Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Akan Selidiki Asal Virus Corona, 10 Ilmuwan Tim WHO Datang ke Wuhan

Akan Selidiki Asal Virus Corona, 10 Ilmuwan Tim WHO Datang ke Wuhan

baturajaradio.com - Sebanyak 10 ilmuwan yang merupakan tim Organisasi Keshatan Dunia (WHO) tiba di Wuhan, Kamis (14/1/2021).

Hal ini dilakukan untuk menyelidiki asal Virus Corona (Covid-19)

Penyelidikan oleh tim yang terdiri dari 10 ilmuwan adalah langkah penting dalam memahami bagaimana virus melompat ke manusia dari hewan sehingga pandemi lain dapat dihindari.


Mendapatkan jawaban kemungkinan besar akan sulit.

Pemerintah China, yang terkenal waspada terhadap pengawasan dari luar, telah berulang kali menghambat kedatangan tim - dan penyelidikan.


Bahkan dalam keadaan terbaik, penyelidikan bisa memakan waktu berbulan-bulan, jika tidak lebih lama. Tim juga harus menavigasi upaya oleh China untuk mempolitisasi penyelidikan.

China mengatur rintangan dan mendorong pengawasan ketat.

Penundaan visa. Aturan karantina dan lainnya.


Tampaknya khawatir tentang menarik perhatian baru pada kesalahan awal negara itu dalam menangani pandemi, para pejabat China telah menggunakan berbagai taktik selama setahun terakhir untuk menghambat penyelidikan WHO.


Setelah menolak tuntutan dari negara-negara lain untuk memungkinkan penyelidik independen ke wilayahnya untuk mempelajari asal patogen, China akhirnya membiarkan dua ahli WHO mengunjungi pada bulan Juli lalu untuk meletakkan dasar. Kemudian segera menempatkan tim ke karantina selama 14 hari, memaksa anggotanya untuk melakukan beberapa pekerjaan detektif mereka dari kejauhan.


Mereka tidak diizinkan mengunjungi Wuhan, tempat virus pertama kali muncul.


Selama berbulan-bulan, China menunda menyetujui kunjungan oleh tim ahli penuh, membuat frustrasi para pemimpin badan kesehatan. Ketika kunjungan tampaknya diselesaikan awal bulan ini, itu berantakan pada menit terakhir ketika Beijing gagal memberikan visa bagi para peniliti, menurut Direktur Jenderal badan kesehatan PBB Tedros Adhanom Ghebreyesus.


WHO mengeluarkan teguran keras terhadap Beijing pada konferensi pers, dengan mengatakan Tedros "sangat kecewa" dengan penundaan tersebut.


Pemerintah Cina telah menuntut agar para ilmuwan China mengawasi bagian-bagian penting dari penyelidikan. Ini telah membatasi akses badan kesehatan global ke penelitian dan data penting. Tim WHO akan diminta untuk menjalani dua minggu karantina di Wuhan sebelum dapat mulai penelitiannya.


Para kritikus mengatakan keinginan Beijing untuk mengendalikan penyelidikan kemungkinan besar akan lebih politis daripada ilmiah.


"Anda ingin penyelidikan ini menyeluruh, tidak tunduk pada politisasi, independen dan transparan," kata Yanzhong Huang, sesama senior untuk kesehatan global di Dewan Hubungan Luar Negeri.

"Tapi kita harus realistis."


Meskipun ada masalah, WHO mengatakan berniat untuk melakukan studi yang ketat dan transparan.

"WHO telah berkomitmen untuk menyelidiki asal-usul virus sejak awal," ujar Tarik Jašarević, juru bicara tim ahli WHO.


"Kami meminta semua negara untuk mendukung upaya ini dengan menunjukkan keterbukaan dan transparansi."


Menelusuri virus akan menjadi tugas yang melelahkan.


Tim yang tiba di Wuhan, menurut penyiar resmi CGTN, akan menghadapi kota yang berubah secara radikal dari ketika virus pertama kali muncul, pada akhir 2019. Kota yang masuk ke lockdown pada 23 Januari tahun lalu dan menjadi simbol kehancuran virus telah berubah setahun kemudian ketika sukses dalam menaklukkan virus.


Pada hari yang sama, Global Times, tabloid yang dikelola negara, menulis bahwa kunjungan yang tertunda itu menunjukkan bahwa China "selalu berdedikasi untuk memberikan kontribusinya pada perang global melawan pandemi dengan sikap transparan, bertanggung jawab, dan semangat penghormatan terhadap sains."


Sebelumnya Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkakan diriya "sangat kecewa" terhadap China yang masih belum mengizinkan masuknya tim ahli internasional untuk menyelidiki asal-usul virus corona (Covid-19).


Tim yang beranggotakan 10 orang itu telah berangkat pada awal Januari lalu, sebagai bagian dari misi yang telah lama ditunggu-tunggu untuk menyelidiki kasus-kasus awal virus corona— pertama kali dilaporkan lebih dari setahun yang lalu di Wuhan China.


"Hari ini kami mengetahui para pejabat China belum menyelesaikan izin yang diperlukan untuk kedatangan tim di China," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers virtual, di Jenewa, seperti dilansir Reuters, Rabu (6/1/2021).


"Saya telah menghubungi pejabat senior China dan sekali lagi, saya telah menjelaskan misi ini adalah prioritas bagi WHO," jelasnya.


Misi ini akan dipimpin oleh Peter Ben Embarek, pakar utama WHO tentang penyakit lintas spesies (hewan), yang pernah berangkat ke China dalam misi awal Juli lalu.


“Dua anggota tim internasional sudah berangkat dalam perjalanan mereka ke China. Satu sekarang telah balik dan yang lain sedang transit di negara ketiga,” kata kepala darurat WHO Mike Ryan.


Namun, ia menambahkan, "Kami percaya dan berharap itu hanya masalah logistik dan birokrasi yang dapat diselesaikan dengan sangat cepat."



Menjelang misi ini berangkat, Beijing telah berusaha untuk membentuk narasi tentang kapan dan di mana pandemi dimulai, dengan diplomat senior Wang Yi mengatakan "semakin banyak studi" menunjukkan bahwa itu muncul di beberapa wilayah.


 Ryan sebelumnya menyebut ini "sangat spekulatif".


China telah menepis kritik atas penanganannya terhadap kasus-kasus awal yang muncul pada akhir 2019.  Presiden AS Donald Trump telah mempertanyakan tindakan Beijing selama awal wabah terjadi.


https://palembang.tribunnews.com/2021/01/14/akan-selidiki-asal-virus-corona-10-ilmuwan-tim-who-datang-ke-wuhan?page=4



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.