13 Tahun Dibangun, Akhirnya Jembatan di Kecamatan Lubukbatang Kabupaten OKU, Diresmikan Herman Deru

13 Tahun Dibangun, Akhirnya Jembatan di Kecamatan Lubukbatang Kabupaten OKU, Diresmikan Herman Derubaturajaradio.com - Gubernur Sumsel H Herman Deru meresmikan pemakaian jembatan senilai Rp 54,8 M di Lubukbatang, Kecamatan Lubukbatang Kabupaten OKU, Selasa (19/1/2021).

Peresmian jembatan ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Gubernur Sumsel didampingi unsur forkominda OKU, anggota DPRD Sumsel dapil OKU,  Kepala Dinas PU Bina  Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Selatan H Darma Budhi ST SH MT.
Gubernur Sumsel H Herman Deru meresmikan pemakaian jembatan senilai Rp 54,8 M di Lubukbatang, Kecamatan Lubukbatang Kabupaten OKU  Selasa (19/1/2021).
Gubernur Sumsel H Herman Deru meresmikan pemakaian jembatan senilai Rp 54,8 M di Lubukbatang, Kecamatan Lubukbatang Kabupaten OKU Selasa (19/1/2021). (SRIPOKU.COM/LENI JUWITA)

Peresmian jembatan ini memiliki sejarah panjang yang membutuhkan waktu 13 tahun untuk merampungkan pembangunan jembatan fenomenal ini.
Kepala Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang  Provinsi Sumsel dalam laporannya menyampaikan, jembatan ini dibangun dari tahun 2007 hingga tahun 2020 yang dibiayai oleh APBD Provinsi Sumatera Selatan menghabiskan dana Rp 54,8 Miliar.

Jembatan menghubungkan Kecamatan Lubuk Batang - Kecamatan Lubukraja.
Jembatan dengan bentang 137,6 meter dan lebar 9 meter ini akan memperpendek rentang jarak tempuh sejauh 30 km atau sekitar 30 menit.

Sementara itu sejarah panjang pembangunan jembatan Ogan IV  ini sempat terkendala masalah ganti rugi rumah warga yang terkena proyek pembangunan jembatan.
Dari tahun 2007 masalah ganti rugi 21 unit rumah warga yang  belun ada titik temu.
Namun berkat kekompakan dan dukungan masyarakat akhirnya perbedaan persepsi itu menemukan solusi.
Untuk pembebasan bangunan dan lahan yang menjadi tanggung jawab Kabupaten OKU.


Menurut Kepala Dinas PU  PR Kabupaten OKU Chandra Dewana ST MM ganti rugi dilakukan secara bertahap mulai dari tahun 2017-2018, ganti rugi untuk 21 unit rumah menghabiskan dana Rp 6 miliar. 
Sedangkan Bupati OKU Drs H Kuryana Azis dalam sambutan mengatakan perjalanan panjang tahapan pembangunan Jembatan Ogan IV ini  sangat menyita perhatian dan pikiran.

"Ini jembatan ke-4 yang dibangun tahun 2007' , adeknyo sudah ado 7 yang sudah diresmikan lebih dahulu," kata bupati.
Menurut Kuryana saat ini sudah 12  jembatan yang sudah lebih dahulu beroperasi.
Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam sambutannya mengatakan modal besar pembangunan adalah kekompakan.


Kompak dari masyarakat hingga ke pejabatnya.
Komuikasi merupakan kunci sukses membangun.
Tidak ada ego sektoral.  Semua harus  menyamakan persepsi.
Jembatan yang sudah dibangun sejak 13 tahun lalu  akhirnya kini bisa diresmikan pemakaiannya.
Herman Deru juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat.



(https://palembang.tribunnews.com/2021/01/19/13-tahun-dibangun-akhirnya-jembatan-di-kecamatan-lubukbatang-kabupaten-oku-diresmikan-herman-deru)




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.