Tips agar Tidak Mudah Haus saat Puasa, Salah Satunya dengan Sunnah Nabi Ini

Air putih - kehausan (iStock)

baturajaradio.com - Memasuki bulan Ramadan, kaum muslimin memiliki satu ibadah wajib lainnya yaitu puasa. Ibadah ini termasuk dalam salah satu rukun Islam yang menjadi wajib dilaksanakan pada bulan Ramadan bagi orang yang mampu.

Puasa adalah ibadah yang memerintahkan umatnya untuk menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa, seperti memperturutkan syahwat, perut dan farji (kemaluan), sejak terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari dengan niat khusus.

Bagi sebagian orang, tentu ibadah ini menjadi tantangan tersendiri. Menahan rasa haus dan lapar selama kurang lebih 12 jam, apalagi jika Anda masih melakukan aktivitas seperti biasa. Rasa haus terkadang muncul di tengah hari, dan membuat tubuh terasa lemas. Oleh karena itu, banyak orang berbuka dengan berbagai minuman untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh.

Namun, ada beberapa tips agar tidak mudah haus saat puasa. Tips ini akan membantu menahan rasa haus dan juga mengurangi intensitasnya selama berpuasa di siang hari. Hal ini tentu akan sangat membantu agar tubuh tidak cepat lemas selama berpuasa.

berikut kami sampaikan tips agar tidak mudah haus saat puasa yang bisa membantu meringankan ibadah puasa.

Mengakhirkan Sahur

Tips agar tidak mudah haus saat puasa yang pertama adalah dengan mengakhirkan sahur. Hal ini sebenarnya sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW, di mana beliau melaksanakan sahur dekat dengan waktu subuh.

“Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Zaid bin Tsabit radhiyallahu ‘anhu pernah makan sahur. Ketika keduanya selesai dari makan sahur, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdiri untuk shalat, lalu beliau mengerjakan shalat. Kami bertanya pada Anas tentang berapa lama antara selesainya makan sahur mereka berdua dan waktu melaksanakan shalat Shubuh. Anas menjawab, ‘Yaitu sekitar seseorang membaca 50 ayat (Alquran).’ (HR. Bukhari dan Muslim).

Konsumsi Buah dan Sayur

Tips agar tidak mudah haus saat puasa yang kedua adalah dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayur memiliki banyak kandungan air dan serat, sehingga dapat bertahan lama di usus. Hal ini akan membantu mengurangi rasa lapar dan haus saat berpuasa.

Makanlah buah dan sayuran segar di malam hari dan saat makan sahur. Makanan bergizi ini juga akan membantu Anda meringankan gangguan neurologis, dan mengandung serat selulosa bergizi yang memfasilitasi proses pencernaan, mengeluarkan racun, dan membersihkan usus.

Minum Air Putih

Tips agar tidak mudah haus saat puasa yang ketiga adalah dengan minum air putih. Tentu saja, untuk mengatasi rasa haus, air putih merupakan senjata utama yang paling ampuh. Agar hidrasi tubuh tetap terjaga selama berpuasa, disarankan untuk mengonsumsi banyak air putih selama berbuka dan sahur. Para ahli merekomendasikan untuk meminum satu setengah liter air setiap hari.

Anda juga dapat menambahkan beberapa bahan-bahan sehat lainnya ke dalam air putih yang diminum, seperti irisan lemon, daun mint atau jahe parut. Konsumsi air putih akan mencegah tubuh mengalami dehidrasi saat berpuasa seharian.

Hindari Kopi dan Soda

Tips agar tidak mudah haus saat puasa yang keempat yaitu dengan menghindari kopi dan soda. Orang yang berpuasa dianjurkan untuk menghindari konsumsi kafein selama berpuasa. Ini karena kafein tersebut dapat meningkatkan aktivitas ginjal dan meningkatkan perannya dalam pengeluaran urin.

Selain itu, soda yang mengandung karbon dapat menyebabkan perut kembung dan perasaan kenyang sehingga mencegah tubuh menggunakan cairan. Oleh karena itu, ketika hendak mempersiapkan diri untuk berpuasa, ada baiknya untuk menghindari minuman soda.

Hindari Makanan Asin dan Pedas

Tips agar tidak mudah haus saat puasa yang kelima yaitu dengan menghindari makanan asin dan pedas. Ketika berpuasa, disarankan untuk tidak mengonsumsi banyak makanan asin, karena dapat meningkatkan kebutuhan air pada tubuh.

Selain itu, makanan yang mengandung banyak rempah-rempah dan bumbu pedas membutuhkan air dalam jumlah besar setelah dimakan. Ini disebabkan karena makanan pedas dan berempah akan menyerap air saat dimakan dari mulut dan perut. Proses ini akan membuat tubuh seseorang mengalami kekeringan dan menimbulkan rasa haus ketika berpuasa.

Hindari Berkeringat

Tips agar tidak mudah haus saat puasa yang terakhir yaitu dengan menghindari tubuh berkeringat. Olahraga keras, paparan panas, dan perubahan suhu yang drastis dapat menguapkan suhu dari dalam tubuh. Jadi, selain mengurangi aktivitas berat, Anda juga harus menghindari sinar matahari sebanyak yang Anda bisa. Jika memungkinkan, lakukan pekerjaan berat ketika selesai berbuka puasa.

Beberapa cara lain untuk menghindari tubuh banyak berkeringat antara lain adalah:

  • Sering mandi dengan air hangat untuk mendinginkan tubuh dan menggunakan sabun untuk menghilangkan minyak tubuh yang dapat menyumbat pori-pori.
  • Menghalangi sinar matahari agar tidak memasuki rumah pada sore hari sebanyak mungkin dengan menutup tirai atau gorden.
  • Mengenakan pakaian berwarna cerah dan longgar terbuat dari katun untuk menyerap keringat.
Sumber Artikel:: https://www.merdeka.com/jabar/6-tips-agar-tidak-mudah-haus-saat-puasa-salah-satunya-dengan-sunnah-nabi-kln.html?page=4

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.