Lebih Utamakan Nyawa, Nelayan di Danau Ranau Pilih Tak Beraktivitas Ketimbang Nekat Lawan Ombak

 
Lebih Utamakan Nyawa, Nelayan di Danau Ranau Pilih Tak Beraktivitas Ketimbang Nekat Lawan Ombak


Baturajaradio.com --  Sudah sepekan terakhir, nelayan di Danau RanauKecamatan Banding Agung, Kabupaten OKU Selatan rata-rata memilih untuk tidak beraktivitas.  


Hal itu lantaran cuaca tak mendukung lantaran terdapat angin kencang yang sedang terjadi akhir-akhir ini.

Terpantau, di tepian Danau Ranau nampak puluhan perahu nelayan tradisional yang terparkir di tepian pesisir danau dikarenakan tingginya gelombang perairan danau.  

Joni, salah satu nelayan wilayah Danau Ranau, mengatakan jika buruknya cuca di wilayah itu telah berlangsung sepekan terakhir. 

Pemandangan ombak Danau Ranau yang tinggi membuat para nelayan tidak berani untuk menangkap ikan ke arah tengah danau karena dapat mengancam keselamatan para nelayan. 

“Sementara stop dulu. menunuggu hingga suasana angin ini berhenti. Karena sudah hampir seminggu ini, sering sekali tiba-tiba ada angin danau yang kencang.

Apalagi kalau malam hari,” tutur Joni.
Kondisi ini sangat dikeluhkan para nelayan yang menggantungkan hidup dengan mencari ikan di danau tersebut.

Kendati demikian, kata Joni, kerab  kali nelayan nekat memberanikan diri mencari ikan memanfaatkan cela angin sedang tidak terlalu kencang meski sangat membahayakan..

“Lihat situasi, kalau anginya tidak terlalu kecang masih kita paksaakan turun cari ikan. Tetapi kalau kondisinya sudah benar-benar tidak bersahabat, kita tidak sama sekali berlayar,” ungkapnya.

Senada dikatakan Saprul yang juga seorang nelayan mengatakan. cuaca yang tak bersahabat juga mempengaruhi hasil tangkapan ikan.

Menurutnya, tangkapan ikan sangat jauh menurun dibandingkan cuca dalam kondisi normal. Karena itu, mereka terpaksa mencari sumber pencaharian lain untuk kebutuhan hidup keluarga mereka.

“Banyak sih, bisa ke kebun. Ayau upahan angkut di pasar yang penting dapat penghasilan kalau tidak dapat ikan. Mudah-mudahan cuaca kedepan ini normal lagi,” harapnya. 







(https://palembang.tribunnews.com/2021/11/14/lebih-utamakan-nyawa-nelayan-di-danau-ranau-pilih-tak-beraktivitas-ketimbang-nekat-lawan-ombak)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.