8 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Buka Puasa

kurma Baturaja Radio.Com Makanan dan Minuman untuk Buka Puasa – Sangat penting untuk memerhatikan asupan nutrisi dari makanan dan minuman saat menjalani puasa Ramadan. Baik saat sahur maupun berbuka, kandungan gizi dari bahan yang disantap harus sangat diperhatikan.

Namun, banyak orang mengabaikan hal tersebut terlebih untuk makanan buka puasa. Menu makanan berbuka puasa cenderung berupa cemilan instan yang kurang baik bagi tubuh seperti gorengan, minuman sirup, jajanan kaki lima, dan sebagainya.

Jika kamu peduli terhadap kesehatan, bulan puasa merupakan momen tepat memulai kebiasaan pola makan sehat asal kamu mau memerhatikan nutrisi makanan dan minuman yang dikonsumsi saat buka puasa.

Makanan Buka Puasa yang Sehat

1. Kurma

Buah kurma berasal dari wilayah Mediterania. Tidak hanya di Timur Tengah, buah kurma juga sangat populer di Indonesia terutama saat bulan Ramadhan.

Kurma merupakan makanan buka puasa yang sehat karena mineral dan kalsium yang dikandung, serta rasa manis alaminya menjadi penawar asam lambung seusai berpuasa.

2. Madu

Selain kaya akan antioksidan guna mencegah penyakit kanker dan resiko terkena penyakit jantung, madu juga direkomendasikan sebagai makanan sehat untuk berbuka puasa.

Madu dapat memperlancar metabolisme tubuh setelah seharian berpuasa dan memperlancar sistem pencernaan. Meminum madu sebelum makan berat juga akan menyeimbangkan berat badan karena nafsu makan jadi lebih terkontrol.

3. Air Mineral

Saat puasa, tubuh mengalami dehidrasi dan kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan seseorang merasa lelah.

Guna memulihkan kembali energi dan kondisi tubuh yang prima, minumlah air putih sebagai minuman buka puasa yang sehat karena tubuh akan kembali terhidrasi setelah kehilangan banyak cairan.

4. Beras Merah

Setiap jenis beras mengandung karbohiderat, namun karbohiderat kompleks dikandung oleh beras merah, tidak pada beras putih biasa.

Beras merah merupakan sumber energi yang lebih stabil, serta kaya serat dan mineral sehingga sangat baik untuk kesehatan.

5. Pisang

Buah pisang bisa disebut sebagai sumber energi instan. Satu buah pisang mengandung kurang lebih 90 kalori, dengan serat kompleks yang membuat perut terasa kenyang lebih cepat dan tahan lama.

Pisang juga mengandung vitamin C yang memperkuat daya tahan tubuh setelah mengalami dehidrasi seharian.

6. Yogurt

Sirup dan kolang kaling memang menarik untuk berbuka puasa. Namun, para ahli gizi menyarankan tidak mengonsumsi makanan mengandung pemanis buatan untuk berbuka puasa.

Berbeda dengan yogurt, rasa asam dapat diimbangi dengan rasa manis topping buah-buahan. Yogurt juga melancarkan sistem pencernaan sehingga baik untuk berbuka puasa.

7. Air Kelapa Murni

Mengganti cairan yang terkuras habis akibat berpuasa dapat dilakukan dengan mengonsumsi air kelapa saat berbuka. Tidak disarankan mencampur air kelapa dengan Asam amino dan protein dari telur dapat memperbaiki sel otot yang rusak setelah seharian beraktivitas tanpa terhidrasi. Disarankan untuk tidak mengolah telur menjadi hidangan yang mengandung banyak garam atau pedas karena mengonsumsi garam saat berbuka puasa bisa menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak cairan. atau santan karena dapat merusak elektrolit yang dikandung.

8. Telur

Asam amino dan protein dari telur dapat memperbaiki sel otot yang rusak setelah seharian beraktivitas tanpa terhidrasi. Disarankan untuk tidak mengolah telur menjadi hidangan yang mengandung banyak garam atau pedas karena mengonsumsi garam saat berbuka puasa bisa menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak cairan.

Daftar makanan dan minuman buka puasa yang sehat di atas bisa kamu jadikan sebagai menu buka puasa di bulan Ramadan nanti. Selain itu, ada pula sederet produk sehat untuk membantu melancarkan ibadah puasa selama bulan suci ini.(tokopedia.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.