Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

10 Manfaat Konsumsi Labu Kuning untuk Kesehatan dan Kecantikan

Baturaja Radio.Com -  Jenis buah satu ini memang belum banyak dijadikan olahan makanan di Indonesia, padahal manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan ada segudang.

Ingat labu kuning jadi ingat apa hayo?

Waktu bulan Ramadhan, jadi ingat kolak.
Kalau suka cerita-cerita fairytale, jadi ingat Cinderella.
Pas memasuki bulan Oktober seperti sekarang, ya jadi ingat Halloween!

Wah, figur labu kuning ternyata sudah banyak muncul di sekitar kita. Tapi dari tiga contoh hal-hal yang identik dengan labu kuning di atas, cuma satu yang berupa makanan. Kenapa ya? Mungkin karena masyarakat kita belum terlalu mengenal labu kuning dan semua manfaat baiknya. Makanya, yuk kenalan dulu sama si labu kuning 😃

Labu kuning kaya akan nutrisi seperti kalium, antioksidan, dan vitamin. Nutrisi dalam satu cangkir labu kuning rebus tanpa garam antara lain 49 kalori, 1,76 gram protein, 0,17 gram lemak, 12 gram karbohidrat, 2,7 gram serat dan 5,1 gram gula. Mengonsumsi satu cangkir labu kuning dapat mememuhi kebutuhan vitamin A lebih dari 100 persen, vitamin C 20 persen, vitamin E, riboflavin, kalium, tembaga dan mangan hingga 10 persen, dan lima persen untuk thamin, B6, folat, asam pantotenat, niasin, besi, magnesium dan fosfor.

Lantas apa saja manfaat nutrisi-nutrisi di atas untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kita

1. Rendah Kalori dan Tinggi Serat


Kalau kamu lagi coba menurunkan berat badan, labu kuning ini bisa kamu jadikan pilihan yang tepat untuk makanan diet. Selain rasanya yang enak — mirip ubi jalar, labu kuning juga bisa membantumu menurunkan berat badan karena rendah kalori dan karbohidrat.

Tidak hanya itu, mengonsumsi labu kuning akan membuatmu merasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan labu memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang berfungsi untuk memperlambat proses pencernaan. Dengan merasa kenyang lebih lama, kamu dapat terhindar dari berbagai camilan yang akan membuatmu semakin gemuk.


Manfaat labu kuning lainnya adalah merawat kecantikan kulit. Labu kuning kaya akan berbagai vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang diperlukan tubuh agar tetap sehat dan muda. Lebih dari itu, buah yang satu ini juga mampu menjadikan kulit selalu kenyal dan lembut.

Kandungan beta-karoten dalam labu menghasilkan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan mencegah radiasi dari sinar UV. Itu sebabnya, mengonsumsi makanan yang kaya akan beta-karoten bisa membuatmu lebih awet muda.

Mengonsumsi labu kuning bisa jadi salah satu cara memperbaiki sistem kekebalan tubuhmu untuk menangkal berbagai macam penyakit. Kandungan vitamin A yang berlimpah bisa membantu tubuh melawan infeksi, virus, dan penyakit menular.

Minyak labu bahkan membantu melawan berbagai infeksi bakteri dan jamur. Tidak hanya itu, labu kuning mengandung hampir 20 persen dari jumlah vitamin C harian yang disarankan. Hal ini bisa membantumu pulih dari pilek lebih cepat. Itu sebabnya, sangat pas menyantap sup labu kuning di musim hujan yang dingin untuk mencegah terserang penyakit, seperti flu, pilek, dan batuk-batuk.

Kandungan beta-karoten yang terdapat di dalam labu, menjadikan buah ini kaya akan vitamin A. Beta-karoten, yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, berfungsi untuk membantu retina menyerap dan memproses cahaya. Pasalnya penurunan fungsi retina bisa menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani dengan baik.

Selain itu, labu kuning juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang bisa membantu mencegah katarak dan bahkan memperlambat perkembangan degenerasi makula.

Labu kuning sangat kaya akan kalium. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, sama pentingnya dengan mengurangi asupan natrium untuk menurunkan tekanan darah. Asupan kalium ke dalam tubuh juga mengurangi kemungkinan untuk terserang stroke, pembentukan batu ginjal, dan mempertahankan kepadatan tulang. Selain labu, makanan lain yang mengandung kalium yang tinggi adalah nanas, tomat, jeruk, bayam, dan pisang.


Labu kuning juga merupakan buah yang dibutuhkan oleh tulang. Hal ini karena kandungan kalsium di dalamnya dapat membuat tulangmu lebih sehat dan tumbuh dengan baik. Itulah kenapa buah ini bisa menjadi sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang pada anak.


Selain tulang, buah labu kuning juga bisa menyehatkan gigi. Menyikat gigi saja tidak cukup, kalau kamu masih mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Konsumsi buah labu kuning dapat menutrisi gigimu agar lebih kuat dan sehat.

Kandungan folat, karotenoid, dan magnesium di dalam labu kuning sangat baik bagi kesehatan jantung. Magnesium akan bekerja sebagai relaksan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya penyakit stroke dan serangan jantung. Selain itu, labu kuning juga dapat mencegah terjadinya aterosklerosis yaitu suatu keadaan di mana dinding pembuluh darah arteri mengeras akibat penumpukkan lemak pada dinding dalamnya.

Labu kuning juga berfungsi sebagai makanan anti inflamasi. Buah ini dapat meredakan nyeri yang Anda rasakan di beberapa bagian tubuh.

Kandungan beta-karoten yang tinggi pada labu selain untuk mata dan kulit, juga ternyata membantu melawan kanker. Penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi makanan yang kaya beta-karoten memiliki risiko lebih rendah terhadap beberapa jenis kanker, terutama kanker prostat dan kanker paru-paru.

Selain itu kandungan antioksidan dari vitamin A dan C dalam labu kuning bertindak sebagai pelindung sel dalam tubuh untuk melawan radikal bebas penyebab kanker.

Nah, kaget gak kalian lihat segudang manfaat kesehatan dan kecatikan si labu kuning? Jadi penasaran kan untuk mulai coba masukin buah labu kuning ke daftar menu makanan sehari-hari…(medium.com)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.