Musim Kemarau, PDAM Saka Selabung Siapkan Langkah Antisipasi Distribusi Air Bersih Ke Pelanggan

Musim Kemarau, PDAM Saka Selabung Siapkan Langkah Antisipasi Distribusi Air Bersih Ke Pelangganbaturajaradio.com - Berkurangnya debit air baku seiring dengan musim kemarau, membuat  PDAM Tirta Saka Selabung Kabupaten OKU Selatan menyiapkan langkah antisipasi dalam mendistribusikan air bersih ke pelanggan.

"Kita mulai siaga, k
arena dari informasi debit air diwilayah seperti Ranau, Sipatuhu, Simpang Sender sudah mulai turun semua," ungkap Direktur PDAM Saka Selabung Hendra Gunawan (30/7).

Sebab lanjut Hendra, mesin distribusi air PDAM Tirta Saka Selabung seyogyanya memiliki kapasitas distribusi air 20 liter/ detik jika air normal. 

Namun saat memasuki musim kemarau ditahun-tahun sebelumnya suplay air berkurang mencapai 50 persen berkisar 10 liter/ detik untuk 800 pelanggan di Bumi Serasan Seandanan, terlebih saat ini PDAM menggunakan sejumlah Pipa yang telah korosi rentan bocor.

"itu jika peralatan yang ada semua baru. sekarang  beda lagi, sebab kita masih  menggunakan aset lama ada pipa-pipa yang korosi, bocor, dan lainya membuat debit air distribusi berkurang,"terangnya.

Kendala tersebut menurutnya, membuat kebanyakan distribusi air yang sampai ke pelanggan setiap rumah terganggu dan tidak bisa hidup normal dalam 24 jam, terkecuali pelanggan yang memiliki pompa.

Untuk mengatasi, tersendatnya aliran air ke pelanggan saat musim kemarau nanti. Pihak PDAM Trita Saka Selabung, akan coba mengupayakan distribusi air dengan sistem pembagian air per zona. Dengan sistem terjadwal jam-jam tertentu.


(https://palembang.tribunnews.com/2021/08/02/musim-kemarau-pdam-saka-selabung-siapkan-langkah-antisipasi-distribusi-air-bersih-ke-pelanggan)




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.