Waspada, Ada 10 Titik Rawan Longsor di Batas Lahat - Bengkulu, Warga Diimbau Waspada

Waspada, Ada 10 Titik Rawan Longsor di Batas Lahat - Bengkulu, Warga Diimbau Waspadabaturajaradio.com - Balai Besar Jalan Nasional (BBPJN) Sumsel Pelaksana Jalan Nasional (PJN) II memetakan, ada sekitar sepuluh titik rawan longsor yang tersebar di sepanjang wilayah dari batas kota Lahat sampai batas Bengkulu

PPK 2.3 PJN II Sumsel, Iskandar menjelaskan pihaknya meminta kepada masyarakat harap waspada saat melintas di sejumlah daerah perbukitan di sepanjang wilayah Lahat - Bengkulu.

Meski telah dipetakan ada sepuluh wilayah yang rawan longsor, tidak menutup kemungkinan akan ada wilayah yang mendadak longsor pada saat cuaca ekstrim tiba. 

"Seperti di liku Endikat Pagaralam kemarin, itu sebenarnya tidak masuk dalam pemetaan kita. Tetapi tiba-tiba longsor karena cuaca buruk," katanya,  Selasa (21/9/2021).
Menurutnya, titik rawan longsor bersifat tentatif.

Maka tidak heran sering terjadi tiba-tiba ada daerah rawan longsor di wilayah tertentu saat musim hujan. 

"Untuk yang titik rawannya berat kami pasang rambu-rambu agar warga mengetahui. Kami minta warga selalu waspada terutama saat cuaca ekstrim," jelas Iskandar. 

Ia menambahkan, untuk bergerak cepat melakukan penanganan titik longsor di wilayah Lahat-Bengkulu PPK 2.3 menyiagakan tim reaksi cepat serta sejumlah alat berat seperti crane,  eskavator dan lain-lain di kabupaten Lahat. 

"Alat selalu kita stand by kan. Tim reaksi cepat juga akan langsung bergerak ketika mendapatkan informasi longsor," ungakpnya. 

Pada tahun ini, PPK 2.3 PJN II Sumsel sudah menangani sebanyak 13 titik rawan longsor di wilayah mereka. 

Adapun penanganan daerah rawan longsor itu meliputi penanganan ringan, sedang hingga berat. 



(https://palembang.tribunnews.com/2021/09/21/waspada-ada-10-titik-rawan-longsor-di-batas-lahat-bengkulu-warga-diimbau-waspada)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.