Panduan Cara Merawat Rambut agar Sehat dan Berkilau


Rambut Sehat Itu yang Bagaimana? Simak Ciri-cirinya!

baturajaradio.com - Rambut sehat dan berkilau adalah impian bagi sebagian besar orang. Selain tampak indah, Anda juga terhindar dari berbagai penyakit kulit kepala, seperti ketombe. Itulah mengapa Anda perlu mengetahui bagaimana cara merawat rambut dengan benar.

Cara merawat rambut agar tetap sehat

Beberapa orang mungkin menyepelekan dalam menjaga kesehatan rambut karena terlihat tidak sepenting kesehatan tubuh. Padahal, tidak merawat rambut justru dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit kepala yang cukup mengganggu.

Berikut ini beberapa cara merawat rambut, mulai dari tips keramas, memilih sisir, hingga bagaimana merawat rambut di tengah cuaca panas.

1. Jadwalkan keramas sesuai jenis rambut

Sebagian orang mungkin merasa bahwa cara menjaga kesehatan rambut adalah sering keramas agar terlihat lebih bersih. Faktanya, frekuensi keramas, entah itu dua atau tiga kali dalam seminggu, sebaiknya dilakukan berdasarkan jenis rambut.

Sebagai contoh, pemilik rambut keriting atau kribo mungkin perlu memerhatikan perawatan rambut yang satu ini. Pasalnya, rambut yang memiliki pola ikal yang lebih padat ini memiliki tingkat kelembapan yang rendah, alias kering.

Kondisi ini terjadi karena minyak alami yang melapisi kulit kepala sulit melewati rambut, sehingga lebih terasa kering. Itu sebabnya, untuk mengurangi kekeringan pada rambut, hindari mencuci rambut dengan sampo terlalu sering.

Anda mungkin dapat mencuci rambut dua kali dalam seminggu dan sebaiknya pilih produk perawatan rambut yang diformulasikan khusus untuk rambut keriting.

Di lain sisi, bagi pemilik rambut berminyak disarankan untuk rutin mencuci rambut agar tidak tampak lepek dan tingkat kelembapannya terjaga dengan baik.

2. Gunakan sampo dan kondisioner

Keramas atau mencuci rambut tanpa sampo tentu tidak akan maksimal dalam merawat rambut, bukan? Memilih sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut ternyata cukup penting sebagai cara menjaga kesehatan rambut. Bagaimana bisa?

Sampo berfungsi untuk membersihkan kulit kepala dari kotoran, minyak, dan produk perawatan rambut yang diaplikasikan sebelumnya, seperti losion.

Meski begitu, Anda sebaiknya memilih sampo sesuai dengan jenis rambut. Pasalnya, ada beberapa jenis rambut yang justru tidak cocok dengan sampo tertentu dan membuatnya lebih kusut, kering, dan kotor.

Sebagai contoh, memilih sampo sebagai cara merawat rambut keriting akan berbeda dengan jenis rambut lainnya.

Pemilik rambut keriting perlu memastikan sampo dan produk perawatan rambut lainnya tidak mengandung alkohol atau sodium lauryl sulfate. Kedua kandungan tersebut dapat membuat rambut keriting lebih kering.

Sementara itu, penggunaan kondisioner juga tidak kalah penting untuk merawat rambut. Kondisioner mengandung bahan-bahan penting, seperti silikon, serta pelembap khusus yang disebut emolien.

Bahan-bahan tersebut berfungsi melapisi helai rambut dan mengisi bagian rambut yang rusak, sehingga rambut Anda pun senantiasa terlindungi.

3. Rutin potong ujung rambut

Tahukah Anda bahwa kebiasaan memotong rambut, terutama di bagian ujungnya, termasuk salah satu cara ampuh dalam menjaga kesehatan rambut?

Cara merawat rambut yang satu ini ternyata cukup penting, terutama ketika Anda memiliki rambut panjang. Begini, ujung rambut adalah bagian yang paling rentan menjadi bercabang dan mengalami kerusakan.

Jika Anda membiarkan ujung rambut yang rusak tetap tumbuh, kerusakan rambut pun tidak dapat dihindari. Anda juga disarankan untuk memotong ujung rambut setiap 10 – 12 minggu sekali.

Bila Anda termasuk orang yang sering menggunakan catokan, sebaiknya lakukan hal ini setiap 6 – 8 minggu sekali. Anda juga dapat merapikan rambut setiap tiga bulan sekali di salon bila tidak dapat memotong rambut sendiri.

4. Memilih sisir sesuai jenis rambut

Merawat rambut tidak hanya sebatas memilih sampo yang tepat. Para ahli juga menyebutkan bahwa menyisir juga menjadi bagian dari cara menjaga kesehatan rambut.

Hal ini dikarenakan penggunaan sisir yang salah dapat mengundang masalah pada kulit kepala. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih sisir yang tepat berdasarkan jenis rambut dengan mengenali apa saja varian sisi berdasarkan fungsinya.

5. Melindungi rambut dari sinar matahari

Sinar matahari tidak hanya berdampak buruk terhadap kulit, tetapi juga dapat merusak rambut. Setelah terkena sinar matahari, kelembapan rambut pun berkurang dan membuat rambut menjadi kering, kusam, dan kekurangan nutrisi.

Anda memang tidak dapat berbuat apa-apa terhadap perubahan cuaca atau tidak mungkin hanya berdiam diri di rumah. Maka dari itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut dengan melindunginya dari sinar matahari.

6. Pakai masker rambut

Salah satu cara menjaga kesehatan rambut yang juga banyak orang lakukan adalah menggunakan masker rambut. Perawatan rambut yang satu ini dinilai cukup efektif, terutama untuk rambut panjang.

Ada segudang manfaat masker rambut yang sayang dilewatkan, mulai dari rambut yang lebih lembut, hingga melembapkan kulit kepala. Selain itu, masker rambut juga dapat Anda peroleh di toko atau menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

Maka dari itu, penggunaan masker rambut, seperti masker pisang dan masker madu, cukup populer sebagai cara merawat rambut.

7. Penuhi asupan vitamin dan mineral

Terlepas dari produk perawatan rambut yang dipakai, makanan dan minuman yang dikonsumsi ternyata juga tidak kalah penting saat merawat rambut. Berikut ini daftar vitamin dan mineral dalam makanan yang berkhasiat bagi kesehatan rambut.

Sumber Artikel:: https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-rambut/cara-merawat-rambut/






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.