Gubernur Herman Deru Ungkap Penambang Liar yang Sebabkan Jembatan Mulak Ulu Putus

Gubernur Herman Deru Ungkap Penambang Liar yang Sebabkan Jembatan Mulak Ulu Putusbaturajaradio.com -Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan, penyebab putusnya Jembatan Mulak Ulu, penghubung antara Kabupaten Muara Enim dan Lahat dikarenakan adanya penambang liar.

Sehingga, air yang berada di bawah jembatan menjadi tersendat hingga membuat pondasi jembatan roboh.

"Jadi ada penambang liar di Mulak Ulu, Kabupaten Lahat. Mereka melakukan penumpukan batu, jadi tidak semata-mata kualitas jembatan.

Batu yang ditambang oleh penambang liar itu membuat air di sekitarnya lari sehingga menghantam jembatan," kata Herman Deru, Kamis (2/1/2020).

Deru telah menginstruksikan bupati dan camat di lokasi sekitar untuk mengawasi banyaknya penambang liar tersebut

Jika penambangan batu secara ilegal terus terjadi, kondisi debit air yang ada di sungai akan dapat merusak jembatan di sana.

"Kemarin dekat sekali, lokasi tambangnya hanya 100 meter dari jembatan, kok didiamkan saja oleh aparat di sana.

Jika mengandalkan pemerintah provinsi (Pemprov) saja untuk melakukan pengawasan itu sulit sehingga saya sudah intruksikan kepada Pemda setempat baik itu camat dan kades untuk melakukan pengawasan ketat nantinya,"ujarnya.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan pun saat ini telah melakukan koordinasi kepada 17 Kabupaten/kota untuk mengantisipasi bencana selama masih hujan berlangsung.

Herman pun meminta kepada seluruh warga untuk tetap waspada dan memedulikan keselamatan.

"Satgas sudah dibentuk untuk menghadapi bencana. Masyarakat diharapkan memperhatikan keselamatan dulu, baru setelah itu harta benda,"ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, hujan deras yang terjadi pada Senin (30/12/2019) dini hari membuat Jembatan Mulak Ulu yang menghubungkan Kabupaten Lahat dengan Muara Enim di Sumatera Selatan ambruk akibat diterjang banjir.

Akibatnya, warga yang di dua kecamatan, yakni Kecamatan Mulak Ulu dan Mulak Sebingkai, menjadi terisolasi karena tak memiliki akses jalan..

(https://sumsel.tribunnews.com/2020/01/02/gubernur-herman-deru-ungkap-penambang-liar-yang-sebabkan-jembatan-mulak-ulu-putus)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.