Tips Terhindar Virus Corona (2019-nCoV) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes)


Tips Terhindar Virus Corona (2019-nCoV) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes)Baturajaradio.com -Beberapa waktu yang lalau Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan darurat kesehatan global terkait merebaknya penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh penyebaran virus corona alias coronavirus (2019-nCoV).

Novel coronavirus (2019-nCoV) termasuk virus jenis baru sehingga menyebabkan darurat kesehatan global karena pengobatannya masih belum familiar.

Atas kejadian ini, melansir dari nasional.kontan.co.id Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mengeluarkan imbauan penting yang dirilis 8 Januari 2020 sebagai berikut:

1. Semua maskapai yang melayani penerbangan langsung maupun transit dari Tiongkok dan Hong Kong untuk segera menyampaikan dokumen kesehatan berupa gendec dan manifest penumpang sesaat setelah mendarat kepada petugas kesehatan di Pos Kesehatan terminal penerbangan internasional. 

2. Meningkatkan pengawasan kedatangan internasional, terutama penumpang yang datang dari negara terjangkit dengan skrining menggunakan kamera pemindai suhu tubuh dan surveilans syndrome. 

3. Melakukan identifikasi penerbangan langsung dari Tiongkok dan Hong Kong ke Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma, baik penerbangan komersil maupun charter. 

4. Melakukan sosialisasi kepada lintas sektor terkait seperti maskapai, ground handling, imigrasi, dan sektor lain untuk dapat mengenali secara dini gejala penyakit dan melaporkan kepada petugas.

Kementerian kesehatan juga memberikan tips agar bisa terhindar dari penyakit mematikan ini:
Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat seperti menutup hidung dan mulut saat batuk dan bersin, mencuci tangan dengan sabun, tidak bertukar botol minuman, dan menjaga daya tahan tubuh
Pelaku perjalanan menuju Tiongkok dan Hong Kong diimbau untuk memperhatikan penyebaran penyakit ini, menghindari tempat-tempat berjangkitnya penyakit, serta menghindari kontak langsung dengan penderita yang mengalami demam, batuk, dan sesak napas.

Itulah Tips Terhindar Virus Corona (2019-nCoV). dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes)


(https://sumsel.tribunnews.com/2020/03/02/tips-terhindar-virus-corona-2019-ncov-dari-kementerian-kesehatan-republik-indonesia-kemenkes)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.