolesterol dapat diperbaiki. Air ketumbar aman untuk semua pasien tiroid, termasuk wanita hamil dan ibu menyusui. Cara membuat air ketumbar Untuk membuat air ketumbar, Anda hanya perlu merendam 1 sendok makan biji ketumbar dalam 1 gelas air minum, semalaman. Keesokan harinya, saring bijinya dan minum airnya. Anda dapat mengeringkan bijinya dan kemudian menggunakannya untuk memasak seperti biasa. Air ketumbar juga dapat diminum saat panas. Caranya, rebus 1 sendok makan biji ketumbar dalam air selama 5 menit. Rebus selama beberapa menit hingga air agak berkurang setengahnya. Sarong biji ketumbar dan minum saat masih hangat. Bolehkah minum air ketumbar setiap hari? Air ketumbar boleh diminum setiap hari, terutama pada pagi hari setelah bangun tidur saat perut masih kosong. Minum air ketumbar sekali sehari dapat membawa banyak manfaat seperti menurunkan bera

Perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak minum air ketumbar. Satu kali sehari sudah cukup untuk mendapatkan manfaat air ketumbar. Orang yang menderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter sebelum minum air ketumbar karena dapat menurunkan kadar gula darah dan menyebabkan hipoglikemia.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.