Alasan di Balik Pentingnya Merawat Bibir Agar Lebih Sehat dan Memesona

Alasan di Balik Pentingnya Merawat Bibir Agar Lebih Sehat dan Memesonabaturajaradio.com - Sebagai bagian dari wajah, merawat bibir adalah penting agar tidak merusak penampilan dan mengganggu kesehatan Anda. Mengapa demikian?
Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui mengapa penting merawat bibir. 

Apa yang penting dari merawat bibir?

Bibir merupakan bagian tubuh manusia yang cukup unik karena tidak seperti bagian tubuh lainnya. Walaupun kulit bibir terlihat berbeda dari jenis kulit lainnya, faktanya tidak demikian. 
Lapisan terluar kulit (epidermis) memiliki lapisan pelindung yang disebut sebagai stratum corneum. Lalu, di bawah lapisan kulit terluar tersebut terdapat lapisan kulit lainnya, yaitu dermis.
Bibir pun memiliki lapisan kulit yang sama dengan kulit lainnya. Namun, perbedaan tersebut terletak pada stratum corneum yang lebih tipis dibandingkan kulit lainnya. 
Selain itu, bibir juga tidak mengandung kelenjar yang menjaga kulit tetap lembap, yaitu sebum. Oleh karena itu, bibir menggunakan air liur sebagai sumber kelembapan dan membuatnya lebih cepat kering dan pecah-pecah. 
Inilah alasan mengapa merawat bibir penting dilakukan. Bahkan, kulit bibir juga tidak mempunyai folikel rambut dan melanin. 
Akibatnya, bibir lebih rentan terkena paparan sinar matahari karena melanin merupakan pigmen yang melindungi kulit Anda dari bahaya sinar UV.
Jika Anda penasaran bagaimana bibir berwarna merah muda, warna tersebut berasal dari pembuluh darah yang dekat dengan kulit tipis di bibir. Garis-garis kemerahan yang Anda lihat di antara bibir dan seluruh kulit tersebut disebut sebagai vermillon dan hanya dimiliki oleh manusia. 
Jenis kulit yang berbeda dari kulit lainnya membuat Anda perlu merawat bibir karena penting dan lebih berisiko untuk terkena gangguan.

Masalah kesehatan yang berkaitan dengan bibir

Setelah mengetahui mengapa merawat bibir penting dilakukan, sudah saatnya untuk mengetahui masalah apa yang akan timbul jika Anda mengabaikan kesehatan kulit tipis ini. 

1. Kering dan pecah-pecah

Salah satu masalah kesehatan yang muncul akibat Anda tidak memperhatikan kesehatan bibir adalah bibir mudah kering dan pecah-pecah. 
Sebenarnya, kondisi ini cukup umum dan hampir setiap orang mengalaminya, terutama jika Anda memiliki jenis kulit yang kering. Ada beberapa kebiasaan yang membuat bibir Anda lebih mudah kering, seperti:
  • Dehidrasi atau kurang minum
  • Terbiasa menjilat bibir yang membuat air liur mengelupasi lapisan kulit
  • Sering menggigit bibir
  • Terlalu berlebihan terpapar sinar matahari
Oleh karena itu, merawat bibir terbilang cukup penting untuk mencegah masalah kering dan pecah-pecah. Selain menghindari penyebabnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bibir tetap lembap dan memesona, menurut American Academy of Dermatology
  • Menggunakan lip balm yang tidak membuat bibir iritiasi
  • Memilih lip balm yang mengandung SPF lebih dari 30
  • Minum air putih sesuai kebutuhan harian
  • Menghentikan kebiasaan menggigit, mencabuti kulit, dan menjilati bibir
  • Menghindari menggunakan bibir untuk menggigit benda berbahan logam

2. Mudah terkelupas

Selain bibir kering dan pecah-pecah, mudah terkelupas adalah masalah lainnya yang dapat Anda alami ketika tidak merawat bibir. 
Bibir yang mudah terkelupas biasanya terjadi karena Anda menggunakan produk perawatan yang memicu alergi. Selain itu, masalah ini juga bisa muncul karena cuaca yang dingin membuat kulit menjadi lebih cepat kering atau mengalami cedera, seperti terbentur sesuatu di dekat mulut. 
Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa merawat bibir penting. Supaya hal ini tidak terjadi pada Anda, cobalah untuk menggunakan lip balm sebelum tidur agar terbangun dalam keadaan bibir lembap. 

3. Bibir menghitam

Pernahkah Anda mendapati bibir berubah warna menjadi kehitaman jika sebelumnya berwarna merah muda?
Jika iya, artinya warna bibir Anda menghitam karena kondisi tertentu, seperti:
  • Terpapar sinar matahari
  • Merokok
  • Kehamilan
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Penyakit Addison
Kondisi ini bisa terjadi karena kulit bibir memproduksi melanin lebih banyak daripada biasanya yang berujung pada hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi dapat membuat bercak kulit lebih gelap ketimbang kulit lainnya. 
Misalnya, hiperpigmentasi dapat memunculkan bintik-bintik kehitaman akibat terpapar sinar matahari. Beberapa orang mungkin tidak percaya bahwa kondisi ini tidak berbahaya. 
Faktanya, hiperpigmentasi juga memengaruhi hampir semua area tubuh, sehingga merawat bibir pun termasuk rutinitas yang cukup penting. 
Anda mungkin dapat memakai lip liner berbahan lilin agar bibir terurai dan mengurangi kebiasaan merokok untuk mengembalikan warna bibir.
Merawat bibir adalah bagian dari rutinitas perawatan kulit yang penting karena dapat menimbulkan masalah yang bisa cukup mengganggu. Maka itu, setelah mengetahuinya mungkin Anda bisa mempertimbangkan produk apa yang tepat untuk melindungi kulit bibir dari gangguan tersebut. 
Sumber>>https://hellosehat.com/hidup-sehat/merawat-bibir-penting/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.