6 Tips Agar Rice Cooker Anda Awet dan Tahan Lama

6 Tips Agar Rice Cooker Anda Awet dan Tahan Lama Baturaja Radio .com Rice cooker sudah jadi bagian penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Terdengar lebay, tapi hei, siapa juga yang masih punya waktu untuk menanak nasi di tengah kesibukan Anda saat ini? Oleh karena itu, lakukan perawatan yang benar terhadap rice cooker Anda di rumah dengan 6 tips berikut ini.

1. Jangan mencuci beras di dalam wadah rice cooker
Saya yakin, sebagian besar dari Anda pasti melakukan ini—karena saya juga. Meski sekarang rice cooker sudah semakin canggih, tapi Anda tidak disarankan untuk mencuci beras di dalam wadah ini karena dapat merusak lapisan pelindungnya. Butiran-butiran beras memang kecil, tapi jika dilakukan setiap hari, lapisannya bisa rusak perlahan-lahan. Jadi lebih baik cuci beras pada wadah lain, kalau sudah bersih, baru taruh dalam wadah rice cooker.  

2. Gunakan sendok nasi yang disediakan
Saat membeli rice cooker, biasanya sudah termasuk dengan sendok nasinya. Hindari mengambil nasi menggunakan sendok makan atau sendok besi—lagi-lagi agar tak menggores wadahnya. Jika rusak, beli sendok nasi khusus rice cooker baru yang terbuat dari plastik.

3. Lap bagian luar wadah hingga benar-benar kering
Kesalahan lain yang sering dilakukan saat hendak memasak adalah menempatkan wadah dalam keadaan basah di bagian luarnya. Padahal hal ini bisa merusak elemen pemanas rice cooker dan memengaruhi suhu memasak. Sebelum memasak, lap dulu bagian luarnya ini sampai kering baru taruh dalam rice cooker.

4. Masak dalam jumlah batas minimal
Kadang karena Anda hanya makan sendirian, maka jumlah beras yang dimasak pun sedikit. Sebaiknya, patuhi aturan memasak jumlah minimal rice cooker Anda agar kerja mesin maksimal. Biasanya jumlah minimal untuk rice cooker kecil adalah 1 cup beras dan 3 cup untuk rice cooker sedang.

5. Jangan menghangatkan nasi terlalu lama
Rice cooker memang bisa menghangatkan nasi dalam waktu lama, tapi sebaiknya jangan menyimpan nasi di dalamnya lebih dari 24 jam. Selain nasi menjadi keras, Anda juga perlu memberi rice cooker Anda kesempatan untuk ‘beristirahat’.

6. Bersihkan dengan cara yang benar
Jika masih ada sisa nasi yang menempel di bagian wadah, rendam dalam air kira-kira selama 15 menit, baru dicuci. Gunakan spons halus—bukan yang kasar ya—agar lapisannya tidak rusak. Selain itu, jangan lupa untuk rajin membersihkan bagian dalam rice cooker dari debu dan sisa-sisa nasi kering yang jatuh ke dalamnya.(womantalk.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.