Stok Vaksin Covid-19 di Kabupaten Ogan Komering Ilir Hanya Tersisa Untuk Dosis Kedua

Stok Vaksin Covid-19 di Kabupaten Ogan Komering Ilir Hanya Tersisa Untuk Dosis Keduabaturajaradio.com - Pemerintah daerah Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan kehabisan stok vaksin Covid-19 untuk penyuntikan tahap pertama.

Sehingga pendistribusian vaksin untuk masyarakat ditunda sementara waktu hingga mendapat vaksin dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Kesehatan Ogan Komering Ilir, Iwan Setiawan melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) OKI, Mukti Uli Artha menyatakan, stok vaksin di daerahnya mulai menipis saat ini hanya tersisa dosis untuk suntikan kedua, sementara untuk vaksin covid-19 dosis pertama tidak tersedia lagi.

"Stok vaksin masih kosong untuk penyuntikan dosis pertama, tetapi kami punya stok 2.250 dosis untuk yang suntikan dosis kedua," jelasnya saat dikonfirmasi Tribunsumsel.com, Kamis (5/8/2021) sore.

Dikatakan kembali, dosis yang dipersiapkan untuk penyuntikan kedua masih dilakukan di fasilitas kesehatan puskesmas yang diberikan kepada masyarakat.

Uli menjelaskan, kekosongan vaksin tahap pertama itu terjadi di semua puskesmas dan rumah sakit. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti vaksin pertama maka harus menunggu tibanya dosis baru.

"Di puskesmas kami tahan dulu untuk dosis pertama, Sejauh ini kami menunggu informasi pengiriman dari Dinkes Provinsi Sumatera Selatan," terang dia.

Dilaporkan data terbaru Kabupaten OKI masuk zona merah penyebaran Covid-19 per tanggal 5 Agustus 2021. Terkonfirmasi positif sebanyak 567 orang, sembuh 216 orang, lalu yang meninggal ada 55 orang, kasus aktif 296 orang dan suspek 730 orang.

Dari total 18 kecamatan yang ada, hanya kecamatan Air Sugihan dan Cengal yang tidak terdapat kasus positif.

Dirinya terus mengimbau kepada masyarakat jangan panik dan tetap patuhi protokol kesehatan serta patuhi himbauan pemerintah. 

"Terpenting selalu taati 5 M. Yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi," tandasnya.




(https://sumsel.tribunnews.com/2021/08/05/stok-vaksin-covid-19-di-kabupaten-ogan-komering-ilir-hanya-tersisa-untuk-dosis-kedua)




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.